CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Zappa : Engine Catur Tangguh Rival Berat Rybka

Sebelum munculnya engine Rybka, Zappa dianggap sebagai engine terkuat di dunia. Bulan Agustus 2005, Zappa menjuarai turnamen komputer catur XIII di Reykjavík, Islandia di atas Shredder dan Junior dengan skor 10.5 dari 11 babak. Beberapa kali Zappa menjuarai turnamen komputer catur termasuk CCT7 dan pernah mengalahkan Grandmaster Jan Ehlvest dengan skor 3-1.

Zappa dibuat oleh mahasiswa lulusan Universitas Illinois, Amerika Serikat yang bernama Anthony Cozzie. Zappa lebih ideal jika digunakan di komputer dengan multi prosesor dibandingkan dengan yang single prosesor.

Versi awal dari Zappa adalah gratis (meskipun bukan open source). Versi komersial Zappa pernah dipakai oleh Chessbase dengan title ZapChess!

Versi terbaru Zappa yaitu yang terkenal dengan Zappa Mexico dianggap merupakan engine terkuat kedua di dunia setelah Rybka. Bahkan dalam dwi tarung pada Kejuaraan Dunia Mexico (manusia) pada September 2007 Zappa di-matchkan dengan Rybka sebanyak 10 babak dengan skor 5.5-4.5 untuk kemenangan Zappa!, meskipun rating Zappa masih belum bisa mengungguli Rybka.

Teman-teman, sapa yang punya / pernah pake engine Zappa Mexico?

Situs resmi Zappa :
https://netfiles.uiuc.edu/acozzie2/www/zappa/

Situs Zappa Mexico :
http://www.shredderchess.com/news.html

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.