CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

KEINDAHAN CATUR YANG BISA DINIKMATI DALAM PROBLEM CATUR

CATUR itu adalah olahraga. Memang bukan olahraga biasa saja yang mengadu kekuatan dan ketangkasan fisik, tapi OLAHRAGA OTAK. Jadi kekuatan otak yang diadu. Kalo hanya mengadu otak saja mungkin belum layak dijadikan olahraga. Cerdas cermat di sekolah-sekolah juga mengadu kepintaran otak. Catur juga mengadu kekuatan mental, kompetisi, dan lain-lainya. Perdebatan catur termasuk olahraga telah dilakukan sampai ratusan tahun dan para ahli sepakat bahwa catur memang olahraga, lengkapnya OLAHRAGA OTAK. Selain olahraga yang dipertandingkan sampai tingkat dunia, catur juga science melihat begitu banyak penelitian, buku-buku, teori-teori yang berkembang seputar catur. Dan catur nyatanya juga SENI, seni tentu mengandung suatu keindahan. Keindahan bentuk, keindahan geometri letak-letak buah catur, dan hal-hal tak terduga yang bisa terjadi dalam permainan catur. Salah satu seni catur tampak sekali dalam apa yang dinamakan sebagai PROBLEM CATUR. Problem catur selalu mengandung keindahan yang terkadang sekilas muskil alias tidak mungkin dipecahkan tapi nyatanya memang ada jawabnya. Dan biasanya jawabnya selalu saja INDAH tak terduga pikiran kita. Dalam kesempatan ini, saya akan sharing tentang keindahan catur yang terkandung dalam problem catur.

Problem di bawah ini sekilas saja sepertinya PUTIH tidak kan bisa menang. Karena mana mungkin Raja+Menteri bisa menang lawan buah hitam lawan yang masih utuh 32 biji? Tapi nyatanya ini memang PUTIH JALAN dan MENANG. Pion Hitam jalan ke bawah.


















Problem kedua ini juga tidak kalah indahnya. Hanya berbekal Raja+Gajah bisa menang melawan banyak sekali buah catur lawan. PUTIH JALAN MENANG. Pion Hitam menuju ke bawah.


















Kalo problem yang satu ini, Raja+1 Kuda bisa menang lawan Raja dengan banyak sekali bidak.  Seolah-olah gak mungkin Putih bisa menang. Tapi nyatanya memang Putih menang.
PUTIH JALAN MENANG, Pion Hitam menuju ke bawah.


















Gimana, teman-teman semua. Apa bisa menyelesaikan problem catur di atas?

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.