CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





TERNYATA OTAK PEMAIN CATUR BERBEDA STRUKTURNYA DENGAN ORANG KEBANYAKAN

Pemain catur telah lama membingungkan masyarakat terkait perhitungan gerakan dan langkah-lankgkah catur yang cepat dan intuitif. Kini ilmuwan Jepang berhasil mengungkapkan rahasia pecatur sukses. Berdasarkan pelacakan aliran darah ke otak untuk mendeteksi lonjakan aktivitas, ilmuwan menemukan bahwa ahli catur khas Jepang, Shogi, menggunakan dua sisi otak saat membuat gerakan kritis.

Tidak seperti pemain amatir yang menggunakan bagian otak precuneus dan lobus parietalis, pecatur profesional menggunakan nukleus caudate di pusat otak, ujar Keiji Tanaka dari RIKEN Brain Science Institute, Jepang.

"Pemain profesional berlatih dalam waktu yang lama, setidaknya 10 tahun, beberapa jam setiap hari. Pelatihan ekstensif ini menyebabkan terjadinya pergeseran aktivitas otak dari korteks serebral ke nukleus caudate," ujar Tanaka selaku pemimpin studi.

Ahli percaya inti caudate bertanggung jawab terhadap pergantian gerakan tubuh. "Nukleus caudate berkembang sangat baik pada primata, seorang ahli catur memanfaatkan seluruh bagian otak ini," ujar Tanaka. 

LEBIH LENGKAPNYA BACA di sumber beritnya... http://teknologi.inilah.com/read/detail/1170882/ilmuwan-temukan-rahasia-otak-ahli-catur

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.