CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





WAWANCARA JUARA DUNIA CATUR 2013 MAGNUS CARLSEN - AGAR TAU RAHASIA SUKSESNYA

Kata orang-orang arif bijaksana, cara mudah meraih sukses adalah dengan cara MENIRU ORANG LAIN YANG SUKSES YANG BIDANGNYA SAMA DENGAN KITA, atau bidang yang kita ingini. Sebagai insan catur, tentu kita bisa memilih TOKOH CATUR sukses yang pantas ditiru. Dari sekian tokoh catur dunia, tidak heran jika banyak yang terkesima dan salut alias ngefans dengan pecatur muda asal NORWEGIA GM MAGNUS CARLSEN yang sangat sukses karir caturnya dan saat ini merupakan pecatur terkuat di dunia (Rank 1 Dunia) sekaligus juga JUARA DUNIA CATUR. Bagaimana cara menelisik dan mengetahui rahasia sukses dari CARLSEN? Cara termudah adalah dengan MENYIMAK WAWANCARA yang dilakukan media-media baik di internet (di luar negeri) yang pernah mewawancarai CARLSEN. Dalam kesempatan ini, saya akan coba TERJEMAHKAN ke bahasa Indonesia (dibantu mbah Google Translate), salah satu WAWANCARA CARLSEN terbaru yang ada di internet oleh Televisi di Norwegia VG-TV. Simak ya wawancara yang sangat luar biasa ini...


 1. The good self-confidence (Kepercayaan diri yang tinggi)

VG-TV:Do you fear that is the case? – Carlsen: Well, no. But it is good to have self-confidence in your professional career. In other aspects of life it is appropriate to tone it down. Just being myself has served me pretty well. There are times when I might be in a bad mood or tired, when it is inappropriate to speak my mind. But mostly I just try to be myself.

VG-TV:Apakah anda punya rasa takut tentang sesuatu hal? - Carlsen: Kayaknya tidak. Tapi memang sangat perlu memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam karir catur seseorang. Di aspek lain dalam kehidupan memang ini naik turun. Menjadi diri sendiri membuat saya merasa nyaman. Ada saat ketika saya lagi galau atau perasaan gak enak atau lelah, tidak bisa dipaksakan untuk memaksa berpikir. Pada umumnya saya hanya mencoba menjadi diri sendiri saja.

2. Obsessions and superstitions (Obsesi dan takhayul)

Do you have any compulsions, things you have to do? - Not too many. I played poorly in the first couple of games: I was given a new pen, and everything went a lot better. – 

Apakah Anda memiliki dorongan (petunjuk 'ghaib'), hal-hal yang harus anda lakukan? - Tidak terlalu banyak. Saya bermain buruk dalam beberapa pertandingan pertama: Aku diberi 'senjata' baru, dan semuanya berjalan jauh lebih baik.

Do you really think that mattered? – No, but it gave me a good feeling. I was asked to sign a book about the Tal vs Botvinnik World Championship match in 1960. Tal was the winner and was 23 years old at the time. He lost the rematch and never won another title. I had to gently refuse the person who asked me to sign the book. I couldn't do it... I'm probably a bit superstitious in that regard.

Apakah anda benar-benar berpikir bahwa (itu) penting? - Tidak, tapi itu memberi saya perasaan yang baik. Saya diminta untuk menandatangani buku tentang Tal vs pertandingan Kejuaraan Dunia Botvinnik pada tahun 1960. Tal adalah pemenang dan berusia 23 tahun pada saat itu. Dia kehilangan pertandingan ulang dan tidak pernah memenangkan gelar lain. Aku dengan lembut menolak orang yang meminta saya untuk menandatangani buku. Aku tidak bisa melakukannya ... Aku mungkin sedikit takhayul dalam hal itu.

3. Still Donald Duck fan (Masih ngefans dengan Donal Bebek)

I read a few Donald Duck stories. I took one of the old classics along. – You unwind with Donald Duck??
Do you know many 23-year-olds who are fascinated by Donald Duck?I know people a lot older who still read it. I'm not mentioning any names, though. 

Saya membaca beberapa cerita Donal Bebek. Aku mengambil salah satu cerita klasik lama - Anda bersantai dengan Donald Bebek? Apakah anda tahu banyak orang berusia 23 tahun yang terpesona oleh Donald Bebek? - Saya tahu orang-orang jauh lebih tua yang masih membacanya. Meskipun saya tidak menyebutkan nama apapun.

