CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Advance Chess : Pertandingan Catur Manusia Dibantu Dengan Komputer

Berbagai macam variasi permainan catur mulai dipopulerkan. Catur Buta, Catur Random, Catur Simultan, Catur Kartu, Catur Kalah (Giveaway Chess) Catur yang habis dulu buahnya menang , Freestyle Chess, dan lain-lain. Akhir-akhir ini muncul sebuah varasi permainan catur yang disebut Advance Chess. Dalam permainan catur jenis ini, peraturan catur tetap sama dengan catur standar. Hanya saja dalam Advance Chess manusia dibantu dengan komputer. Setiap peserta menggunakan komputer untuk membantu membuat keputusan langkah.

Advance Chess sepintas sama dengan Freestyle Chess yang juga menggunakan komputer dalam permainannya. Bedanya Freestyle Chess adalah catur online, dimana setiap peserta tidak saling berhadapan secara langsung dan bermain lewat media maya/internet. Sedang dalam Advance Chess, setiap peserta saling bertatap muka layaknya catur normal, hanya masing-masing pemain disediakan fasilitas komputer untuk menganalisa.

Dalam Advance Chess, pecatur bisa memilih opening yang dimainkan berdasarkan Opening Book. Mengecek partai yang sedang dimainkan dalam database catur. Melakukan pengecekan varian dari banyak engine catur yang terinstall di komputer dan memilihnya jalur mana yang paling disukai.

Saat ending bisa memanfaatkan Endgame Tablebase sehingga permainan endingnya sempurna (tentunya melihat jumlah buah catur yang tersisa karena tablebase yang tersedia saat ini maksimal hanya dapat menggunakan maksimal 6 buah catur yang tersisa, termasuk buah raja).

Penguasaan pengoperasian software-software catur mutlak dibutuhkan, agar pecatur bisa bermain maksimal. Kalo kedua pecatur yang bertarung konsisten dalam memanfaatkan komputer, sepertinya partai akan berlangsung panjang.

Kejuaraan Advance Chess Pertama barusan selesai diadakan dalam Festival Catur Benidorm-Spanyol dengan juaranya adalah William Ansons yang tinggal di kota London-Inggris setelah mengumpulkan poin 6.5 dari 8 babak. Waktu yang dipakai masing 90 menit tanpa increment (detik tambahan waktu). Jumlah pesertanya 31 orang. Dalam satu meja terdiri dari satu set catur (buah+papn catur, jam catur dan 2 (dua) laptop dengan hardrware+software yang sama untuk masing-masing pemain). Pecatur hanya boleh bertanya kepada komputer, tidak boleh bertanya kepada yang lain. Tidak seperti Freestyle Chess yang boleh bertanya kepada siapa pun termasuk menyewa Grandamster.

Cerita tentang William Ansons yang juara di Kejuaraan Pertama Advance Chess bisa dilihat di :
http://www.chessbase.com/newsdetail.asp?newsid=4336

Wah... kayaknya asyik banget tuh maen Advance Chess!

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.