CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Chess960 Atau Catur Random, Permainan Catur Yang Baik Untuk Melatih Kemampuan Kalkulasi

Selain catur simultan, catur buta ada lagi variasi permainan catur yang tidak standar. Catur Random atau Chess960 adalah permainan catur yang letak buahnya dibolak-balik. Kedua pihak (hitam putih) memasang posisinya secara simetris. Permainan catur random bisa digunakan untuk latihan kalkulasi, pemahaman posisi dan taktik sejak awal permainan. Disebut Chess960 karena variasi posisi buah catur yang mungkin adalah 960 posisi. Perubahan hanya untuk posisi perwira. Posisi bidak tetap. Permainan catur jenis ini digagas oleh pecatur legendaris dari Amerika Serikat dan mantan juara dunia catur GM Bobby Fischer dan pertama kali diperkenalkan di kota Buenos Aires, Argentina tanggal 19 Juni 1996. Makanya catur random kadang juga disebut Catur Fischer. Maksud Fischer menggagas Catur Random adalah agar pecatur lebih mengutamakan bakat dan kreatifitas catur daripada mengandalkan hapalan teori opening. permainan catur Saat ini juara dunia catur random adalah pecatur Armenia GM Levon Aronian.

Untuk menghindari kebosanan bermain catur standar, catur random bisa dimainkan dan terasa mengasyikkan. Dalam catur random tidak dikenal teori opening karena susunan buah perwira catur yang tidak biasa. Tidak ada pembelaan Sisilia, Ruy Lopez, Slavia, dll. teori/hapalan opening di sini. Sejak awal pecatur dipaksa menerapkan strategi yang berbeda daripada biasanya. Pagi-pagi kita harus dipaksa sudah berkalkulasi.

Peraturan catur random hampir sama dengan catur normal, hanya dalam rokade mungkin agak membingungkan bagi yang tidak biasa. Posisi gajah tetap tidak boleh memiliki warna sama. Bermain catur random adalah bermain catur dalam arti yang sesungguhnya. Pemain sudah bermain sejak langkah pertama (hapalan opening tidak ada). Oleh karena ini Catur Random kadang juga disebut dengan FullChess. Diharapkan dengan latihan catur random selain mencegah kebosanan, kemampuan kalkulasi kita akan meningkat.

Dalam program catur Fritz, ada fitur untuk main catur random. Engine yang dipakai adalah Fritz 960. Engine ini otomatis akan diloading setelah kita menjalankan File-New-Chess960. Lalu kita diberi pilihan posisi random buah catur, dari posisi 1,2,3 ... sampai 960. Jadi ada 960 variasi posisi catur random yang bisa dimainkan. Posisi buah hitam putih simetris. Jika kita akan main normal tinggal pilih File-New-Blitz Chess. Engine akan kembali yang standar.

Lebih jauh tentang catur random silakan kunjungi alamat : http://en.wikipedia.org/wiki/Chess960

Selamat bermain catur random ya.

Teman-teman, siapa yang suka bermain catur random? Yuk main dengan saya! Asyik lho...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.