CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Tip Dan Trik Mempercepat Start Catur Online Di Chesscube.com Pada Browser

Sparring Catur tentu sudah merupakan kebutuhan wajib bagi para pelajar catur yang tidak bisa ditawar-tawar lagi agar mendapatkan kemajuan catur dan naik level caturnya. Sparring catur bisa tanpa komputer di warung catur, sekolah catur, di rumah teman, dan lain-lain. Jika tidak banyak waktu yang ada untuk sparring catur di luar rumah, yang paling enak ya sparring catur dengan komputer. Sparring catur dengan komputer bisa offline (tanpa internet) atau online (via internet). Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Sparring Catur Offline enaknya ya tentu kita tidak usah perlu biaya internet. Sedang tidak enaknya karena yang dilawan mesin bukan orang sungguhan, secara psikologis terasa hambar. Sparring catur online kelebihannya adalah bisa bermain catur dengan orang sungguhan (meskipun tidak bertatap muka secara fisik) dan bisa ikut turnamen catur online yang hadiahnya uang (maya). Kekurangan catur online adalah tentunya butuh biaya koneksi internet dan biasanya jarang yang catur klasik, kebanyakan catur cepat/kilat. Catur online ada banyak di internet, misalnya ada playchess.com (chessbase), FICS (freechess.org), ICS (chessclub.com), dan belakangan yang sedang trend dan tenar yaitu chesscube.com. Dalam posting ini hari, kita akan sharingkan Tip Mempercepat Start Catur Online di Chesscube.com.

Aplikasi web berupa permainan catur online yang beralamat di www.chesscube.com ini sangat banyak sekali peminatnya. Dengan banyak fitur menarik di situs yang servernya berada di Afrika Selatan ini, tentu menyedot banyak pengguna internet yang hobi main catur baik main-main ataupun yang serius untuk menggunakan jasa layanan di website ini. Fitur yang menarik di antaranya tampilan grafisnya yang sangat baik dibandingkan para pesaingnya. Kemudian fasilitas chatting, turnamen catur online dan yang terbaru (yang menurut saya sangat menguntungkan kita) adalah kita bisa mendapatkan uang sungguhan (uang maya) yang berupa uang Paypal (bisa ditransfer dari uang CROWN di chesscube) yang bisa digunakan untuk belanja online di merchant-merchant yg menerima uang paypal di internet yang jumlahnya ratusan ribu website.

Tapi dibalik kelebihan-kelebihan chesscube ada 1 kelemahan yang lumayan mengganggu bagi sebagian pengguna (utamanya yang koneksi internetnya bukan BROADBAND). Yaitu proses untuk membukanya website utamanya yang sangat lambat. Hal ini wajar saja karena untuk meloading chesscube sampai 100%, browser harus mendownload datanya sebesar lebih dari 2 MB dahulu, SETIAP KALI MAU MAIN. Maklum saja karena Chesscube dibuat dengan teknologi animasi dari Macromedia yaitu Flash. Ini tentu sangat merugikan kita. Sebenarnya kelemahan ini akan bisa hilang jika chesscube membuka portnya server catur onlinenya dengan adanya software client macam layanan catur online di playchess.com, FICS, ICS, dll... Sayangnya chesscube tidak menyediakannya alias menutup port servernya. Sehingga mau nggak mau kita musti mengakses chesscube via BROWSER.

Mengingat banyaknya pengguna internet yang memakai chesscube, maka dalam kesempatan kita kali ini, akan disharing untuk mengatasi MASALAH KELAMBATAN KONEKSI INI. Jika kita menggunakan akses internet menggunakan saluran mobile lama seperti dari GPRS atau CDMA apalagi kalo sinyalnya tidak penuh, kita biasanya akan kesulitan masuk ke chesscube ini, bahkan tidak bisa sama sekali. Ada yang macet sampai 35%, kadang macet di 68% dan seterusnya. Tapi jika koneksi mobilenya pake yang 3G atau HSDPA dan CDMA pake yg EVDO, biasanya bisa masuk ke chesscube dg cukup lancar. Tapi biasanya koneksi internet dg teknologi baru ini adanya hanya di kota-kota besar belaka. Setelah kita lakukan utak-utek di sana-sini, browser akan masuk ke chesscube dengan sangat cepat (dari 0% langsung ke 100%), nggak pake jalan ke 5%, 10% dulu. Nggak penting... (^_^).