4. The secret behind blindfold chess (Rahasia bermain catur buta)

You are able to play against 30 people, even blindfolded, and still beat them? That means you're keeping track of 960 pieces and 1,920 squares. What happens in your head when you do that? – It's often useful to see the faces of my opponents beforehand. I arrange them by numbers and know their seating order. I can associate the numbers to faces and the faces to boards. I really only have to keep track of one board at a time. Sometimes I have to dig deep, mentally, to remember the next board.

I wish I possessed that skill, actually. If I could anticipate everything people would do, I would be unstoppable at everything. Alas, I am not able to do it, not even in other sports, like football.

Anda dapat bermain melawan 30 orang, bahkan dengan mata tertutup, dan masih mengalahkan mereka? Itu berarti anda melacak/mengetahui 960 buah catur dan 1.920 petak. Apa yang terjadi di kepala Anda ketika Anda melakukan itu? - Ini sering berguna untuk melihat wajah lawan yang akan saya hadapi sebelum bertanding. Aku mengatur mereka dengan angka (baca: meng-indeks) dan mengetahui urutan tempat duduk mereka. Saya dapat mengaitkan angka untuk wajah dan wajah untuk papan. Aku benar-benar hanya perlu melacak satu papan pada suatu waktu. Kadang-kadang saya harus menggali lebih dalam, secara mental visual, mengingat papan berikutnya.

Saya berharap saya memiliki keterampilan itu, sebenarnya. Jika aku bisa mengantisipasi semua orang akan melakukannya, saya akan tak terbendung dalam segala hal. Sayangnya, saya tidak mampu melakukannya, bahkan di olahraga lain, seperti sepak bola.

5. Magnus the mystery (Misteri Magnus)

How did you become so good? – I wish I had a good answer to that, but I really don't. But it is fun, too, that nobody really knows why. I now realise that I play better chess than anyone else, that I understand chess better. Other people agree with that. But it's difficult to say why it has turned out like that. How does it fell like to be an enigma? It feels absolutely fine...

Bagaimana Anda bisa menjadi begitu baik (dalam bermain catur)? - Aku berharap aku punya jawaban yang baik untuk itu, tapi aku benar-benar tidak mengetahui (jawabannya). Tapi menyenangkan juga, bahwa tidak ada yang benar-benar tahu mengapa. Sekarang saya menyadari bahwa saya bermain catur lebih baik dari orang lain, bahwa saya mengerti catur dengan lebih baik. Orang lain setuju dengan hal ini. Tetapi sulit untuk mengatakan mengapa hal tersebut bisa menjadi seperti itu. Bagaimana koq seperti menjadi sebuah teka-teki? Rasanya benar-benar baik-baik saja.

6. Has nightmares about chess (Mimpi buruk tentang catur)

Do you have chess nightmares? – Yes, sometimes I'm prevented from getting to a game for strange reasons, or I lose to opponents I'm not supposed to lose to. Lately I've played a host of poor tournaments, but they all occurred in my dreams.

Apakah anda memiliki mimpi buruk catur? - Ya, kadang-kadang aku kesulitan mendapatkan permainan yang baik karena alasan yang aneh, atau aku kalah lawan seseorang yang tidak seharusnya aku kalah. Akhir-akhir ini saya telah memainkan sejumlah turnamen lemah, tetapi mereka semua terjadi dalam mimpi saya.

7. Thoughts on the future (Berpikir ke depan)

How long do you plan to carry on? – As long as I retain my motivation and feel I have stuff to learn. Simen (Agdestein) said that chess really isn't about being the best, but about being the least poor player. Sometimes I feel that even I am miles away, I'm still far away from truly understanding chess. There is still so much for me to learn, there's a lot I don't understand. I am under no illusions. I won't ever play a perfect game. The question is if I can apply my knowledge and develop as a player. Looking at the games I played a couple of years ago, I knew ridiculously little – and I already ranked first in the world at that point. There is great scope for improvement, and that gives me motivation. Whether it is still there when I am 30, 35 or 40 years old, I really can's say.

Berapa lama Anda berencana untuk melakukan? - Selama aku mempertahankan motivasi saya dan merasa saya memiliki hal-hal untuk belajar. Simen (Agdestein) mengatakan bahwa catur benar-benar bukan tentang menjadi yang terbaik, tapi tentang menjadi pemain lemah. Kadang-kadang saya merasa bahwa bahkan saya telah pergi bermil-mil jauhnya, tapi aku masih merasa jauh dari benar-benar memahami catur. Masih ada begitu banyak bagi saya untuk belajar, ada banyak yang saya tidak mengerti. Saya di bawah ilusi. Aku tidak akan pernah memainkan permainan yang sempurna. Pertanyaannya adalah apakah saya bisa menerapkan pengetahuan dan berkembang sebagai pemain. Melihat permainan saya bermain beberapa tahun yang lalu, aku tahu memaikannya dengan konyol - dan saya sudah peringkat pertama di dunia pada saat itu. Ada lingkup yang besar untuk perbaikan, dan itu memberi saya motivasi. Apakah itu masih ada ketika saya berusia 30, 35 atau 40 tahun, saya benar-benar tidak bisa mengatakannya.

