CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Banyak Bermain Catur Kilat 5 menitan, Bikin Maju Caturnya Atau Malah Merusak?

Ada beberapa macam permainan catur berdasarkan waktu yg digunakan. Ada Catur Klasik, Catur Cepat dan Catur Kilat. Di antara ketiga jenis catur ini, jika punya jam catur para pecatur cenderung u/ lebih banyak bermain catur kilat (10 menitan atau 5 menitan bahkan dg waktu kurang dari itu) daripada bermain catur klasik. Sudah sangat sering saya melihat sendiri hal ini saat saya main-main di warung catur dan klub-klub catur. Pertanyaanya: Apa memang perlu dan tidak ber-efek terlalu banyak bermain catur kilat atau juga disebut 'lightning chess' ini? Atau malah akan lebih cepat maju caturnya dg frekuensi catur kilat yang diperbanyak? Kita akan mendiskusikan hal pada posting blog hari ini.

Menurut pendapat saya pribadi, catur kilat jelas perlu tapi jangan terlalu sering atau melulu main catur kilat. Harus juga disediakan waktu untuk main catur klasik yang cukup. Catur kilat dibutuhkan agar pecatur siap bermain dalam tekanan krisis waktu. Agar saat krisis waktu dalam pertandingan, masih tenang, bisa berkonsentrasi dan tetap bisa bermain akurat. Bisa juga catur kilat dimainkan untuk menguji atau bereksperimen dengan opening-opening baru. Catur kilat juga bagus untuk melatih INTUISI atau NALURI, karena dalam catur kilat sedikit sekali waktu untuk berkalkulasi ria.


Hanya saja kebanyakan bermain catur kilat, akan membiasakan otak untuk cenderung terburu-buru dan bikin gatal tangan untuk segera menyentuh buah catur dan melangkahkan buah catur. Selain itu otak akan sulit diajak untuk berlama-lama untuk menelusuri variasi langkah-langkah dalam proses kalkulasi. Utamanya dalam posisi terbuka yang sulit rumit yang memang butuh proses kalkulasi menyeluruh agar 'produksi' atau output langkah memiliki akurasi tinggi.

Jelas untuk melatih kalkulasi sangat perlu dilatih dengan catur klasik (biasanya waktunya di atas 60 menitan, yang sering 90 menitan) atau bisa juga disebut sebagai SLOW CHESS dalam jumlah yang cukup. 'Otot' otak jadi kuat dan sudah terlatih untuk tidak 'mogok' jika diajak berpikir keras dalam waktu lama. Catur Cepat (biasanya 25 menitan) yang kecepatannya di antara catur klasik dan catur kilat, juga perlu dilatih karena memang turnamen jenis catur cepat ini LEBIH SERING DIGELAR daripada turnamen catur kilat. Dalam catur cepat pecatur masih sempat berkalkulasi panjang tapi hampir selalu juga harus melalui krisis waktu.

Artikel-artikel di internet tentang penggunaan waktu catur yang baik bisa diakses di link-link di bawah ini:
http://www.thechessworld.com/learn/articles/17-chess-how-tos/131-how-to-manage-time-in-chess
http://www.chesscafe.com/text/time.txt
http://www.chesscafe.com/text/heisman10.pdf
http://www.chesscafe.com/text/heisman40.pdf
http://www.chesscafe.com/text/heisman52.pdf
http://www.chesscafe.com/text/heisman73.pdf
http://www.chesscafe.com/text/heisman107.pdf
http://www.chesscafe.com/text/heisman115.pdf
http://chess.about.com/od/tipsforbeginners/qt/TimeManagement.htm
http://roman-chess.blogspot.com/2010/07/improving-time-management-in-chess-game.html
http://knol.google.com/k/michael-fitch/chess-clock-management/vmaa0q03qan2/3#
http://www.chessforums.org/general-chess-discussion/4102-time-management-active-chess.html
http://www6conf.org/online/chess/4227.shtml
http://rollingpawns.wordpress.com/tag/time-management-in-chess/

Sekarang, bagaimana dengan pendapat saudara dan teman-teman sekalian tentang seringnya kita bermain catur kilat. Baik atau Buruk untuk kemajuan catur kita?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.