CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Belajar Catur Dengan Komputer Yang Efektif Dan Efisien (7) - Menguasai Taktik Berbantu Komputer

Salah satu skill catur yang sangat penting dikuasai adalah TAKTIK. Dengan skill taktik yang baik kita dapat membunuh raja lawan, melakukan kombinasi dan langkah-langkah indah. Dengan taktik pula kita menyerang, mengecoh lawan, memasang perangkap, memenangkan materi sampai bertahan dan meloloskan diri dari kekalahan. Taktik mutlak dikuasai oleh pecatur. Tanpa taktik yang baik, pecatur sulit memanfaatkan keunggulannya baik materi maupun posisi menjadi kemenangan.

Dalam arti sempit taktik adalah siasat memenangkan pertempuran di dalam catur seperti kombinasi (termasuk pengorbanan dan manuver tak terduga). Dalam arti luas taktik adalah semua bentuk aksi langkah yang kita buat. Setiap langkah sebenarnya mengandung taktik. Taktik tidak hanya muncul di Middle, tapi juga di Opening dan Ending.


TUJUAN BELAJAR TAKTIK ADALAH PADA SAAT ADA BANGUNAN YANG MENGANDUNG TAKTIK, PECATUR LANGSUNG BISA MENGENALI TAKTIK YANG MUNCUL SECARA OTOMATIS TANPA BERPIKIR LAGI DAN DAPAT MENGAMBIL KEPUTUSAN LANGKAH YANG TEPAT. Hal ini dimungkinkan jika pecatur memiliki HAPALAN TEMA/POLA TAKTIK yang cukup banyaknya dalam otaknya.

Pecatur kadang rancu antara taktik dengan posisi. Pertarungan sepasang gajah sering disebut dengan permainan posisi. Sepasang gajah adalah bentuk keadaan/posisi, sedang taktiknya adalah mempertahankan sepasang gajah, membuka permainan selebar-lebarnya, dll. Jadi dalam sepasang gajah juga terkandung taktik.

Posisi adalah bentuk-bentuk susunan buah catur, keadaan buah catur seperti susunan bidak, kondisi raja, posisi perwira dan lain-lain. Sedangkan taktik adalah setiap aksi kedua pihak (hitam dan putih) berdasarkan ciri posisi yang tampak.

Bidak lemah adalah bentuk posisi. Taktik (aksinya) antara lain memakan bidak lemah, mengeroyok/ menekan/memenangkan bidak lemah, mengunci bidak lemah bagi pihak penyerang. Bagi pihak bertahan (yang memiliki bidak lemah) taktiknya adalah melindungi bidak lemah, membebaskan/menukar bidak lemah, dll.

Jadi dalam setiap posisi selalu terkandung taktik dan taktik tidak selalu identik dengan kombinasi, pengorbanan materi, langkah-langkah manuver indah, atau langkah menang cepat. Taktik yang timbul selalu 2 macam taktik, 1.taktik pihak penyerang dan 2.taktik pihak yang bertahan.

Kebanyakan pecatur alam dan tradisional belajar taktik melalui sparring rutin dengan rekan-rekan clubnya. Saat main mereka secara bawah sadar telah 'menyerap' bentuk-bentuk/pola-pola /tema-tema taktik. Sehingga setelah bermain dengan jam terbang yang sangat banyak, mereka tanpa sadar telah memiliki HAPALAN 'database taktik' dalam otaknya dan mempengaruhi permainan mereka selanjutnya. Mereka juga menyerap 'bentuk taktik' dari menonton partai rekan-rekannya dan sesekali membaca dari koran dan majalah yang dibaca dan dimainkan partainya.

Taktik menurut saya pribadi terbagi 2 (dua) jenis : 1) TAKTIK KOMBINASI, mempunyai ciri hasilnya cepat terlihat, merubah posisi secara drastis dan kebanyakan bersifat memaksa. Seringkali berbentuk pengorbanan 'sementara' atau manuver. Hasilnya juga nyata, raja lawan mat, menang materi, menang posisi mutlak, promosi bidak bagi pihak penyerang atau pat dan skak abadi bagi pihak bertahan. Contohnya Taktik Tema Likuidasi, Tema Mat Lemas, Tema Ancaman Mat Tak Terbela, Tema Pakuan, Tema Sinar-X, Tema Serangan Ganda, Tema Skak Ganda, Tema Skak Tarik, Tema Zugzwang dan lain-lain.

2) TAKTIK POSISI. Mempunyai ciri hasilnya tidak cepat terlihat. Termasuk di sini adalah LANGKAH PENCEGAHAN, Langkah perkembangan, Langkah Pengamanan Raja, Mengaktifkan Buah Jelek, dan lain-lain. Sering juga disebut dengan LANGKAH TTENANG. Kebanyakan langkahnya berbentuk manuver dan bukan pengorbanan.

Pecatur modern belajar taktik dengan menyediakan waktu khusus dengan sengaja untuk mengenal dan 'menyerap' hapalan taktik yang mungkin timbul dalam permainan catur. Secara manual belajar taktik menggunakan buku-buku catur taktik dari para ahli/Grandmaster.

Sesungguhnya menurut saya belajar taktik agar cepat menguasai adalah dengan bantuan komputer. Belajar bisa dengan bantuan program catur KHUSUS TAKTIK atau dengan memanfaatkan DATABASE TAKTIK. Program Chessbase terbaru Fritz 11
telah menyediakan fitur TRAINING TAKTIK. Software khusus taktik antara lain :

1.Convekta CT. Art 3.0.
2.Chess Mentor Deluxe.
3.Personal Chess Trainer.
dan lain-lain.

Software-software ini umumnya bertujuan membentuk database hapalan tema-tema/pola-pola taktik, di dalam otak lewat kuis dan PENGULANGAN.

Untuk DATABASE TAKTIK, kita hanya perlu melihat dan menjalankan database ini satu per satu dan menyerap tema-tema/pola-polanya di dalam otak (jika pada database sudah ada jawabannya). Jika tidak ada jawabannya, kita harus menemukan sendiri (anggap aja kuis). Selain itu ada juga database taktik yang memang kuis. Yang sering berformat CBH dan kita dapat menjalankannya dengan program Fritz.

Untuk berikutnya kita tiru/pergunakan dalam permainan kita sendiri. Database semacam ini kebanyakan berbentuk posisi dan tidak dari langkah awal. Saya punya contohnya yang bisa anda DOWNLOAD. Silakan download Klik Di Sini.

Di posting-posting mendatang, saya akan postingkan secara lebih detil tentang program-program dalam SERI BELAJAR KOMPUTER CATUR ini. Semoga saya selalu diberi waktu untuk mengupdate blog ini ya.

Selamat belajar taktik. Teman-teman, taktik apa yang sudah dikuasai?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.