CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

GIMANA CARA MERAIH GELAR MASTER TINGKAT TINGGI FM/IM/GM?

Pengen berpeluang raih gelar IM/GM/GM Super dan capai elo rating 2500-2700-an? - Sering-seringlah ikut Turnamen Catur di EROPA, RUSSIA, negara-negara ex-Soviet, Amerika! - Kalo berhasrat raih gelar FM/IM dan capai elo rating 2000-2400-an, cukup sering-sering ikut Turnamen Catur Open Internasional di ASIA dan AUSTRALIA! Mengapa begitu? Hal tersebut karena perolehan gelar berhubungan dengan raihan elo rating. Meskipun kita sering Juara tapi kalo di hanya di Indonesia yang tidak memperhitungkan ELO Rating Internasional, gak akan mungkin kita dapat gelar GM (Grandmaster). Perolehan angka rating dihitung dari hasil kemenangan atau draw dalam pertandingan. Menang tentu elo rating bertambah. Remis akan bertambah rating elonya jika lawannya cukup banyak elo ratingnya selisihnya dengan kita. Begitu seterusnya!

Jika kita sudah memiliki elo rating cukup tinggi, misalnya 2300-an atau 2400-an atau bahkan 2500-an maka sedikit sekali peluang kita menambah elo rating jika kita hanya ikut bertanding catur di Indonesia, ASEAN dan sekitarnya. Terkecuali turnamen tersebut memang diikuti oleh para peserta yang elo ratingnya tinggi seperti INDONESIA OPEN yang pernah digelar sebanayk 3x. Sayangnya Indonesia Open sudah tiada lagi. Entah apa sebabnya, dana atau apa saya gak tau.

Oleh karena itulah, cara paling efektif menaikkan elo rating dan gelar bagi pecatur yang elo ratingnya sudah tinggi di atas 2300-an adalah sering-sering mengikuti turnamen catur yang pesertanya banyak yang ber-elo rating tinggi, atau jika bisa kita berada di SEEDED BAWAH dalam turnamen tersebut. Hal ini mudah dicapai jika kita mengikuti turnamen catur OPEN Internasional di kawasan komunitas pecatur yang ber-elo tinggi, misalnya di EROPA, negara-negara Ex-Soviet, dan AMERIKA. Di kawasan ini sangat sering digelar turnamen catur yang mana peserta banyak yang elo ratingnya tinggi-tinggi. Hal ini berpeluang bagi kita untuk MENYEDOT elo rating mereka. Kalo di Indonesia atau ASEAN (Malaysia, Philliphine, Vietnam, dll) - ELO RATING siapa yang bisa kita sedot banyak?

Lain halnya jika kita sekarang belum punya elo rating lalu pengen ber-elo rating sekitar 2000 - 2300 dan meraih gelar FM. Ini cukup ikut bertanding catur di Indonesia (yang FIDE Rated) atau kawasan ASEAN (Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dll). Lawan-lawan turnamen catur di kawasan ASEAN tentu tidak seberat di kawasan EROPA, Russia dan Amerika. Turnamen Catur yang bisa diikuti misalnya Turnamen Catur MALAYSIA OPEN, BANGKOK OPEN, PENANG OPEN, dan sejenisnya.


BENAR bukan?

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.