CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI CATUR

FOTO CATUR PILIHAN

Download Partai GM Vladimir Kramnik, Pecatur Rusia Yang Pernah Menundukkan Kompatriotnya Sekaligus Seniornya Sang Raja GM Garry Kasparov

Saat dulu pecatur ini di kota London-Inggris mengalahkan pecatur terhebat saat itu GM Garry Kasparov dalam dwi tarung (kalo tidak salah bertajuk BrainGames 2000, tahun 2000) dengan skor 8.5-6.5 semua orang terperangah. Adakah main sabun di sini? (konon Kramnik adalah murid Kasparov, bener nggak sih?). Ada yang menganggap bahwa Kasparov sengaja memberikan gelar juara dunianya kepada Kramnik karena tidak lama lagi dia akan mengundurkan diri dalam dunia persilatan catur (dan menjadi kenyataan sekarang Kasparov memang sudah mundur dari catur dan memilih terjun ke dunia percaturan politik menjadi oposisi dari pemerintahan Vladimir Putin di negaranya Rusia). Bagaimana sebenarnya yang terjadi, saya tidak tahu.

Kramnik yang dilahirkan di kota Tuapse-Rusia tanggal 25 Juni 1975 ini pernah memegang gelar juara dunia klasik (direbutnya setelah mengalahkan Kasparov tahun 2000 lalu) sebelum disrobot oleh Anand pada September 2007 lalu. Dan pada akhir tahun 2008 ini kita akan menyaksikan pertarungan 2 pecatur paling kuat saat ini dan memiliki ELO Rating FIDE sama (per 1 Januari 2008) yaitu 2799. Dua pendekar sakti catur itu adalah GM Viswanathan Anand (India) vs GM Vladimir Kramnik (Rusia). Kita tunggu saja tanggal mainnya, dan saksikan kehebatan jurus-jurus mereka dalam bersilat catur. Dan pemenangnya konon akan dipertemukan dengan pemenang antara 2 jawara lainnya yaitu GM Veselin Topalov (Bulgaria) vs GM Gata Kamsky (Amerika Serikat) yang akan main sebelum dwi tarung Anand-Kramnik. Siapakah di antara mereka berempat yang layak menjadi juara sejati! Kita tunggu saja ya...

Beberapa kali dari tahun 2000-2007 sukses mempertahankan gelarnya melawan GM Peter Leko (Hungaria) tahun 2004 dan GM Veselin Topalov (Bulgaria) tahun 2006 (di mana saat terjadi kontroversi soal Kramnik yang dituduh menggunakan bantuan komputer karena seringnya Kramnik pergi ke kamar mandi). Dan pada September 2007, Kramnik kalah oleh Anand dalam kejuaraan dunia catur versi FIDE.

Menurut Kasparov, Kramnik memiliki gaya yang solid seperti mantan juara dunia GM Anatoly Karpov (Rusia) pada saat masih jaya-jayanya. Pecatur yang sering menggunakan Pembelaan Ruy Lopez Varian Berlin dan Slavia ini pernah menghadapi komputer catur Deep Fritz 10 (dijalankan pada komputer dengan prosesor Intel Core 2 Duo) di kota Bonn-Jerman dan Kramnik harus menyerah dengan skor 2-4.

Situs resmi GM Vladimir Kramnik :
http://www.kramnik.com

Biografi Kramnik dapat dibaca di situs :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kramnik (Bahasa Indonesia)
http://www.kramnik.com/eng/biography/index.aspx (Bahasa Inggris lebih lengkap)
http://en.wikipedia.org/wiki/Vladimir_Kramnik (Bahasa Inggris lebih lengkap)

Data Kramnik di situs FIDE (termasuk perkembangan ratingnya, dll.) silakan akses :
http://www.fide.com/ratings/card.phtml?event=4101588

Video-Video tentang Kramnik (asyik, bisa dijadikan VCD untuk dilihat di rumah pake VCD player) :
http://www.youtube.com/results?search_query=Vladimir+Kramnik&search_type=&search=Search

Foto-Foto Menarik (ada yang resolusi tinggi untuk di-print dan ditempel di dinding kamar) bisa didapat di :
http://www.flickr.com/search/?q=Vladimir+Kramnik

Yang tidak sabar ingin segera mendownload partai-partai lengkap GM Vladimir Kramnik (termasuk partai terbaru di turnamen elit Corus Wijk Aan Zee 2008 saat kalah dari si Jenius dari Norwegia GM Magnus Carlsen) bisa langsung Klik Di Sini (format filenya berupa RAR, bisa dimekarkan dulu dengan program Winrar atau sebangsanya, kemudian hasilnya berformat PGN bisa dibuka oleh semua program catur seperti Chessmaster, Fritz, Arena, dll.).

Para penggemar dan fans berat Kramnik, silakan dipuas-puasin ya!

GENS UNA SUMUS.

VIDEO CATUR PILIHAN

SPARRING CATUR vs Shredder

PARTAI CATUR GM TOP DUNIA

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.