CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Bagaimana Belajar Catur Dengan Komputer Yang Efektif Dan Efisien? (6) - Belajar Opening Yang Tepat Guna

Babak Pembukaan (opening) merupakan babak yang amat penting dalam pertarungan catur. Dengan skill catur berimbang, opening akan sangat menentukan hasil permainan.

Sekali pecatur membuat blunder di opening, dia akan terjebak dalam posisi buruk sehingga memperkecil peluang menang. Bahkan kalo blundernya fatal, dengan segera akan mengalami kekalahan yang menyakitkan (kena partai mini).

Dari sudut pandang teori, opening ini cenderung sebagian besar berupa hapalan. Jangan salah mengartikan hapalan di sini. Hapalan yang dimaksud bukan hanya hapalan nama opening, varian dan langkah-langkahnya, tapi juga termasuk latar belakang opening, strategi opening, taktik yang sering terjadi, kecenderungan struktur bidak, juga kecenderungan ending yang terjadi.

Sudah sangat banyak buku dan literatur catur yang membahas opening. Yang terkenal diantaranya Encyclopedia Chess Opening (ECO) terbitan Sahovski, Modern Chess Opening 14th (MCO), Batsford Chess Opening (BCO) susunan Garry Kasparov, Nunn Chess Opening (NCO), Monograph, dan lain-lain. Belum lagi buku-buku opening yang secara khusus membahas opening yang spesifik macam Play The Najdorf Sicilian oleh Garry Kasparov, Grundfeld Defence oleh Karpov, dll.

Belajar opening cara konvensional (hanya dengan bantuan buku), tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Kita harus menata buah catur dan membuka buku halaman demi halaman sampai katam, serta memainkan langkah-langkah opening dalam buku tersebut. Hal ini tentu melelahkan dan membosankan bagi pecatur pemula.

Dengan kehadiran teknologi komputer, belajar opening catur menjadi jauh lebih mudah, cepat dan menyenangkan. Pecatur juga dapat lebih cepat mengikuti teori opening terbaru. Dengan adanya produk database catur seperti Mega Database 2007 (yang berisi 3.5 juta partai), kita bisa memanfaatkan database ini untuk belajar opening yang kita sukai. Semakin banyak partai yang dipakai acuan dan semakin up to date databasenya tentu semakin baik.

Secara global metode yang diterapkan bisa seperti di bawah ini :

1.Mencari partai-partai dengan opening yang kita sukai dan menyimpannya dalam database baru. Misalnya belajar opening Sisilia Najdorf Varian Topalov (1.e4 c5 2.Kf3 d6 3.d4 cxd4 4.Kxd4 Kf6 5.Kc3 a6 6.Ge3 e6 7.f3 b5!?) sebagai hitam. Kita cari dalam database, kita kumpulkan dan disimpan dalam file database baru, misal dengan nama najdorf_topalov.cbh. Misal partainya berjumlah 1130 partai.

2.Database yang dibuat selanjutnya kita tonton satu per satu secara otomatis lewat fitur (asumsi program yang dipakai Fritz) Game-Replay-Demo. Dengan fitur ini kita bisa menonton partai secara otomatis dari partai ke-1 s/d partai terakhir (tidak perlu menjalankan partai satu per satu). Enak... layaknya nonton film di bioskop. Tugas kita hanya menyerap ciri-ciri, posisi yang berulang, taktik yang terjadi, strategi yang sering diterapkan, kemenangan yang terjadi, kecenderungan blunder, sampai babak akhir yang sering muncul.

3.Mengecek jalur teori opening tadi dalam buku/literatur/data digital opening yang lengkap dan terbaru. Tujuannya adalah mengecek lanjutan langkah opening yang terbaik dan layak dimainkan berdasarkan teori opening dari para ahli/grandmaster.

4.Melakukan test Opening (kuis opening). Software yang bisa dipakai misalnya BookUp Profesional. Software ini memang khusus untuk belajar opening. Tujuannya apakah kita sudah hapal jalur opening yang sudah kita pelajari atau belum. Kalo tidak punya software ini ya nggak papa. Bisa dilewati.

5.Membuat opening book sendiri dari partai-partai opening ini. Tujuannya saat sparring program catur dipaksa memainkan jalur-jalur opening yang sedang kita pelajari.

6.Praktek sparring dengan komputer menggunakan opening ini. Bisa dicoba pegang buah hitam dan putih. Pegang putih untuk melihat komputer memainkan opening kita untuk kita tiru langkah yang baik. Pegang hitam untuk menguji kemampuan kita memainkan opening ini (Sisilia Najdorf, Topalov Variation).

7.Memproyeksi calon lawan yang berpeluang menggunakan opening ini sebagai putih untuk kita 'sket' (eksplorasi). Pengetahuan yang mendalam tentang calon lawan adalah salah satu 'rahasia sukses' para master untuk meraih kemenangan dalam turnamen. Alangkah baiknya jika kita mendata semua pecatur calon lawan agar peluang menang bisa diperbesar. SKET selain berdasar database juga memanfaatkan kekuatan engine.

8.Bagi tingkat lanjut dan para master, bisa eksplorasi opening yang dipelajari untuk mencoba menemukan langkah 'novelty' (langkah baru yang belum ada dalam teori). Dipersiapkan menghadapi turnamen dan pecatur-pecatur lawan yang tangguh.
Eksplorasi dibantu dengan database+engine. Penemuan novelty tentu membutuhkan dasar pemahaman teori catur yang sudah sangat baik.

9.Mempraktekkan opening yang sudah dipelajari dalam sparring atau turnamen. Berdasar praktek ini, kita bisa memperbaiki kesalahan dan kelemahan kita. Introspeksi yang obyektif dan komprehensif juga merupskan salah satu kunci sukses untuk maju.

10.Mengupdate partai-partai dalam database sesuai dengan opening yang sedang dipelajari. Dengan ini kita bisa selalu mengikuti teori catur terbaru (langkah novelty yang ditemukan oleh para ahli/grandmaster).

Bukankah demikian teman-teman?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.