CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Heboh! Rybka Didiskualifikasi Dan Dicopot Gelarnya Sebagai Juara Dunia Catur Komputer

Asosiasi Game Komputer Internasional (ICGA) telah mendiskualifikasi dan mencopot gelar dari Rybka dan programmernya Vasik Rajlich dari Kejuaraan Dunia Catur Komputer sebelumnya dan melarang ikut pada kejuaraan serupa di masa depan. Para pengurus ICGA menuduh Rajlich menjiplak (mengkloning) dari 2 engine catur lainnya yaitu gabungan dari engine Crafty dan Fruit yang memang sebelumnya bersifat OPEN SOURCE (tersedia kode programnya) dan mengakui Rybka murni buatannya sendiri, dan menuntut pihak pengembang Rybka mengembalikan piala dan hadiah uang dari Kejuaraan Dunia Catur Komputer pada tahun 2007, 2008, 2009 dan 2010.

Memang untuk waktu cukup lama telah ada beberapa kekacauan serius dalam dunia catur komputer. Ketika kami melaporkan tentang pertandingan Houdini-Rybka pada Februari tahun ini (2011), berita ini banyak menimbulkan komentar tentang masalah kloning. Apakah Houdini berasal dari seri engine Ippolit? Apakah menjiplak dari Rybka? Dan bagaimana dengan Rybka, apakah itu sebagian besar juga didasarkan pada kode mesin lain (mengkloning)?

Sembilan hari kemudian kami menerbitkan sebuah artikel oleh IM David Levy, Presiden Internasional Association Game Komputer (ICGA), yang berbagi pengalaman dan ide tentang bagaimana untuk menangani masalah itu. Beberapa hari kemudian ia mengumumkan pembentukan Clone ICGA dan Panel Investigasi Derivatif yang bertugas memeriksa engine-engine catur ternama apakah bebas dari kloning (termasuk Rybka).

Tidak lama setelah itu, pada 1 Maret, kami menerima sebuah surat terbuka tentang kasus-Fruit Rybka ditandatangani oleh empat belas programmer catur. Mereka semua mendukung klaim bahwa Rybka adalah kloning/modifikasi dari engine Fruit buatan dari programmer Fabien Letouzey itu.

Dalam beberapa bulan terakhir semua tuduhan telah serius dipelajari oleh International Game Komputer Association (ICGA). Pada Selasa malam kami menerima teks berikut dari Presiden ICGA sendiri.

Rybka Telah Resmi Di-Banned dari Kejuaraan Catur Dunia Komputer

Internasional Asosiasi Game Komputer (ICGA) telah melakukan penyelidikan atas dugaan bahwa, dalam program catur Rybka, programmer Vasik Rajlich menjiplak dua program yang lain: Crafty dan Fruit. ICGA telah mempertimbangkan dan mengevaluasi bukti yang diajukan ke panel penyelidikan dan laporan yang disiapkan oleh panel Sekretariat. (File Laporan dan bukti terlampir) Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para anggota panel yang memberikan kontribusi terhadap penyelidikan dan Sekretariat untuk sejumlah besar pekerjaan penelitian mereka telah melaporkannya secara detial untuk hal ini.

Dengan keputusan bulat 5-0 anggota eksekutif ICGA kita menemukan diri kita dalam perjanjian dengan vonis laporan Sekretariat. Kami yakin bahwa bukti terhadap Vasik Rajlich adalah sudah sangat lengkap dan tidak ada yang perlu diragukan lagi. Vasik Rajlich bersalah karena menjiplak program Crafty dan Fruit, dan telah melanggar aturan turnamen ICGA sehubungan dengan Kejuaraan Dunia Catur Komputer di tahun 2006, 2007, 2008, 2009 dan 2010. Secara khusus, Vasik Rajlich, semaunya sebanyak lima kali, melanggar Peraturan Turnamen 2 yang mengharuskan bahwa:

Setiap program harus karya asli dari pengembang/programmer. Pemrograman kode berasal dari atau termasuk permainan-bermain kode yang ditulis oleh orang lain harus menampilkan nama semua penulis lain, atau sumber kode tersebut, dalam rincian pengajuan mereka. Program yang ditemukan turunan engine lainnya (misalnya, dengan memainkan/modifikasi kode), dapat dinyatakan tidak valid oleh Direktur Turnamen, setelah meminta saran ahli. Untuk tujuan ini daftar semua kode permainan terkait berjalan pada sistem harus tersedia pada permintaan kepada Direktur Turnamen.

Dengan mengklaim pekerjaan programmer lain sebagai miliknya, dan gagal untuk mematuhi aturan tersebut di atas, Vasik Rajlich telah tidak adil diberikan gelar juara bersama 2-3 (pada 2006) dan empat gelar Kejuaraan Dunia Catur Komputer (pada tahun 2007, 2008, 2009 dan 2010). Selain itu, tampaknya ke ICGA Vasik Rajlich jelas tahu bahwa ia salah dalam melakukannya, karena ia telah berulang kali membantah menjiplak pekerjaan programmer lain.

