CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Hasil Telkom Open IX 2007 : Selamat MI Ir. Tirto, Anda Berhasil Menjadi Juara

Selamat saya ucapkan kepada MI Ir. Tirto atas keberhasilannya menjuarai salah satu turnamen catur tingkat nasional yang paling bergengsi TELKOM OPEN IX 2007. Berdasarkan pemantauan saya selama ini kepada pecatur nasional dari Kaltim ini, dia mainnya stabil dan bahkan ratingya sempat menembus angka 2500-an. Menurut saya pribadi, MI Ir. Tirto ini adalah salah satu pecatur terkuat Indonesia yang berpotensi besar meraih gelar GM (Grandmaster) berikutnya. Dia akhir-akhir ini juga aktif mengikuti turnamen-turnamen internasional utamanya di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia Open, Phillippine Open, dan lain-lain. Hanya saja masih kurang beruntung. Semoga Percasi memberi kesempatan dan fasilitas yang seluas-luasnya kepada pecatur nasional ini dan kita doakan saja semoga MI Ir. Tirto bisa meraih gelar GM secepatnya.

Telkom Open IX diselenggarakan di kota dingin Bandung, tanggal 12-19 Desember 2007. Saya salut dengan panitia penyelenggara yang telah membuat situs khusus untuk turnamen ini meskipun menggunakan hosting gratisan (110mb.com) tidak masalah. Situs resmi kejuaraan Telkom Open ini beralamat di http://tunaspriangan.110mb.com. Meskipun tampilannya sederhana, tapi informasi yang disajikan lumayan lengkap dan cepat tersaji (diupdate). Di situs ini anda bisa melihat peraturan pertandingan, jadual pertandingan, daftar peserta, pairing dan hasilnya babak per babak, laporan babak per babak bahkan partai (format PGN) pun tersedia meskipun masih belum lengkap.

Pembuatan situs semacam ini sangat berguna bagi insan catur untuk mengikuti perkembangan turnamen. Sehingga gaung dari turnamen ini akan bergema sampai jauh dan lama. Semoga bisa ditiru oleh penyelenggara turnamen yang lain (seperti Japfa, Lampung Open, dll.).

Kalo saya boleh kritik dan saran untuk pembuatan partai (notasi) bisa membayar orang khusus untuk meng-entry notasi ke dalam komputer. Kalo dibayar pasti banyak yang mau ngentry. Honor mengentry diambil dari UANG PENDAFTARAN atau dari SPONSOR. Honor untuk pengentry disesuaikan dengan jumlah peserta. Kalo perlu mengerahkan jumlah pengentry lebih dari 1 orang. Semakin banyak tentu semakin baik dan cepat.

Saya lihat dalam turnamen Telkom Open IX ini juga sudah menggunakan software pairing terbaru yaitu : Swiss Manager (buatan Jerman) daripada Swiss Master atau Swiss Perfect yang sering dipakai oleh wasit-wasit komputer di Indonesia. Ini merupakan kemajuan bagi dunia catur Indonesia. Selamat atas kesuksesan penyelenggaraan Telkom Open IX 2007. Semoga di tahun-tahun berikutnya tambah sukses lagi. Hadiah tambah besar. Peserta tambah banyak dan berkualitas. Saya pengen sekali ikut mencoba dalam turnamen Telkom Open yang sampai saat ini belum kesampaian ikut karena kesibukan kerja. Dari jauh saya merasakan betapa berat mencari poin di turnamen ini.

Teman-teman yang ingin melihat laporan lebih lengkap tentang turnamen Telkom Open IX 2007 bisa langsung mengakses situs resminya di alamat :
http://tunaspriangan.110mb.com.

Telkom Open X 2008 nanti pengen ikut nih...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.