Gimana caranya? Sabar saudara...

Agar browser tidak selalu mendownload data tampilan grafis catur (User Interfacenya), kita akali dengan memanfaatkan teknologi dari browser. Teknologi yang saya maksud adalah cache disk pada browser (untuk offline storage). Kegunaan dari fitur ini adalah untuk mempercepat tampilnya halaman web YANG SEBELUMNYA PERNAH DIAKSES! Hampir setiap browser internet pasti menyediakan teknologi ini, apalagi browser modern macam Safari, Google Chrome, Mozila Firefox, dll... Setiap kali browser mengunjungi alamat internet tertentu, browser ini akan menampung datanya pada file/fodler di harddisk yang disebut dengan cache tadi. Cache pada browser dibatasi ukurannya. Jika data di cache sudah penuh, data yang paling lama disimpan akan hilang dan diganti dengan data baru dari halaman internet yang terbaru diakses. Standar ukuran cache disk ini kecil saja teman. Jadi kalo untuk mengakses internet cepat sekali habisnya.

Contohnya di Mozila Firefox 3.6.13 yang saya pakai. Setingan memperbesar atau memperkecil ukuran cache ini bisa diakses di menu -> Tools - Options - Advanced - Network -> pada Offline Storage ubah besarnya menjadi 1000 misalnya (pastikan sisa space harddisk mencukupi). Kalo perlu restart browsernya. Setelah itu akses dulu ke www.chesscube.com. Masukkan ke alamat: http://www.chesscube.com/play/app/ untuk menyimpan file-file/data user interface chesscube di cache browser. Tunggu sampai akses ke chesscube terbuka 100% dan menunya muncul semua. Data-datanya chesscube sampai di sini sudah tersimpan di cache browser di harddisk semua. Kemudian keluar dari browser.

Masuk lagi atau jalankan browsernya (di sini pake Mozila Firefox 3.6.13). Setelah itu masukkan alamat chescubenya: http://www.chesscube.com/play/app/ Voila Waka!!! Harusnya tampilan di chesscube akan langsung 0% ke 100% GPL - Gak Pake Lama... kata anak-anak ABG. Gimana? Enak khan? Cuman Tip ini ada kelemahannya! Setahu saya user interface Chesscube sering sekali mengalami perubahan atau update ke versi yang lebih baru. ASALKAN CHESSCUBE BELUM MENGUPDATE SISTEMNYA, FILE CACHE YANG ADA DI BROWSER MASIH BISA DIPAKE. Tapi jika Chesscube sudah mengupdatenya, maka kita HARUS MENDOWNLOAD LAGI DARI AWAL dan menunggu PROSES LAMA SEPERI BIASANYA (menunggu 0% - 5%-6%-10% dst sampe 100%). Setelah file cache sudah diperbarui, browsing ke chesscube waktu berikutnya akan instant/cepat. Begitu seterusnya. Semoga tidak bingung, karena memang sengaja tidak saya kasih gambar.

Dan biar lebih maknyus, browsernya pilih/pake yang VERSI PORTABLE. Aplikasi Portable ini TIDAK PERLU DIINSTALL. Cukup dicopy dan langsung JALAN mululs. Jadi download Firefox Portable dulu. Kemudian simpan di flashdisk kita. Kemudian setingan Firefox diubah dan jalankan TRIK/TIP MEMPERCEPAT AKSES CHESSCUBE seperti yg sy uraikan di atas. Dan berikutnya di komputer manapun, juga di warnet, kita tinggal keluarkan flashdisk kita, kemudian jalankan Firefox Portablenya dan masuk ke Chesscube akan sangat cepat! Gak Pake Lama! Asyik punya friend!

Semoga tidak bingung! Semoga berguna utamanya bagi yang mania main catur online di internet via situs Chesscube!

Sumber: Ngarang sendiri... hehehe (^_^)

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.