CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Opening Book : Database Opening Yang Membuat Program Catur Tidak Usah Berpikir Saat Opening

Salah saatu kecanggihan dari program catur saat ini adalah fitur Opening Book. Dengan Opening Book ini Program catur tidak usah berpikir dalam opening. Saat melangkah di opening program catur tidak memanfaatkan engine catur, tetapi mencari langkah opening tersebut dalam file database opening yang kita sebut opening book tadi.

Jadi opening book ini berisi langkah-langkah opening yang disimpan dalam file database. Hampir semua program catur saat ini (Fritz, Chess Master, Chess Genius, dll.) memiliki fitur opening book ini.

Opening Book yang dijual di pasaran adalah kumpulan ribuan bahkan jutaan langkah opening yang dibuat oleh para grandmaster catur. Biasanya mereka membuat opening book berdasarkan teori opening catur yang terbaru.

Untuk produk Chessbase, opening book yang dijual di pasaran versi terbaru adalah Power Book 2007. Dalam Power Book terdiri dari jutaan langkah opening terbaru (termasuk langkah penemuan terbaru dari para Grandmaster catur).

Sebenarnya dalam Fritz, Shredder dan program keluaran chessbase lainnya, sudah ada opening booknya. Hanya tidak lengkap dan repertoirnya memang diperuntukkan untuk program-program tersebut (opening book Fritz isinya berbeda dengan Shredder, Nimzo, Junior, dll.). Biasanya memang masing-masing engine memiliki opening book sendiri-sendiri. Seperti Engine Rybka, memiliki opening book yang dibuat oleh Jeroen Noomen (programmer Belanda).


Power Book 2007 bisa dipakai bersama produk-produk keluarga chessbase (seperti Fritz, Shredder, Hiarc, Junior, Nimzo, dll.). Opening book gamblangnya dibuat untuk memperkuat kemampuan engine-engine catur. Power Book ini bisa dikatakan sebagai ensiklopedi opening, karena semua opening (dengan update terbaru) ada di sini. Sehingga baik sekali untuk belajar opening, untuk mengecek lanjutan terbaik opening berdasar teori terbaru.

Sebenarnya dalam program keluaran chessbase tersedia fitur untuk membuat opening book sendiri. Pembuatan opening book berguna agar program catur bisa dipaksa memainkan opening tertentu sesuai data dalam opening book yang dipakai (yang sebelumnya kita buat).

Teman-teman, siapa yang punya Power Book 2007?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.