CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Chess Titan, Software Catur Bawaan Windows Vista Premium/Ultimate Edition

Dahulu sekali ketika Windows masih versi 95/98, ada program catur for Windows dengan title 'Chess for Windows' paketan dari Microsoft Entertainment Pack, yang berisi game-game untuk program windows kala itu. Dengan petak warna hijau dan kuning, dan buah catur yang sangat sederhana, saya sering menang saat itu. Saat ini dimana kita berada dalam eranya Windows Vista, Microsoft membuat/menyertakan game catur buatannya yang bernama "Chess Titans". Ternyata software catur ini kuat juga ya. Saya jarang menang lawan Chess Titans. Tampilannya juga ciamik (meskipun masih kalah sama Chessmaster atau Fritz), tapi nggak apalah, bisa dijadikan alternatif software catur selain Chessmaster, Fritz, dll. Chess Titans ini hanya ada pada Windows Vista versi Premium dan Ultimate.


Memang Chess Titans kalo dibandingkan dengan software catur terkenal macam Fritz, Chessmaster, tentu Chess Titans masih kalah jauh. Enginenya juga masih kalah jauh. Tapi kalo lawan kita, kayaknya kita masih susah mau menang. Apalagi kalo prosesornya super cepat dan memori komputernya besar.



Tampilan 3Dnya lumayan ciamik karena menggunakan fitur "windows aeronya" Vista yang design grafisnya sangat menawan dan 'glass style' (menggunakan teknologi Directx 11 dari Microsoft). Sebenarnya Microsoft kerja sama dengan software house 'Oberon Games' untuk membuat Chess Titans. Pertama kali dirilis tanggal 8 Nopember 2008.

Pilihan buah catur ada 3 macam : Porcelain, Frosted Glass, Wood. Sedang pilihan papan catur juga ada 3 jenis : Porcelain, Marble, Wood.

Pilihan levelnya mulai dari 1 sampai dengan 10. Semakin tinggi levelnya, proses berpikirnya Chess Titans semakin lama, namun tentu semakin kuat mainnya.

Sayangnya Chess Titans ini tidak bisa saya mainkan pada Windows XP. Atau mungkin saya yang tidak tahu. Juga ternyata Chess Titans ini ada 'bug' (kesalahan program) yaitu 'masih bisa rokade, padahal petak-petak menuju rokade terancam buah lawan'. Coba lihat videonya di youttube berikut : http://www.youtube.com/watch?v=eOqaQlIZcGU

Informasi lain tentang Chess Titans bisa diakses di :
http://www.microsoft.com/windows/products/windowsvista/features/details/gamesexplorer.mspx
http://en.wikipedia.org/wiki/Chess_Titans

Teman-teman, ayo siapa yang pernah menang lawan Chess Titans For Windows Vista Premium?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.