CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

VIDEO CATUR PILIHAN

Swiss Master : Software Pairing Turnamen Catur Sistem Swiss Yang Banyak Dipakai Di Indonesia

Berdasarkan pengamatan saya selama ini, Swiss Master adalah software pairing turnamen catur sistem swiss yang paling banyak dipakai di Indonesia. Yang paling terkenal dulu adalah yang sering disebut dengan Swiss 46 (Swiss Master Versi 4.6). Bahkan sekitar tahun 2000 saya pernah menggunakan program pairing ini saat menjadi wasit komputer di turnamen catur Menpora Cup di Sawo Jajar-Kota Malang yang saat itu sempat dihadiri Menpora jaman itu Bpk. Mahadi Sinambela.

Saat ini yang sering dipakai adalah Swiss 48 atau 49. Berdasarkan informasi situs resmi Swiss Master, rilis yang terbaru adalah versi 5.5. Versi 46 dan 48 beroperasi dengan mode text dan relatif agak sulit dioperasikan oleh wasit komputer pemula. Sedang versi terbaru Swiss Master 5.5 beroperasi dengan mode grafis, sehingga lebih mudah digunakan.

Swiss Master adalah salah satu program pairing yang telah diakui oleh FIDE (Badan Catur Dunia) selain PROTOS, Swiss Manager dan beberapa program lainnya. Keberadaan software pairing saat ini dirasa wajib dalam turnamen catur mengingat dituntutnya akurasi dan kecepatan proses pairing (penentuan lawan). Pemain merasa lebih mantap, tenang, percaya jika pairing ditentukan dengan komputer mengingat pairing manual dengan manusia relatif rawan kecurangan dan kesalahan.

Akhir-akhir ini penggunaan Swiss Master di Indonesia mulai tergeser oleh program lain seperti Swiss Perfect dan Swiss Manger. Di Kejuaraan Catur Nasional 2007 di Surabaya, program pairing yang dipakai adalah Swiss Perfect. Dan barusan ini pada Telkom Open 2007 di Geger Kalong-Bandung malah sudah memakai yang lebih canggih dan modern yaitu Swiss Manager.

Bagi yang ingin melihat informasi terbaru Swiss Master bisa mengunjungi situs resminya di alamat: http://www.schaakbond.nl/swissmaster/indexe.htm

Dan bagi teman-teman wasit komputer yang ingin memiliki dan mencoba Swiss 48 (mode text) bisa langsung download software ini dengan Klik di sini.

Maaf, teman-teman wasit komputer jangan merekayasa (unpair) pairing ya. Nanti nggak dipercaya lho!?
GENS UNA SUMUS.

TAHUKAH ANDA?

SPARRING VS SHREDDER

PETUAH GRANDMASTER

BUKU TAMU

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.