CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Program-Program Catur Yang Berfungsi Baik Di Komputer-Komputer Tua

Pelan-pelan banyak yang mulai menyadari bahwa belajar catur dengan komputer memberikan keuntungan lebih bagi yang belajar catur. Hanya saja masih banyak yang belum bisa membeli komputer terbaru, karena daya beli yang masih rendah dari teman-teman catur kita atau karena komputer memang dianggap bukan kebutuhan primer sehingga dananya lebih baik dipakai untuk kebutuhan yang lebih penting.

Padahal program-program komputer versi terbaru (misal Chessmaster XI atau Fritz 11) membutuhkan mesin komputer yang memiliki spesifikasi tinggi alias komputer yang terbaru (misal Pentium 4). Lantas bagaimana nasib yang hanya bisa membeli komputer bekas (misal Pentium 2 atau 3). Apa terus menyerah dan tidak bisa belajar catur dengan komputer?

Ya tentu tidak. Masih banyak sekali program-program catur yang bisa dijalankan di komputer-komputer lama. Hanya memang fitur-fitur yang dimiliki dan kekuatan mainnya tentu tidak bisa menandingi software versi yang terbaru. Kemampuan menganalisa menggunakan engine juga tidak seakurat versi terbaru. Cuma kalo hanya untuk menyimpan dan eksplorasi database yang tidak terlalu besar, masih lumayan lah digunakan.

Untuk komputer dengan prosesor Pentium 1 ke bawah (memory maksimal 32 MB), yang terbaik menurut saya adalah Fritz2 atau Fritz3. Fritz2 ini meskipun tampilan masih sederhana, tapi fitur-fiturnya sangat lumayan. Untuk sparring dan kebutuhan database catur kecil (di bawah 4000 partai) masih bekerja baik. Kekuatan enginenya pun cukup lumayan (setingkat Master Nasional/MN). Kalo Chessmaster bisa memakai yang versi 2000-4000.

Alternatif lain juga ada banyak : Untuk manajemen database bisa memakai Chessica For Windows (bisa baca datanya Chessbase) dan Scid Database (fiturnya lumayan canggih). Untuk sparring selain Fritz2/3 dan Chessmaster 2000, Chessica, bisa memakai software-software lainnya yang banyak bertebaran di Internet.

Untuk komputer dengan prosesor Pentium II dan III (dan memory di atas 32 MB) sudah bisa memakai Fritz5 atau Fritz6. Fitur-fitur Fritz5 sudah canggih dengan kekuatan engine yang sudah mulai agak sulit dikalahkan. Fritz5 ini juga sudah mempunyai fitur manajemen database yang sudah cukup baik. Kalo belum puas dengan fitur database di Fritz, bisa memakai Chessbase 6. Selain itu, Chessmaster versi 5000 atau 6000 juga bisa digunakan (tentu dengan graphic card yang memorinya cukup). Software Arena versi terbaru juga sudah bisa dipakai. Tentu software-software yang versi lebih lama (untuk Pentium 1 ke bawah) juga bisa dipakai.

Dan bagi teman-teman yang pengen mencoba/memiliki Fritz2, silakan langsung download Klik Di Sini.

Jadi jangan berkecil hati ya kawan-kawan meski komputernya lama! Masih bisa belajar catur dengan komputer kok.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.