CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

VIDEO CATUR PILIHAN

Rahasia Problem Kuda Catur Seperti Gelaran Joe Sandy vs Deddy Corbuzier Dalam Grand Final The Master Di Televisi

Keindahan permainan catur telah membuat ribuan, jutaan bahkan milyaran manusia kecanduan memainkan permainan asah otak yang dibuat dari kayu atau plastik ini. Bagi yang sudah terjun secara mendalam ke dunia catur dan telah menjadi 'insan catur' sejati, tentu telah merasakan dan menikmati keindahan permainan kuno ini selama bertahun-tahun. Keindahan catur salah satunya terkenal dengan istilah KOMBINASI yang merupakan puncak dari taktik catur. Si pecatur seolah-olah 'mabuk' dan secara tidak masuk akal mengorbankan materi/buah caturnya yang berharga kepada lawan. Bagi orang awam catur atau pemula catur yang dilakukan ini akan mengakibatkan kekalahan. Tapi mereka akan terpana ketika beberapa langkah kemudian, Raja lawan dibuat tewas dengan serangkaian langkah paksaan yang indah menawan dan menggetarkan hati. Bagi para master catur, hal ini tentu akan biasa-biasa saja. Keindahan catur yang lain adalah apa yang dikenal dengan PROBLEM CATUR. Si pemain catur disuguhi suatu posisi catur yang menuntut pemain untuk mematkan raja lawan hanya dalam sekian langkah (yang paling sering adalah 3 langkah mat). Fragmen ini sering kita lihat pada 'penjual problem catur' di jalanan atau di keramaian. Bagi orang awam, problem ini kelihatan sangat sulit sekali dipecahkan kalo tidak mau dibilang mustahil. Tapi bagi yang sudah memiliki level catur tingkat tinggi/master, problem catur ini hanyalah mainan hanak-hanak saja. Sebenarnya banyak macam dari problem catur yang tidak hanya sekedar mematkan raja lawan. Salah satu dari problem catur selain problem mat adalah PROBLEM CATUR TUR KUDA yang sangat terkenal dan sudah sangat kuno. PROBLEM CATUR TUR KUDA ini akhir-akhir ini banyak menyita perhatian penikmat catur (khususnya) dari para pemirsa TV (umumnya), ketika dalam acara FINAL DUEL THE MASTER yang digelar salah TV swasta di tanah air muncul beberapa waktu lalu. Kala itu Deddy Corbuzier, Mentalis Indonesia memberi tugas kepada finalis, Joe Sandy untuk bersama dengannya memecahkan 'PROBLEM CATUR TUR KUDA' secara BLINDFOLD (Catur Buta) alias tidak melihat papan catur. Aksi memukau dari Jose Sandy dan Deddy Corbuzier ini tak pelak membuat semua pemirsa TV baik di gedung maupun di rumah berdecak kagum. Kok bisa ya orang ini melakukan? Begitu pikiran mereka... Aksi inilah yang akhirnya membuat Joe Sandy berhasil merebut hati pemirsa dan menang dengan selisih cukup telak atas rival beratnya LIMBAD, dan menjadikan Jose Sandy sebagai THE MASTER. Dalam kesempatan kali ini, saya akan berusaha mengungkapkan rahasia di balik PROBLEM CATUR TUR KUDA ini, sehingga kita bisa melakukannya juga di rumah. Karena bagi para master catur dan yang serius menggeluti catur, yang dilakukan oleh Jose Sandy ini tidaklah sesulit yang diperkirakan/dipikirkan orang. Karena semua itu ada rahasia dan rumus-rumusnya. Simak rahasia ini dalam blog ini, khusus untuk pecinta catur...

Sorry teman-teman, baru diteruskan ngupdate blognya... Habis sibuk banget sih... Wajar kalo pengunjung blog ini ngomel-ngomel... hehehe biasa begitulah manusia, seringkali PALSU SIKAPNYA... KALAU NGERASA DIRUGIKAN dia akan ngomel-ngomel dan sumpah serapah, KALO NGERASA DIUNTUNGKAN dia akan memuji-muji dan lain-lain... Saya sudah sering membuktikan hal ini termasuk pada postingan ini hehehe... becanda teman-teman... Tapi saya maklum kok... daripada menjadi sakit jiwa pada diri sendiri, lebih baik omeli saja orang lain yang bikin kesal... biar penyakit/errornya ilang... hehehe Terima kasih ya atas omelannya...

Kembali ke .... laptop eh salah blog.

ATURAN PROBLEM TUR KUDA CATUR (atau dalam bahasa Inggris KNIGHT'S TOUR) ini adalah:

Disediakan papan catur standar 8x8. Seorang penonton akan dipilih secara acak untuk memilih salah satu kotak untuk diisi sebuah kuda (sebagai peatk awal). Dimulai dari kotak/petak itu, kuda akan melangkah ke semua petak dari petak-petak catur yang ada, namun setiap petak hanya boleh dilalui 1 kali.

