CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Kiat Agar Tidak Cepat Mengantuk Jika Belajar Catur Dengan Komputer

Beberapa teman catur mengeluh kepada saya karena tidak bisa berlama-lama latihan catur di depan komputer. Wah kalo gini caranya, mana bisa maju ya! Yang paling banyak adalah keluhan karena mata cepat mengantuk. Sebagian malah ada yang pusing-pusing.

Memang tidak bisa disangkal bahwa monitor komputer mengandung gelombang dan medan elektron yang membuat mata cepat lelah. Tapi sebenarnya ini bisa disiasati dengan beberapa cara. Daripada melawan radiasi monitor komputer agar tidak ngantuk di depan komputer, saya menyarankan hal-hal antara lain :



  1. Minum kopi. Tentu bagi yang tidak berpantang kopi. Kopi mengandung kafein yang membuat kita lebih terjaga.
  2. Ajak teman berlatih. Jadi tidak sendirian. Kalo sendirian cenderung ngantuk. Bisa sambil diskusi atau bermain bergantian.
  3. Tentukan break sejenak. Misalnya setiap 1 jam. di-break 15 menit. Breaknya bisa sambil makan makanan kecil. Bisa juga olahraga/senam kecil di tempat.
  4. Kalo lihat partai, pake aja fitur (game-replay demo) - Jika anda pakai program Fritz 9 ke atas. Jadi perhatian bisa tertuju ke monitor tanpa banyak klak-klik mouse dan keyboard. Saya sangat senang dengan metode ini.
  5. Selang-seling latihan biar tidak bosan. Misal Sesi pertama main blitz. Sesi berikutnya lihat partai. Sesi lainnya lihat ending saja, dan seterusnya.
  6. Main catur Online Via Internet. Biasanya mengasyikkan kalo bisa main catur online dengan lawan nyata yang jauh di seberang sana.
Atau barangkali teman-teman punya kiat lainnya yang lebih jitu?

Kalo anda tahan berlama-lama di depan komputer ya syukurlah. Tapi kalo tidak kiat saya di atas mungkin bisa dicoba. Selamat belajar catur dengan komputer. Semoga cepat naik level dan cepat dapat master.

Ayo siapa yang suka ngantuk di depan komputer?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.