CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Vasik Rajlich : Master Catur Dan Programmer Pembuat Engine Juara Rybka

Telah kita ketahui bersama bahwa Engine Rybka adalah engine catur terkuat di dunia saat ini. Dalam posting kali ini saya akan sedikit menampilkan profil programmer pembuat Rybka. Engine Rybka ini dibuat oleh seorang pecatur dan sekaligus juga programmer komputer yang bernama MI (Master Internsional) Vasik Rajlich.

Vasik Rajlich dilahirkan tahun 1971 di kota Cleveland Negara Bagian Ohio Amerika Serikat. Rajlich kuliah di perguruan tinggi elit di Amerika Serikat yaitu di MIT (Massachuchet Information Technology) sampai tamat.





Sekarang Rajlich hidup bahagia bersama istrinya Iweta di kota Budapest, Hungaria hingga Rajlich mendapatkan gelar Master Internasional. Di kota ini pula dia mengembangkan engine kebanggaannya Rybka. Rybka mulai dibuat oleh programmer ini pada Maret 2003 dan mulai serius dikerjakannya pada tahun 2005. Rilis demi rilis dibuat oleh Rajlich untuk perbaikan Rybka hingga memiliki kemampuan seperti saat ini. Pada versi terbaru Rybka (mulai versi 2.3), Rajlich bekerja sama dengan MI Larry Kaufman dalam penambahan kemampuan posisional Rybka (misalnya dalam penilaian posisi bidak).

Saat ini rilis terbaru Rybka adalah Versi 2.3.2a dan para pengembang Rybka masih beristirahat untuk memperbaiki engine ini. Baru di Tahun 2008 nanti menurut situs resmi Rybka dan Forum Rybka, akan ada perbaikan besar dalam engine ini. Versi sekarang aja sudah kuatnya minta ampun. Apalagi kalo sudah diperbaiki lagi, gimana kuatnya ya. Kita tunggu aja ya.

Untuk membuat Rybka, Rajlich menyusun tim Rybka yang terdiri dari istri dan teman-temannya :

* MI Vasik Rajlich - Pembuat Rybka - Hungaria
* Iweta Rajlich - Penguji Rybka - Hungaria
* Jeroen Noomen - Pembuat Opening Book Rybka - Belanda
* Cristoph Kling - Web Designer situs Rybka (www.rybkachess.com) - Jerman
* Felix Kling - webmaster situs Rybka (www.rybkachess.com) - Jerman
* MI Larry Kaufman - Pendukung Pembuatan Algoritma Rybka - USA

Gimana ya Vasik Rajlich membuat programnya kok kuat sekali? Tentu itu adalah rahasia dapur baginya.

Pengen kenalan sama Vasik Rajlich ya?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.