CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Turnamen Freestyle Chess : Bertanding Catur Dengan Bantuan Grandmaster Dan Atau Komputer!

Selama ini kita mengenal beberapa jenis turnamen catur yang tidak biasa yang pernah dipertandingan. Beberapa bulan yang lalu, di Bilbao mengadakan turnamen Catur Buta (Blindfold) yang dijuarai oleh pecatur muda berbakat China GM Bu Xiangzhi. Ada juga turnamen catur random (gaya fischer) juga disebut Chess960 dimana posisi perwira catur dibolak-balik, sehingga tidak berlaku teori opening (alias adu kalkulasi).

Selain itu saya tertarik dengan suatu turnamen yang disebut dengan FreeStyle Chess Tournament. Aturan main caturnya sih normal, tapi uniknya dari turnamen catur ini adalah pecatur diperbolehkan bermain dengan bantuan Grandamster (misal jika anda kenal dengan Kasparov atau Anand, anda bisa minta tolong dia untuk membantu anda bermain catur) atau dengan bantuan program komputer. Wah asyiik ya. Berarti adu kuat-kuatan engine catur nih.

Seringkali turnamen semacam ini yang menang malah bukan Grandmaster. Siapa yang punya mesin catur yang paling canggih dan pemilihan engine serta opening yang tepat yang akan menjuarai. Turnamen ini dimainkan secara online via internet pada server Chessbase (www.playchess.com) . Jadi para pecatur yang ikut turnamen ini tidak berhadapan secara fisik. Tercatat beberapa Grandmaster berguguran dalam turnamen jenis ini.

FreeStyle Chess saat ini sudah berlangsung 7 (tujuh) turnamen. Saat ini yang memiliki rating tertinggi untuk jenis turnamen ini adalah yang bernama Tim XAKRU (2792). Tim ini diperkuat oleh duo Jiri Dufek dan Roman Chytilek (nggak terkenal ya?). XAKRU menggunakan 3 engine sekaligus dalam pengambilan keputusan langkah : Rybka, Shredder dan Loop dengan 4 unit komputer. XAKRU memenangkan hadiah utama sebesar 8.000 dolar Amerika (atau sekitar 80 juta rupiah).

Pengen tau lebih jauh tentang FreeStyle Chess silakan ke situs :
http://www.freewebs.com/freestyle-chess/index.htm

Download partai turnamen ini (Turnamen Ke-1 s/d Ke-6) KLIK DI SINI.
Download partai terbaru turnamen ini (Turnamen Ke-7) KLIK DI SINI.

Wah pengen ikut nih turnamen ini ....

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.