8. Wants to copy Bobby Fischer (Ingin meniru Bobby Fischer)

Which chess player, historically, could have beaten you at this point? – Kasparov: at his peak he was an amazingly good player. As a young man he probably wasn't quite that good, but he was incredibly dynamic. He was creative, and he had incredible self confidence. I think he could have given me serious problems.
I also belive that Fischer, when he was at his peak, had a lot in common with where I am now. He was extremely precise at his game, and utterly relentless. He was a true champion, in terms of making difficult things come across as very easy. And he won a lot of games by sheer force of willpower. I often do that too. ... but by way of chess there are a lot of similarities.

Pecatur yang mana, secara historis, bisa mengalahkan Anda pada saat ini? - Kasparov: pada puncaknya dia adalah pemain yang luar biasa baik. Sebagai seorang pemuda ia mungkin tidak cukup baik, tapi dia sangat dinamis. Dia kreatif, dan dia memiliki kepercayaan diri yang luar biasa. Saya pikir dia bisa memberi saya masalah serius. Saya juga percaya bahwa Fischer, ketika ia berada di puncaknya, memiliki banyak kesamaan dengan keberadaan saya sekarang. Dia sangat tepat pada permainannya, dan benar-benar tak kenal lelah. Dia adalah seorang juara sejati, dalam hal membuat hal-hal sulit menemukan sebagai sangat mudah dan sederhana baginya. Dan dia memenangkan banyak pertandingan dengan kekuatan semata kemauan. Saya sering melakukannya juga. ... tapi dengan cara catur yang ada banyak kesamaan.

9. About the rumors (Rumor tentang Carlsen Autis)

Many years ago someone actually asked me if I suffered from autism. I thought the question was stupid, so I replied "well, isn't that obvious?" That was silly – I'm obviously not suffering from autism. Later I realised that not everyone shares that view, and I probably shouldn't have made that thoughtless remark. I feel I'm miles away from anyone with autism. I consider myself to have norma social skills and to be functioning normally.

Beberapa tahun yang lalu seseorang benar-benar bertanya apakah saya menderita autisme. Saya pikir pertanyaan itu bodoh, jadi saya menjawab "baik, bukankah itu jelas?" Itu konyol - Aku jelas tidak menderita autisme. Kemudian saya menyadari bahwa tidak semua orang berbagi pandangan itu, dan aku mungkin tidak seharusnya membuat pernyataan tentang pendapat itu. Aku merasa jauh dari orang autis. Saya menganggap diri saya memiliki keterampilan sosial norma dan berfungsi normal.

10. Does not want an IQ test

Another word associated with you on Google is "girlfriend". – There's really not much to say on that. – But you'r clearly a major celebrity now. If you are out in town, the ladies flock around you. – Yes, and I enjoy the attention. Can you pull more ladies by telling them you's the chess world champion? Yes, but I don't know whether being a world champion in chess, but being a celebrity certainly helps. The way it is, with my focus on the game and travelling a lot, it's probably for the best not to have too many commitments at home.

Kata lain yang berhubungan dengan Anda di Google adalah "pacar". - Benar-benar tidak banyak untuk bercerita hal itu. - Tapi anda jelas selebriti utama sekarang. Jika Anda berada di luar di kota, para wanita berbondong-bondong di sekitar Anda. - Ya, dan aku menikmati perhatian. Dapatkah Anda menarik wanita lebih dengan mengatakan kepada mereka bahwa Anda adalah juara dunia catur? Ya, tapi saya tidak tahu apakah menjadi juara dunia catur, tapi menjadi seorang selebriti pasti membantu. Cara itu, dengan fokus saya pada permainan dan sering bepergian, mungkin yang terbaik untuk tidak memiliki terlalu banyak komitmen di rumah.

Tell me about your mindset when it comes to losing. – I don't enjoy losing, particularly not at chess. I don't consider losing to be a natural part of my game. If I do lose, something must have failed.
I always believe that I'm the best, and as long as I'm at the top of my game I'm not going to lose. For that reason it's difficult to accept defeats when they do occur.

Ceritakan tentang pola pikir Anda ketika datang dan kalah. - Aku tidak menikmati kekalahan, terutama tidak pada catur. Saya tidak menganggap kehilangan menjadi bagian alami dari permainan saya. Jika saya kalah, ada sesuatu yang telah gagal/bermasalah. Saya selalu percaya bahwa aku yang terbaik, dan selama aku di puncak permainan saya, saya tidak akan mudah dikalahkan. Untuk alasan bahwa itu sulit untuk menerima kekalahan ketika itu terjadi.

