CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

BELAJAR OPENING CATUR YANG ENAK DENGAN CARA COPY PASTE OPENING GRANDMASTER

SALAH SATU CARA/TIPS TERMUDAH, TERCEPAT MERAIH SUKSES ADALAH DENGAN CARA MENIRU KESUKSESAN YANG DIPERJUANGKAN DAN DIPEROLEH ORANG LAIN. Kalo bahasa orang komputer/IT dan anak-anak muda ini sering disebut dengan istilah KOPI-PASTA eh salah.... yg bener COPY-PASTE. Pertanyaan dialihkan menjadi: Bagaimana cara belajar opening yang paling efektif dan efisien, paling mudah, paling cepat untuk menguasai ilmu opening catur? Jawaban pertanyaan ini sesuai aliran kopi-pasta adalah: PILIHLAH SALAH SATU GRANDMASTER TOP DUNIA YANG KITA SUKAI, KEMUDIAN TIRULAH, COPY-PASTE-lah OPENING yg digunakannya (SELURUHNYA atau SEBAGIAN) ke opening KITA SENDIRI!! Gimana pendapat teman2 semuanya?

Tentunya kita sebaiknya memilih MODEL Grandmaster yang kita sukai, kita favoritkan permainannya. Yang mana kita nyaman memainkannya. Sesuai dengan jiwa dan karakter pribadi kita. Nah memilih yang pas ini yang tidak terlalu mudah. Para GM top dunia bermacam ragam STYLE permainannya. Ada yang kalem posisional. Namun ada juga yang sangat berani, tajam bahkan sangat liar penuh komplikasi. Dan banyak juga yang gabungan kedua Style ini. Untuk para yunior, sebaiknya mencoba bermain lebih berani UNTUK MENGASAH KALKULASINYA. Bagi pecatur yang sudah tua, sebaiknya pilih opening YANG KALEM dan TIDAK BANYAK RESIKO serta SEDIKIT KALKULASI, karena usia tua tentu MESIN OTAK juga sudah TIDAK KENCENG LAGI.

Mau niru OPENINGnya CARLSEN? Mengapa tidak? - Mau nyontoh openingnya ANAND? Siapa yang melarang? - Pengen cobak kopi-pasta mainnya GM Caruana? Boleh saja! Dan lain-lainnya. Yang penting KALO PENGEN GAMPANG pilih salah satu saja. TIRU DENGAN KONSISTEN. Ini kunci suksesnya! TIRU dengan SEDALAM-DALAMNYA. Kalo cumak kulitnya doang, ya percuma. Nanti bakalan kesulitan di middle dan endingnya. Langkah awal meniru opening Grandmaster adalah dengan MENGUMPULKAN PARTAI-PARTAI dari Grandmaster yang ingin kita MAKMUMI tersebut. Gamenya bisa didapat gratis di internet, misalnya di situs www.chessgames.com.

Setelah didownload lalu dilihat, apa opening yang dipake oleh Grandmaster tersebut. Kita coba mainkan, pelajari, lihat semua games dari GM ini. Kita hapalkan dan tiru ke permainan kita. Tapi meniru jangan asal meniru. Harus juga mengerti dan paham tentang SELUK-SELUK opening yang dimainkan ini. Benar Tidak?

0 komentar:

Poskan Komentar

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.