CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

UCI (Universal Chess Interface), Interface Antara Program Catur Dan Engine Catur Yang Terkenal

Kalo kita bergelut dengan komputer catur, pasti kita sering mendengar/membaca istilah UCI dan UCI Engine. UCI adalah kependekan dari Universal User Interface, merupakan standar terbuka komunikasi antara program catur dengan engine catur sehingga memungkinkan beberapa engine catur dengan mudah dapat dimainkan dalam sebuah program catur.

Contohnya adalah program catur yang terkenal dan paling banyak dipakai, Fritz (yang terbaru Fritz 11). Fritz ini sebenarnya adalah sebuah GUI (Graphical User Interface) atau antar muka grafis, yang juga mengandung engine Fritz (jangan rancu ya antara GUI Fritz dan engine Fritz). Selain dapat menggunakan engine standar yang telah terinstall, Fritz juga dapat memainkan engine lain yang disebut dengan jenis UCI Engines. Contoh UCI engine yang terkenal adalah Rybka 2.3.2a, Zappa Mexico, dan lain-lain.

Dengan modifikasi dan tambahan program, engine yang bukan UCI seperti Fritz, Shredder, Hiarc, dll. juga dapat dijadikan sebagai UCI Engine. Standar UCI ini diciptakan oleh ahli komputer Rudolf Huber dan Stefan Meyer-Kahlen (pembuat engine Shredder) pada bulan Nopember 2000. Standar UCI ini merupakan saingan dari standar komunikasi program & engine yang sudah dulu ada yaitu XBoard/Winboard. UCI ini boleh dipergunakan secara gratis.

UCI juga mendukung penggunaan Opening Book, semacam database opening untuk otomatisasi pembukaan catur. Jika program catur tidak mendukung Endgame Tablebase, dengan menggunakan UCI ini dimungkinkan sebuah program catur dapat memanfaatkan Endgame Tablebase, sehingga dalam babak akhir program catur dapat bermain sesempurna mungkin.

Sampai saat ini sudah banyak engine catur yang dibuat dengan standar UCI ini, yang terkenal antara lain Rybka, Shredder, Hiarc, Loop, Toga, Fruit, Spike, Glaurung dan lain-lain. Kita juga dapat mengadu engine-engine ini untuk kita tonton bagaimana mereka bermain antara satu engine dengan engine yang lain.

Untuk menggunakan UCI engine ke dalam program Fritz :

1.Download UCI engine yang ingin diinstall di Fritz. Misalnya Rybka.
2.Dalam program Fritz, pilih Engine-Create UCI Engine, Klik OK.
3.Pilih UCI engine (biasanya UCI Engine ini filenya berbentuk file EXE), Klik OK.
4.Setelah engine Rybka masuk, pilih Engine-Change Main Engine, Klik OK.
5.Pilih Rybka, klik OK.
6.Anda siap main dengan Rybka, silakan merasakan kekuatan dari engine-engine catur.

Gimana? bisa dan mudah bukan?

Selamat memainkan engine-engine catur!

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.