CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Fritz11 vs Chessmaster XI : Pertarungan 2 Pendekar, Fritz11 Mendominasi Dengan Skor Telak, Chessmaster XI Klenger Kena Jurus-Jurus Maut Fritz11

2 engine yang dipertarungkan ini adalah sama-sama baru turun gunung (baca versi terbaru). Fritz 11 telah lama berkecimpung dalam dunia komputer catur dengan reputasi yang sangat baik. Engine besutan Chessbase ini versi terakhirnya (Fritz11) memiliki kemampuan yang terbukti lumayan sakti. Sedang Chessmaster XI (Grandmaster Edition) ternyata tidak mampu bersaing dengan Fritz11. Program catur yang ditanami engine 'The King 3.50' ini dicukur gundulnya (tapi tidak gundul lho) oleh Fritz11 dengan skor sangat telak 78-22 dari duel 100 babak. Ubisoft dibuat malu oleh Chessbase.

Memang Chessmaster XI memiliki tampilan yang sangat mewah. Untuk anak-anak, saya sangat merekomendasikan. Fitur-fitur belajarnya juga menarik dan sangat lengkap. Meskipun bahasanya bukan bahasa Indonesia (Inggris). Yang paling menarik menurut saya adalah video-video dan animasinya. Juga pemain virtual (ada fotonya) dengan rating emulasi sangat nyaman untuk sparring (apalagi untuk anak-anak) mulai dari rating rendah sampai yang tertinggi. Pemilihan opening yang akan dipakai di Chessmaster juga lebih user friendly.

Untuk kalangan pecatur yang serius dan profesional saya lebih menyarankan Fritz dan keluarganya (Chessbase Family). Dengan engine catur yang sangat kuat, dukungan Power Books, Endgame Tablebase dan Database Partai melimpah sangat ideal untuk para petarung. Untuk menyimpan database partai, untuk menganalisa partai-partai (sendiri dan lawan) sampai untuk desktop publishing (membuat semacam buku catur), Fritz lebih unggul.

Hanya kemewahan dan kecanggihan kedua program di atas ini harus dibayar mahal dengan memakai hardware (mesin komputer) yang berspesifikasi tinggi dengan mengocek kantong kita lebih dalam.

Penasaran begimana duelnya?... Langsung saja download dengan Klik Di Sini.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.