CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Nalimov Endgame Tablebases : Database Ending Yang Membuat Program Catur Bermain Sempurna Di Babak Akhir

Tak bisa dipungkiri bahwa software catur sekarang sudah sedemikian canggih dengan fitur-fitur yang sangat berguna bagi para pecatur. Salah satu fitur yang sangat berguna tersebut adalah : Endgame Tablebases. Fitur ini memungkinkan program catur bermain sempurna di babak akhir (ending) tanpa berpikir sama sekali. Jika fitur ini tidak diaktifkan program catur seperti Fritz atau Arena dalam Ending seperti biasa akan memanfaatkan ENGINE Catur untuk bermain. Dengan cara ini untuk menganalisa Ending yang akurat tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Fitur tersebut sangat berguna untuk memecahkan problem ending yang sangat sulit dengan akurasi yang sempurna (dengan jumlah buah yang terbatas). Contoh Ending: PUTIH : Raja+Menteri, HITAM : Raja+Gajah+Kuda+1 Bidak, PUTIH JALAN.





Kalo dipikir sendiri tanpa bantuan komputer tentu ending di atas akan sangat sulit dipecahkan. Sedan jika memanfaatkan engine juga tidak bisa menjamin akan dapat menemukan jawaban yang sempurna (juga waktunya sangat lama). Jawabannya adalah dengan memanfaatkan : ENDGAME TABLEBASES.

Dengan Ending Tablebases, program catur lebih memanfaatkan FILE DATABASE yang sudah tersimpan di harddisk untuk bermain ending daripada menggunakan engine. Sehingga proses membuat langkah menjadi jauh lebih cepat dan akurat (dengan kebenaran mutlak sampai 100%). Tapi kelemahan dari mengaktifkan fitur ini adalah kita harus menyediakan media simpan (harddisk) yang sangat besar. Semakin banyak jumlah buah di papan catur yang tersisa, semakin besar pula space harddisk yang dibutuhkan.

Endgame Tablebases ini digagas oleh programmer Rusia bernama Eugene Nalimov, yang pertama kali merintisnya di tahun 1998. Dan programmer yang juga karyawan perusahaan raksasa Microsoft ini mendapatkan penghargaan Chessbase Award untuk karyanya ini di tahun 2002. Sampai saat ini Endgame Tablebases (produk yang ada di pasaran) baru mampu menangani Babak Akhir dengan jumlah 6 buah yang tersisa di atas papan. Produk yang dimaksud adalah Convekta Endgame Tablebase DVD.

Dan sekarang ini dengan semakin majunya perkembangan mesin komputer dan harddisk komputer yang semakin besar (saat ini sudah ada harddisk 1000 GB di pasaran, kalo tidak salah merknya Hitachi dan ini masih akan bertambah lagi di masa depan) para ahli komputer catur sedang berusaha menangani 7 buah catur yang tersisa atau lebih. Jika ada 4 buah dalam ending dibutuhkan space harddisk 29.5 MB (60 file). Untuk menangani 5 buah catur tersis saja membutuhkan space harddisk sebesar 7 GB (terdiri dari 220 file). Sedang untuk 6 buah tersisa kita harus menyediakan 100 GB (12 keping DVD). Ck...ck...ck

Wah... nanti kalo sudah 32 buah yang tersisa yang bisa ditangani dengan sistem Tablebases ini, berarti komputer tidak bisa dikalahkan dan nasib engine catur akan tamat.

Lebih lengkap tentang Tablebase silakan akses :
http://en.wikipedia.org/wiki/Tablebase dan
http://www.horizonchess.com/FAQ/Winboard/egtb.html

Untuk mendownload Engame Tablebases bisa ke alamat :
http://www.uib.no/People/pfvaf/chesslib/Nalimov.htm

Proyek menangani Ending dengan 7 buah tersisa silakan ke alamat :
http://www.volny.cz/evcomp/tablebase.htm (bahasa Rusia) - bisa diterjemahkan deengan Google Translate (http://www.google.com/translate_t).

Selamat mengeksplorasi ENDING CATUR.
GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.