CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Fruit, Engine Catur Tangguh Yang Dahulunya Komersial Dan Sekarang Menjadi Gratis

Di jajaran top engine catur dunia, terdapat nama 'FRUIT'. Tidak tahu apa hubungan engine ini dengan buah (arti dari kata fruit). Dan kalo didengar sepintas lalu mirip dengan Fritz, engine catur terkenal produk Chessbase. Engine catur buatan programmer Fabien Letouzey ini termasuk salah satu engine catur yang disegani dan masuk jajaran 10 Top Engine Catur Dunia. Meskipun namanya sementereng Rybka, Zappa, Shredder, Fritz tapi Fruit ini pernah menempati runner-up pada Kejuaraan Catur Antar Engine 'World Computer Chess Championship' di kota Reykjavík, Islandia tahun 2005. Kala itu Fruit meraih angka 8.5 dari 11 babak, di bawah sang juara yang saat itu diraih engine Zappa.

Engine catur Fruit ini mendukung 2 macam interface catur terkenal : Winboard dan UCI. Dan Fruit dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux ataupun Mac OS X. Karena mendukung UCI, maka Fruit dapat dijalankan pada program-program catur terkenal macam Chessbase, Fritz, Shredder, Arena, dan lain-lain. Fruit memiliki 2 macam 'opening book' : 'tournament book' dan 'wide book'. Tournament book merupakan opening book dengan langkah-langkah pilihan sehingga lebih cocok dipakai untuk bertarung antar engine. Sedang 'wider book' lebih banyak memiliki perbendaharaan langkah, sehingga opening yang dilakukan saat main bisa bermacam-macam, sehingga ini lebih cocok untuk dipakai latihan.

Engine Fruit juga mendukung Nalimov Endgame Tablebase (mendukung sampai 6 buah tersisa). Dan selain itu engine keren ini juga mendukung permainan catur random ciptaan pecatur legendaris dan jenius almarhum GM Bobby Fischer.

Fruit dikenal bermain normal dan rasional (tidak terlalu agresif tapi juga tidak terlalu bertahan). Jadi permainan komplikasi dengan pengorbanan super tajam jarang dilakukan oleh Fruit.

Engine Fruit juga dikenal sebagai engine catur yang 'open source' (artinya source program dilempar ke pubik, sehingga bagi yang memiliki skill pemrograman komputer dan ingin memperbaiki engine ini menjadi dimungkinkan). 2 engine terkenal yang merupakan variant dari Fruit adalah TogaII (dikembangkan oleh programmer Thomas Gaksch) dan Gambit Fruit (dibuat/disempurnakan oleh programmer Ryan Benitez). Gambit Fruit dikenal sebagai engine yang lebih agresif daripada Fruit (sering melakukan pengorbanan) sesuai dengan harapan pembuatnya (Ryan Benitez).

Sebelumnya Fruit adalah program catur komersial, tapi sejak 23 Juli 2007 menjadi 'freeware' (gratis). Versi terbaru (versi stabil) adalah fruit 2.3.1 yang dapat didownload di halaman ini : http://www.superchessengine.com/fruit.htm. Bahkan saat ini sudah ada yang lebih baru yaitu versi Beta (Fruit 2.3.4 Beta).

Situs resmi engine Fruit :
http://www.fruitchess.com

Informasi lain tentang engine ini :
http://en.wikipedia.org/wiki/Fruit_(chess_engine)

Contoh partai-partai Fruit bisa diakses di situs :
http://www.chessgames.com/perl/chessplayer?pid=98145

Versi terbaru Fruit (versi 2.3.1) bisa diakses di :
http://www.superchessengine.com/fruit.htm

Source engine Fruit (untuk programmer yang ingin mengembangkan engine ini) bisa didownload di : http://arctrix.com/nas/fruit/

Teman-teman, sudah pada punya/mencoba engine Fruit khan?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.