CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Glaurung : Engine Catur Tangguh Untuk Komputer Apple Macintosh (Windows Juga Bisa!)

Tidak banyak engine catur yang dipakai di komputer Apple Macintosh. Seperti kita ketahui bersama bahwa komputer yang banyak dipakai di Indonesia adalah menggunakan mesin Intel. Komputer jenis Apple ini sering dipakai untuk pemakai yang membutuhkan aplikasi grafis yang handal. Misalnya untuk industri televisi, percetakan/penerbitan, dan lain sebagainya. Untuk catur pun sebenarnya komputer Apple ini juga tidak kalah dengan mesin Intel. Salah satu engine catur yang paling kuat di komputer jenis ini adalah engine GLAURUNG. Pembuatnya adalah Tord Romstad (yang juga pembuat engine catur Viper dan Gothmog).

Nama GLAURUNG ini diambil dari nama naga dalam buku novel karangan J.R.R. Tolkien. Glaurung di komputer Apple datang beserta GUI+Engine. Sedang untuk komputer Windows Glaurung membutuhkan GUI seperti Arena, Fritz, Shredder dll. Untuk komputer dengan sistem operasi Linux pun Glaurung juga bisa jalan dengan program GUI XBoard dan Polygot. Glaurung diedarkan gratis dengan lisensi GPL 2-3. Engine ini memiliki parameter UCI yang lengkap dan mendukung prosesor banyak sampai 8 buah prosesor.

Engine catur yang gratis ini juga open source (yang artinya kode programnya juga disertakan oleh programmernya untuk konsumsi publik). Bagi yang jago programming komputer bisa mempelajari membuat engine catur dari source code semacam ini.

Versi Glaurung yang lebih lemah diberi nama engine Viper. Versi terbaru dari Glaurung terkenal dengan nama Glaurung Lodz 2007 (Glaurung Ver. 2).

Situs resmi Glaurung :http://www.glaurungchess.com/

Referensi Lain : http://www.superchessengine.com/glaurung.htm

Teman-teman yang ingin melihat permainan engine GLAURUNG bisa mengaksesnya di : http://www.glaurungchess.com/tournaments/lodz-2007

Seperti bisa kita lihat bersama, Glaurung ini kuat sekali dan termasuk 10 engine catur terkuat di dunia. Siapa yang sudah pernah main lawan Glaurung?
GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.