What kind of things make you cry? When's the last time you cried?
I can't remember. It's a long time ago. But it was close in London. I have to confess that after the 11th round... I was too exhausted to really react emotionally. Also I was probably more angry than sad. It's possible to cry in frustration too, of course.

Apa jenis hal yang membuat Anda menangis? Kapan terakhir kali Anda menangis?
Saya tidak ingat. Ini adalah waktu yang lama. Tapi itu dekat di London. Saya harus mengakui bahwa setelah ronde ke-11 ... Aku terlalu lelah untuk benar-benar bereaksi secara emosional. Juga saya mungkin lebih marah daripada sedih. Ini mungkin untuk menangis frustrasi juga, tentu saja.

During your photo shoot for G-Star, alongside super models like Liv Tyler, and others, many men I know would make the most of it and build friendships, or at least acquaintances. Do you text Liv Tyler a lot? – No, I don't. But I know that Espen has received messages on my behalf, congratulating me on the title and so forth.

Selama pemotretan untuk G-Star, bersama super model seperti Liv Tyler, dan lain-lain, banyak pria yang saya tahu akan membuat langkah besar dari itu dan membangun persahabatan, atau setidaknya kenalan. Apakah Anda banyak mencoba mendekati Liv Tyler? - Tidak, aku tidak. Tapi aku tahu bahwa Espen telah menerima pesan atas nama saya, saya mengucapkan selamat pada gelar juara dan sebagainya.

How do you keep your composure alongside these models? – When I did the G-Star shoots my primary concern was to do a proper job for them, to be professional. But I remember the second campaign where Gemma Arterton modelled. It was the first time I met her, and I thought I wanted to make a good impression. She came in to say hello while they were doing my hair and make-up. I was unable to say a single word. That was a bit embarrassing. At least it's important not to look like a complete dummy. But you did? Yes. It wasn't far off, anyway.

Bagaimana Anda menjaga ketenangan Anda bersama model ini? - Ketika saya melakukan G-Star  perhatian utama saya adalah untuk melakukan pekerjaan yang layak bagi mereka, untuk menjadi profesional. Tapi aku ingat sesi kedua di mana ada model Gemma Arterton. Ini adalah pertama kalinya aku bertemu dengannya, dan saya pikir saya ingin membuat kesan yang baik. Dia datang untuk menyapa ketika mereka sedang melakukan perbaikan rambut dan make-up. Aku tidak mampu untuk mengucapkan satu kata pun. Itu memang agak memalukan. Setidaknya itu penting untuk tidak terlihat seperti boneka hidup. Tapi Anda lakukan? Ya. toh itu tidak terlalu.

When you were 12 or 13 you said in an interview...
... since there was more money to be made in football. Do you still believe that? РNo. The good thing about chess, as opposed to football, is that I'm completely accountable for all my actions. In football you're always part of a team. And there's money to be made in chess as well? Oh yes, I have no complaints about that whatsoever. It's a clich̩ not to be concerned with the money. Nonetheless it's true to say that I've made more than enough to permit me to live off it. What do you plan to use all the millions on? I might invest in real estate, or my family and such. But for the time being it's resting in my bank account.

Ketika anda masih berusia 12 atau 13 tahun anda mengatakan dalam sebuah wawancara ...
... karena ada lebih banyak uang yang akan dibuat dalam sepak bola. Apakah Anda masih percaya hal itu? - Tidak. Hal yang baik soal catur, dibandingkan sepak bola, adalah bahwa aku benar-benar bertanggung jawab atas semua tindakan saya. Dalam sepak bola Anda selalu menjadi bagian dari tim. Dan ada uang yang akan dibuat dalam catur juga? Oh iya, saya tidak memiliki keluhan tentang apa pun itu. Ini adalah klise untuk tidak peduli dengan uang. Meskipun demikian itu benar untuk mengatakan bahwa saya telah membuat lebih dari cukup untuk mengizinkan saya untuk hidup dari itu. Apa yang Anda rencanakan untuk menggunakan semua uang anda? Aku mungkin berinvestasi dalam real estate, atau keluarga saya dan semacamnya. Tapi untuk saat ini itu masih nganggur di rekening bank saya.

Magnus Carlsen, thanks for the chat. – Likewise.

Magnus Carlsen, terima kasih untuk chatting. - Sama-sama.

Sumbernya:
http://en.chessbase.com/post/vg-interview-with-magnus-carlsen

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.