CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Rybka 2.3.2a vs Hiarcs 11.2, Perseteruan 2 Engine Top Dunia, Saat Hiarcs Bertekuk Lutut Di Hadapan Rival Terberatnya Rybka

Saya penasaran sekali apa benar Rybka kalah sama Hiarcs? Di beberapa turnamen terakhir Rybka sering kalah sama Hiarcs (yang terbaru adalah di CCT 10 2008), meskipun yang juara tetaplah si Rybka. Dalam posting hari ini saya sajikan perseteruan (alias dwi tarung, tidak resmi) antara 2 engine sakti ini (versi terbaru Rybka vs versi terbaru Hiarcs) dalam pertarungan 30 partai berikut yang sangat alot dan mendebarkan. Siapa yang lebih sakti? Penasaran khan? Amat disayangkan kalo dilewatkan begitu saja.

Setelah memainkan 30 babak, ternyata Hiarcs tidak mampu menanggulangi kedigdayaan Rybka. Skor akhir 21.5-8.5 untuk kemenangan Rybka. Masing-masing engine dimainkan dengan komputer yang menggunakan 4 (empat) CPU alias multi prosesor. Versi Rybka yang dipakai adalah yang Rybka 2.3.2a 64 Bit. Gaya bermain Hiarcs yang solid dan posisionil ternyata 'tembus' alias tidak mempan menghadapi keganasan 'Si Ikan Buas' (Rybka) ini.

Padahal Hiarcs telah mengupdate engine beberapa kali, sedang Rybka versinya sudah lama tidak diupdate oleh programmernya Vasik Rajlich. Konon khabarnya di awal tahun 2008 ini Rybka akan diinjeksi oleh Rajlich dengan banyak kemampuan. Wah bakalan tambah sakti saja engine ini ya. Kita tunggu saja ya versi terbaru dari Rybka.

Partai terpendek adalah remis singkat 17 langkah pembelaan Sisilia Naga Variant Fianchetto (B70) dengan Hiarcs memegang buah putih. Entah mengapa kok remis singkat seperti ini, seperti permainan master-master kita saja, remis singkat (he he he...). Partai terpanjang adalah ketika Hiarcs pegang buah hitam dalam Pembelaan Ruy Lopez Varian Tertutup dan pertarungan berlangsung sampai 170 langkah (ck..ck..ck ...) dengan hasil draw.

Silakan Download Engine Match : Rybka 2.3.2a vs Hiarcs 11.2 langsung Klik Di Sini (format RAR, dimekarkan pakai program Winrar atau sebangsanya, hasilnya file PGN dan bisa dibuka pake sebarang program catur).

Pertarungan ini sifatnya tidak resmi dan hanya sekedar eksperimen saja teman-teman. Kalo kurang percaya, silakan teman-teman mencoba sendiri untuk men-'duelkan' 2 engine keren ini. Bisa khan?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.