Dan untuk memberi kesan bahwa problem catur ini sangat sulit, penyelesaian harus dilakukan dengan mata tertutup (hanya menyebut notasi atau petaknya saja atau dalam dunia catur lazim disebut dengan Blindfold alias Catur Buta) dan dibutuhkan 2 (dua) orang MENTALIS (Master Deddy Corbuzier dan calon Master Joe Sandy) untuk menyelesaikannya... yang melangkah bergantian... Pada acara itu juga dikesankan bahwa bagaimana pun juga master Deddy 'lebih sakti' dari si calon master Joe Sandy (terlihat Master Deddy lebih cepat dan tegas dalam menyebut petaknya, sedangkan Joe Sandy dikesankan sibuk berpikir keras dan ragu-ragu dalam mengucapkan petaknya).

Problem Tur Kuda sejatinya sudah sangat kuno keberadaannya, bahkan sejak awal-awal diciptakannya permainan catur... Tercatat pada abad ke-9 Masehi pecatur legendaris pada jaman Islam Abu-Bakr Muhammad bin Yahya as-Suli sudah menggagas problem tur kuda ini dalam bukunya yang berjudul 'Kitab Ash-Shatranj'. Problem Tur Kuda ini juga disebut-sebut dan tercantum pada sajak kuno Kavyalankara di India pada abad ke-9 M. dengan jumlah petak yang lebih sedikit. Penyelesaian lengkap secara teori ditemukan oleh H. C. Warnsdorff pada tahun 1823 yang dikenal sebagai algoritma Warnsdorff. Problem Tur Kuda Catur yang lebih banyak petaknya mulai ditemukan pada abad ke-20, seiring dengan berkembangnya teknologi komputasi. Dengan teknologi komputer saat ini, problem tur kuda dapat diselesaikan dengan mudah. Sekarang sudah banyak program penyelesaian tur kuda ini yang bisa diunduh (download) dari internet. Salah satunya adalah yang saya gunakan untuk menyelesaikan tur kuda pada postingan ini.

Sebelumnya orang yang menyelesiakan problem tur kuda catur ini seperti yang pernah dilakukan Joe Sandy dan Deddy Corbuzier pada acara The Master, pernah dilakukan sendirian oleh pecatur Belgia, George Koltanowski baca:
http://en.wikipedia.org/wiki/George_Koltanowski,
yang memang dikenal sebagai ahli catur buta (blindfold) dan diklaim mempunyai kemampuan 'Photographic Memory'. Berangkali teman-teman ada informasi lain tentang orang yang mampu menyelesaikan problem tur kuda catur ini, silakan tambahkan di komentar di bawah...

Dalam kasus Joe Sandy, menurut saya Joe Sandy sebelumnya telah bekerja keras menghapalkan jejak langkah (lintasan) kuda yang jumlahnya 64 langkah (dia bisa menghapalkan hanya 16 lintasan (jejak langkah) saja, karena yang lainnya adalah simetri dari ke 16 jejak langkah ini). Memang daya ingat yang kuat sangat dituntut dalam menyelesaikan problem catur tur kuda ini. Kalo langkah awalnya sudah tahu, tentu akan sangat mudah karena kita hanya menghapalkan 1 jejak langkah saja yang jumlahnya 64 langkah kuda atau disebut dengan LINTASAN KUDA. Dalam gelaran Joe Sandy ini, ada 2 kemungkinan. Pertama, Joe Sandy telah tahu petak awalnya (entah bagaimana caranya) dan selanjutnya karena sudah hapal jejaknya, makanya si Joe tinggal menyebutkan petak kelanjutan dari yang diucapkan oleh rekannya (Master Deddy Corbuzier). Dan kemungkinan yang kedua, Joe Sandy memang tidak tahu petak awalnya, sehingga tugas Si Master muda ini menjadi lebih berat karena dia harus menghapalkan minimal 16 jejak langkah kuda + simetrinya total 64 jejak langkah. Kalo kemungkinan yang kedua ini yang terjadi, Joe Sandy memang harus diakui mempunyai 'PHOTOGRAPHIC MEMORY' atau INGATAN EIDETIK yang hebat, apalagi kalo sebelumnya belum pernah hapal dan harus menghapalkan saat itu dengan waktu cuman 60 detik saja). Atau Joe Sandy bisa juga menguasai teknik/ilmu SUPER MEMORY (disiplin ilmu baru yang mempelajari pemanfaatan maksimal dari kekuatan otak). Salah satu teknik Super Memory yang terkenal yaitu mnemonik (sejak SD saya menghapalkan warna resistor dengan mnemonik 'ME-JI-KU-HI-BI-U-A-P' Merah-Jingga-Kuning-Hijau-Biru-Ungu-AbuAbu-Putih).

