CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Chessbase Magazine : Literatur Catur Utama Para Grandmaster

Selain mengeluarkan produk program catur Fritz, Shredder, Junior, Hiarc, dkk, Chessbase juga memproduksi lieratur catur digital yang terkenal dengan label Chessbase Magazine (CBM). Edisi terbaru dari produk ini adalah Chessbase Magazine 121. Chessbase Magazine ini telah banyak dipakai sebagai acuan oleh para profesional catur saat ini.

Tidak seperti Informator yang mengeluarkan 2 format (edisi cetak dan edisi digital), CBM ini hanya dibuat dalam format digital. Tentu saja formatnya adalah Chessbase Format (CBH). Kelebihan CBM diantaranya adalah selain memuat berita dan partai catur serta riset opening terbaru, CBM biasanya memuat materi multimedia yang berupa foto-foto, audio dan video.

Yang terpenting dari CBM menurut saya adalah riset terbaru opening yang selalu disertakan dalam setiap edisi CBM. Jika dibandingkan dengan Informator, CBM lebih up to date datanya. Informator juga tidak ada komentar dengan bahasa manusia, hanya bahasa simbol. Selain itu tentu CBM lebih menarik dipelajari karena banyak materi multimedia di sana.

Chessbase Magazine 121 didominasi oleh 2 Kejuaraan Catur Beregu Eropa 2007 yaitu yang dipertandingankan di Kemer-Turki dan Heraklion-Kreta.

Kontributor CBM 121 antara lain :

Daniel King: Move by Move
Pengasuh kolom Langkah Demi Langkah.

Oliver Reeh: Tactics
Pengasuh kolom taktik.

Peter Wells: Strategy
Pengasuh kolom strategi.

Rainer Knaak: Opening trap
Pengasuh jebakan-jebakan dalam pembukaan.

Karsten Müller: Endgames
Pengasuh kolom Ending.

Telechess
2 Pecatur master Argentina Alvarez dan Morgado menyumbang 3000 partai korespondensi.

Informasi Tentang CBM 121 bisa diakses di :
http://www.chessbase.com/shop/product.asp?pid=364&user=&coin=
Asyik ya... Chessbase Magazine ini?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.