Para pengurus ICGA menganggap Vasik Rajlich telah melanggar aturan tersebut di atas sebagai pelanggaran paling serius dari programmer catur. Selama penyelidikan dan pada presentasi Sekretariat laporan Vasik Rajlich tidak menawarkan, meskipun undangan berulang kali dari ICGA untuk melakukannya, apapun pertahanan ke tuduhan, atau bukti, atau laporan Sekretariat, selain untuk mengklaim dalam sebuah e-mail ke diri sendiri pada 13 Mei 2011 bahwa:

Rybka telah tidak "termasuk modifikasi kode engine catur yang ditulis oleh orang lain", selain dari pengecualian standar yang tidak akan dihitung sebagai 'permainan-bermain'.

Ungkapan samar "berasal dari game-bermain kode yang ditulis oleh orang lain" juga tidak dalam pandangan saya berlaku untuk Rybka.

ICGA adalah pandangan bahwa seperti pelanggaran serius layak untuk bertemu dengan sanksi Sejalan serius terhadap pelaku. Dalam memutuskan sanksi yang tepat ICGA telah diingat pendekatan dari Komite Olimpiade Internasional untuk berurusan dengan kasus yang paling serius dari pelanggaran aturan.

ICGA Oleh karena itu telah memutuskan sebagai berikut:

Vasik Rajlich Dengan ini didiskualifikasi dari Kejuaraan Dunia Catur Komputer (WCCC) tahun 2006, 2007 2008, 2009 dan 2010.

Tempat 2-3 diberikan kepada program yang disebut "Rajlich" pada tahun 2006 WCCC dengan ini dibatalkan, 2nd place satunya diberikan kepada Shredder program, dan tempat ke-3 di acara yang diberikan kepada Zappa program.

Gelar Juara Dunia Catur Komputer diberikan kepada Rybka program dalam WCCCs 2007, 2008, 2009 dan 2010 dengan ini dibatalkan, dan semua program lain yang berkompetisi dalam event-event yang naik di klasemen turnamen final oleh satu tempat. Jadi klasemen turnamen direvisi dan judul untuk peristiwa-peristiwa sekarang akan sebagai berikut.

2007

1 Zappa (Juara Dunia)
2 Putaran
= 3 GridChess
= 3 Shredder

2008

1 Hiarcs (Juara Dunia)
2 SMP
3 Cluster Toga

2009

= 1 SMP (Juara Dunia Bersama)
= 1 Shredder (Juara Dunia Bersama)
= 1 Sjeng Jauh (Juara Dunia Bersama)

2010

= 1 Rondo (Bersama Juara Dunia)
= 1 Thinker (Juara Dunia Bersama)
3 Shredder

Pada waktunya programmer yang mana programnya/enginenya telah diangkat ke Juara Dunia (atau Juara Dunia bersama) status akan menerima dari replika dari trofi ICGA Shannon untuk tahun yang sesuai. Plak pada piala Shannon yang saat ini menanggung Rybka nama (untuk 2007-2010 tahun) akan dihapus dari piala dan plakat baru akan terukir dengan nama-nama pemenang revisi judul.

Demikian pula, judul Speed - Dunia Komputer (Blitz) Juara Catur yang diberikan kepada Rybka pada tahun 2009 dan 2010 dengan ini dibatalkan. Para pemenang revisi judul catur kecepatan untuk tahun-tahun karena itu:

2009 Shredder

2010 Jonny dan Shredder (juara bersama)
Vasik Rajlich dilarang untuk hidup dari bersaing di Kejuaraan Dunia Catur Komputer atau acara lainnya yang diselenggarakan oleh atau disetujui oleh ICGA tersebut.

Para ICGA menuntut bahwa Vasik kembali Rajlich ke ICGA empat replika Trophy Shannon disajikan pada Kejuaraan Dunia Komputer Catur pada 2007, 2008 2009 dan 2010, dan kembali ke ICGA semua hadiah uang diberikan untuk pertunjukan Rybka dalam peristiwa tersebut.

David Levy [Presiden - ICGA]
28 Juni 2011

Mr Levy juga mengirimkan sejumlah besar dokumen yang menurut bentuk ICGA bukti untuk klaim bahwa Rybka adalah menjiplak dari Crafty dan Fruit. Dokumen-dokumen ini dapat didownload di bawah ini untuk siapa saja yang ingin menyelam lebih jauh ke dalam bahan.

Berita itu jelas merupakan pukulan besar bagi tim Rybka. Dampak di dunia catur komputer harus sebanding dengan dibilang contoh yang paling terkenal dari doping dalam atletik: pengujian obat positif dari pelari Kanada Ben Johnson pada tahun 1988. Kami sudah meminta Vasik Rajlich untuk komentar dan berharap untuk membela diri nanti.

Dikutip dan diterjemahkan dengan bantuan Google Translate + BAHASANYA DIPERHALUS sedikit oleh penulis dari situs aslinya di alamat:
http://www.chessvibes.com/reports/rybka-disqualified-and-banned-from-world-computer-chess-championships/#more-39974

Sebenarnya komputer catur (engine catur) ini hanyalah ALAT BANTU bagi para pecatur UNTUK BELAJAR CATUR dan MEMAJUKAN CATUR MEREKA. Soal kecurangan & segala mafia di dunia komputer catur, tentu para pecatur banyak yang tidak ambil pusing. Bagi mereka para pecatur, FUNGSI DARI ENGINE CATUR adalah MAMPU MENEMUKAN LANGKAH TERBAIK dalam waktu yang secepat mungkin dengan AKURASI LANGKAH YANG SETINGGI MUNGKIN!

Bagaimana menurut pendapat anda?

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.