Secara teori penyelesaian problem ini menggunakan apa yang disebut dengan Lintasan Hameltonian yang merupakan lintasan yang bentuknya tertutup, teorinya baca di alamat http://en.wikipedia.org/wiki/Hamiltonian_path_problem. Teori ini adalah terapan pada mata kuliah 'Teori Graph' yang diajarkan di Universitas atau Sekolah Tinggi jurusan Teknik Komputer/Informatika.



Biar tidak penasaran dan bisa mengerjakan sendiri di rumah (dan bergaya ala Joe Sandy), di bawah ini saya beri kunci penyelesaian ke 64 jejak langkah (lintasan) Problem Tur Kuda Catur:

a8-b6-a4-b2-d1-f2-h1-g3-f1-h2-g4-h6-g8-e7-c8-a7-b5-a3-b1- d2-c4-a5-b7-d8-f7-h8-g6-h4-g2-e1-f3-g1-h3-g5-h7-f8-d7- e5-c6-b8-a6-c7-e8-d6-f5-e3-c2-a1-b3-d4-e2-c1-a2-c3-e4-f6-h5-g7-e6- c5-d3-f4-d5-b4

Untuk kunci LINTASAN KUDA LAINNYA (ke-16 lintasan kuda) bisa langsung saja bisa disedot di alamat (belum ada nama petak caturnya, bisa diberi sendiri khan):

http://www.4shared.com/file/106327079/f750b67d/16_lintasan_kuda_utama.html

dan yang selanjutnya (ke-48 lintasan kuda lainnya), sebenarnya adalah simetri (baik simetri horisontal, vertikal maupun diagonal) dari ke-16 jejak langkah kuda ini. Kunci Jawaban Tur Kuda Catur yang lebih lengkap (64 kemungkinan) bisa menyedotnya (download) GRATIS dengan menuju ke TKP dengan KLIK DI SINI (menyusul).

Sebetulnya problem tur kuda catur yang diselesaikan oleh Master Deddy dan Master Joe di acara The Master itu belum seberapa karena pada acara itu tur kuda menggunakan papan catur standar dengan ukuran 8x8. Saat ini dengan bantuan komputer telah dapat dipecahkan PROBLEM TUR KUDA CATUR yang menggunakan papan yang jauh lebih luas yaitu dengan ukuran 24x24 bahkan lebih. Ck... ck... ck...

Sedangkan yang ingin tahu gambar GRAFIK LINTASAN KUDANYA bisa menggunakan SOFWTARE APLIKASI 'Neural Network' yang sangat canggih - Download KLIK DI SINI! . Software ini selain membuat grafik lintasan kuda dengan papan catur standar, juga bisa menyelesaikan lintasan kuda yang menggunakan papan catur tidak standar misalnya: 24x24 petak, 26x26 petak, 28x28 petak, sampai yang bukan bujur sangkar seperti 10x3 petak, 14x3 petak dan seterusnya... Nyesel kalo tidak mendownload dan mencoba software canggih ini...

Dari teman-teman apakah ada tambahan teori yang lebih mudah atau yang lebih lengkap? Silakan...

Bagi teman-teman yang ingin mengambil informasi dari Program Penyelesaian Tur Kuda Catur (dibuat dengan program Borland Delphi) ini bisa mendownloadnya gratis dengan KLIK DI SINI! Teori dan sumber-sumber yang lebih lengkap tentang Problem Tur Kuda Catur, bisa diakses pada alamat di bawah ini:

http://en.wikipedia.org/wiki/Knight's_Tour
http://www.velucchi.it/mathchess/knight.htm
http://users.soe.ucsc.edu/~pohl/Spring04/warns.pdf (ebook)
http://faculty.olin.edu/~sadams/DM/ktpaper.pdf (ebook)

Blog lain yang juga membahas Problem Tur Kuda Catur ini antara lain:

http://hendrydext.blogspot.com/2009/05/rahasia-joe-sandy-ii-perjalanan-kuda.html
http://asruldinazis.wordpress.com/2009/05/09/permainan-kuda-catur-joe-sandy-dan-dedy-corbuzier-yang-biasa-biasa-saja/

Dan maaf ya, master Deddy Corbuzier dan master Joe Sandy, kalo saya sudah membocorkan rahasia problem tur catur kuda ini. Sebagai insan catur, saya cuman sekedar pengen men-sharing informasi ini kepada teman-teman catur di tanah air dan juga pengunjung blog ini yang bukan pecatur.

Bagi teman-teman pengunjung blog ini, sekarang bisa bergaya di rumah menirukan Joe Sandy memecahkan problem tur kuda catur ini... hehehe...

Gimana teman-teman, ada yang tidak puas dengan bahasan saya pada posting ini? Komentar dan omelan... silakan.

GENS UNA SUMUS.

TAHUKAH ANDA?

SPARRING VS SHREDDER

PETUAH GRANDMASTER

BUKU TAMU

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.