CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Informator No.100 Digital : Lebih Mudah Dipelajari Daripada Yang Versi Cetak

Sepanjang pengalaman saya menjadi pecatur, buku yang paling banyak dipakai dan seperti menjadi 'kitab wajib' bagi para pecatur adalah Informator (Chess Informant) terbitan Sahovski Yugoslavia. Memang buku ini selalu menyajikan partai-partai pilihan, terbaru dan seringkali berisi penemuan teori-teori opening catur terbaru dari para Grandmaster. Dengan kemajuan teknologi 'kitab Informator' ini mulai menyajikan 2 edisi, Edisi cetak dan Edisi Elektronik (Digital). Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Yang edisi cetak tentu tidak butuh komputer untuk menjalankannya, cukup papan+buah catur dan buku cetakan Informator cukuplah. Yang versi digital punya kelebihan, lebih mudah dipelajari, tidak butuh papan catur dan lebih leluasa mengeksplorasinya. Saat ini Informator yang terbaru adalah Edisi ke-100.

Edisi 100 dari Informator berisi partai pilihan yang sudah dianalisa secara komprehensif oleh para Grandmaster dan redaktur Sahovski diambil dari event tanggal 31 Mei - 31 Agustus 2007. Gamenya berjumlah 451 partai dan variasinya 489 partai. Berisi turnamen di Sofia, USA (ch), La Habana, Sarajevo, Elista, Valjevo, Foros, Dortmund, Montreal, Biel, Russia - China (m), Amsterdam, dan lain-lain. Kontributor Edisi 100 ini adalah V. Anand, Ivanchuk, Kramnik, Leko, Morozevich, B. Gelfand, Mi. Adams, Grischuk, Ju. Polgar, Sergey Karjakin, Bu Xiangzhi, Kasimdzhanov, Van Wely, A. Volokitin, V. Milov, Rublevsky, A. Onischuk, Iv. Sokolov, Krasenkow, Nisipeanu, Bareev, A. Beliavsky, Predojevic, Motylev, Roiz, Tiviakov, D. Stellwagen, A. Naiditsch, M. Kobalia, M. Gurevich, Va. Salov, Je. Piket, Ch. Lutz, Ar. Jussupow, Ribli, J. Benjamin, L. Christiansen, Xie Yun, J. Timman, Mikhalchishin, Speelman dan masih banyak lagi.
Yang versi buku sudah banyak tahu ya. Versi digital juga terbit dalam 2 macam format. Format asli Informator, dibaca dengan software buatan Sahovski, Chess Informant Reader. Sedang format yang satunya adalah format PGN, yang bisa dibaca oleh semua program catur seperti Chessmaster, Fritz, Chess Assistant bahkan oleh program catur di PDA maupun di ponsel.

Sahovski, perusahaan pembuat Informator juga memproduksi banyak literatur catur yang sangat lengkap mulai dengan opening, yang terkenal sekali adalah 5 seri Encyclopedia Chess Opening (ECO) A, B, C, D, E dan edisi ringkasnya Small Encyclopedia Chess Opening (Small ECO) serta seri opening yang lebih mendalam yaitu seri Monograph Chess Opening (MCO) yang membahas suatu variant opening yang lebih detail oleh Grandmaster ahlinya.

Seri yang lain adalah Ending, yaitu Encyclopedia Chess Ending (ECE) kalo tidak salah juga 5 buku. Selain itu masih ada Anthology Of Chess Combination yang berisi taktik & kombinasi catur dan masih ada lagi beberapa produk lainnya. Semua edisi dari produk Sahovski saat ini telah tersedia dalam format cetakan dan format digital (bentuk CD dan ada yang didownload).

Informasi lengkap tentang Informator Edisi 100 kunjungi situs di bawah ini :
http://www.sahovski.com/products/ci/latest.php?id=344

Ingin tahu lebih banyak tentang produk Sahovski, silakan akses situs resminya di alamat :
http://www.sahovski.com

Mau download software gratis dari Sahovski (Chess Informant Reader & Chess Informant Expert) klik di bawah ini (termasuk Informator no.88 gratis) :
http://www.sahovski.com/other/index.php?other=8

Teman-teman, siapa yang sudah punya Informator No.100?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.