CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

MF Awam Wahono Raih Gelar Master Internasional Di Kejuaraan Catur Perorangan Asia ke-8, GMW Irene Kharisma Sukandar Peringkat 11 Asia

Hampir bersamaan dengan gelaran catur akbar Telkom Open XI 2009, para master catur Indonesia lebih dahulu berjuang keras pada Kejuaraan Catur Perorangan Asia ke-8 2009 yang berlangsung di Subic Exhibition and Convention Center, Olongapo City, Filipina dari tanggal 13-23 Mei 2009. Indonesia yang diwakili GM Susanto Megaranto, GMW Irene Kharisma Sukandar, MI Irwanto Sadikin, MF Awam Wahono, MF Anjas Novita berjuang mati-matian agar bisa meraih hasil terbaik pada turnamen bergengsi tingkat Asia ini. Turnamen ini merupakan keberuntungan bagi pecatur Jawa Barat MF Awam Wahono, yang meskipun hanya menempati peringkat ke-57, tapi berhasil meraih gelar Master Internasional (MI) setelah mampu meraih nilai yang disyaratkan oleh peraturan FIDE. Awam sukses setelah di babak terakhir menggilas pecatur terkuat Malaysia MI Mas Hafizuhelmi. GMW Irene Kharisma Sukandar setelah berjuang ekstra keras untuk menembus 10 besar, akhirnya harus puas berada di peringkat ke-11 setelah ditahan remis pecatur cantik dari India MI Tania Sachdev dan hanya mengumpulkan 6.5 match poi, sama dengan peringkat ke-9 dan ke-10, hanya Irene kalah nilai Tie-Break. Sedang pecatur kita yang bernasib buruk kali ini adalah GM Susanto Megaranto, dimana tahun sebelumnya lolos ke kejuaraan dunia, tapi entah mengapa kali ini bermain tidak maksimal dan hanya nangkring di peringkat ke-39, walaupun masih lebih baik dari rekan-rekan caturnya MI Irwanto Sadikin (peringkat ke 51), MF Awam Wahono (peringkat ke 57), MF Anjas Novita (peringkat 72). Para pecatur dari China, India merajalela di turnamen ini. Dari Asia Tenggara, Vietnam dan Philipphine melakukan perlawanan sengit. Akhirnya juara dari turnamen ini di kelompok putra adalah pecatur India GM Ganguly Surya Sekhar dan kelompok putri MIW Zhang Xiaowen.

Peringkat lengkap Kejuaraan Perorangan Asia 2009 Kelompok Putra bisa diakses di alamat:
http://www.chess-results.com/tnr21903.aspx?ix=1&art=4&lan=1&m=-1&wi=1000&turdet=YES
Peringkat lengkap Kejuaraan Perorangan Asia 2009 Kelompok Wanita bisa diakses di alamat:
http://www.chess-results.com/tnr21902.aspx?art=4&lan=1&m=-1&wi=1000
Informasi yang lebih lengkap tentang turnamen Asia ini bisa dibaca di blognya humas PB Percasi Bung Kristianus Liem yang memang hadir di sana dan meliputnya dengan alamat :
http://potretcatur.blogspot.com

Sayang sekali ya, Susanto dan kawan-kawan gagal tahun ini lolos ke kejuaraan dunia 2009. Semoga ini bisa dijadikan sebagai cambuk dan pelajaran bagi pengurus dan insan catur di tanah air bahwa PARA PESAING TELAH BERLATIH LEBIH KERAS daripada kita, sehingga KITA SULIT MENGEJAR MEREKA... agar di masa mendatang kita BISA BERLATIH LEBIH KERAS LAGI DARIPADA PARA PESAING sehingga KITA BISA MENYALIP ilmu-ilmu catur yang mereka miliki. Bukankah demikian?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.