CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Hasil Turnamen : Corus Wijk An Zee 2008, Carlsen Yang Dahulu (Corus 2007) Menjadi Juru Kunci Sekarang Jadi Juara, Luar Biasa Anak Ini!

Di tahun 2006, si anak jenius dari Norwegia GM Magnus Carlsen berhasil menjadi juara dengan meyakinkan pada Corus 2006 di Group B. Setahun kemudian, sesuai kebiasaan di Corus, yang juara di group B, berhak diundang di Group A (alias kelompok elit). Di Corus 2007, si Carlsen ternyata tidak mampu berbuat banyak dan menjadi juru kunci. Dan di tahun 2008 ini, melihat prestasi Carlsen belakangan ini yang sangat baik, pihak panitia Corus mengundang Carlsen lagi. Dan ternyata panitia Corus tidak salah. Dengan tekad membara GM Magnus Carlsen (bersama seniornya GM Levon Aronian) berhasil menjadi juara bersama di group A di atas para elit catur dunia (seperti GM Viswanathan Anand, GM Vladimir Kramnik, GM Veselin Topalov dan GM-GM elit lainnya). Luar Biasa GM Magnus Carlsen, si anak jenius dari Norwegia.

Di awal tahun 2008 ini, tepatnya di kota Wijk Aan Zee Belanda tanggal 11-27 Januari 2008, kita telah disuguhi pertarungan catur elit dunia tahunan Corus Wijk Ann Zee yang diselenggarakan di negara Belanda. Partai-partai menarik, temuan-temuan teori opening terbaru tersaji di hadapan kita. Setiap hari kita bisa melihat siaran langsungnya di internet. Memang harus diakui bahwa turnamen Corus ini adalah merupakan salah satu turnamen terbaik dan terkuat di dunia (selain Linares, Dortmund, dll.).

Turnamen yang berlangsung di kota Wijk An Zee, Belanda ini mempertandingan 3 kelompok, yaitu Kelompok A (para grandamster top elit dunia), Kelompok B, Kelompok C, Kelompok 'Honorary' (mungkin semacam veteran lah) dan KELOMPOK AMATIR. Di kelompok B GM Sergei Movsesian berhasil menjuarai dan berhak ikut di kelompok A tahun depan (Corus 2009). Sedang Kelompok C dimenangkan oleh pecatur muda Italia yang sangat berbakat GM Fabiano caruana dengan nilai sangat meyakinkan (selisih 2 angka dari runner-up !!!). Kelompok Veteran dijuarai oleh GM Lubomir Ljubojevic (Yugoslavia).

Peringkat akhir kelompok A :
1. L. Aronian
M. Carlsen 8
3. T. Radjabov
V. Anand 7½
5. V. Ivanchuk
P. Leko 7
7. V. Kramnik
M. Adams 6½
9. S. Mamedyarov
J. Polgar
V. Topalov 6
12. P. Eljanov
B. Gelfand
L. van Wely 5

Peringkat akhir kelompok B :
1. S. Movsesian 9½
2. E. Bacrot
N. Short 8½
4. P. Harikrishna 7½
5. I. Nepomniachtchi 7
6. I. Cheparinov 6½
7. Y. Hou
D. Stellwagen
J. Smeets
E. L’Ami 6
11. H. Koneru 5½
12. G. Sargissian
M. Krasenkow 5
14. W. Spoelman 4

Peringkat akhir kelompok C :
1. F. Caruana 10
2. P. Negi
D. Reinderman 8
4. P. Carlsson 7½
5. F. Nijboer
A. Braun
J. van der Wiel
I. Krush 7
9. M. van der Werf 6½
10. S. Li
E. Grivas 6
12. A. Ushenina
Z. Peng 4½
14. D. Ruijgrok 2

Peringkat akhir kelompok 'Honorary' :
1. L. Ljubojevic 4
2. V. Kortchnoi
J. Timman 3
4. L. Portisch 2

Situs resmi turnamen Corus Wijk Aan Zee :
http://www.coruschess.com

Situs lain yang meliput turnamen ini :
http://www.chessdom.com/corus-chess-2008

Foto Gallery peserta Corus 2008 di Chessbase :
http://www.chessbase.com/newsdetail.asp?newsid=4419

Download partai lengkap turnamen ini :
Kelompok A, Kelompok B, Kelompok C, Kelompok 'Honorary'

Report harian babak demi babak dari turnamen Corus ini bisa diakses di situs portal catur Chessbase : http://www.chessbase.com (komentator oleh GM Mihail Marin).

Kapan ya para pecatur Indonesia diundang main di Corus? Semoga di masa mendatang akan ada undangan dari Corus untuk para Grandmaster kita.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.