CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Pecatur China Tidak Bergelar Yang Kaiqi Menjuarai 1st Korea Open 2008

Saking ketatnya persaingan pada turnamen di 1st Korea Open 2008, dari 9 babak ada 5 (lima) pecatur yang memiliki nilai sama 6.5, ya benar 6.5 angka dari 9 babak!. Saya belum pernah melihat ada turnamen 9 babak yang juaranya bernilai 6.5. Menurut pengalaman saya, kebanyakan juaranya rata-rata 7.5. 5 Pecatur itu adalah 1.Yang Kaiqi (China) 2.MI Salor Sitanggang (Indonesia) 3.GM Jaan Ehlvest (USA) 4.GM Utut Adianto (Indonesia) dan 5.MI Li Wenliang (China). Dengan selisih kemenangan nilai Tie-Break, menurut situs Chess-Result, pecatur China non-gelar Yang Kaiqi menjuarai turnamen yang pertama kali di diadakan di Korea ini. Meskipun tidak bergelar, Yang Kaiqi sudah memiliki ELO Rating setara MI yaitu 2429. Pecatur Indonesia GM Utut Adianto dan MI Salor Sitanggang termasuk sukses dalam turnamen yang diadakan tanggal 1 s/d 5 Desember 2008 ini.

Tidak banyak mas media (cetak, elektronik maupun internet) yang meliput turnamen yang berhadiah lumayan besar ini. Meskipun sebenarnya pecatur kita pun (Pak Utut dan Bang Salor) bisa dibilang Juara di turnamen yang diadakan di negeri GINSENG ini. Turnamen yang diikuti peserta dari 17 negara ini akan menjadi turnamen tambahan di Asia setelah Malaysia Open, Singapore Open, Phillipine Open dan yang lainnya. 4 (empat) Grandmaster, 9 MI dan 4 MF ini paling banyak diikuti peserta dari tuan rumah Korea yaitu sebanyak 22 pecatur. Pecatur Yang Kaiqi (China) 6.5 poin dan Pak Evgeniy (Kazazkhtan) 6 poin kayaknya meraih norma MI dalam turnamen ini.

Memang bibit-bibit pecatur kuat China seolah tiada habisnya. Konon di China pembibitan sangat gencar dilakukan, dan persaingan di antara mereka amatlah sengitnya. Makanya tidak heran kalo banyak bermunculan pecatur-pecatur kuat dari negeri tirai bambu ini. Kali ini muncul Yang Kaiqi dan MI Li Wenliang yang membuktikan bahwa China memang gudangnya pecatur-pecatur hebat dunia. Di masa depan banyak pengamat catur yang memprediski para pecatur China akan menguasai dunia. Sekarang saja sudah sedikit 3 (tiga) pecatur yang ELO Rating sudah tembus 2700 (GM Wang Yue, GM Bu Xiangzhi dan GM Ni Hua).

Pecatur terkuat Korea GM Kim Alexey (ELO 2481) tidak mampu berbuat banyak dan hanya bisa duduk di peringkat ke-20 setelah hanya memegang poin 4.5 dari 9 babak. Yang bikin kejutan tentu pecatur Indonesia Bang MI Salor Sitanggang yang sukses di peringkat ke-2 (kalah nilai Tie-Break dari Yang Kaiqi). Bang Salor dalam turnamen ini mendapatkan tambahan rating yang lumayan banyak yaitu sekitar 18 poin. Semoga Bang Salor untuk turnamen-turnamen berikutnya bisa ikut serta dan mainya baik terus seperti di Korea ini dan nantinya bisa meraih gelar Grandmaster (GM). Pecatur terkuat Indonesia (tapi tidak ikut Olimpiade Catur 2008) Pak GM Utut Adianto terbukti masih joss main caturnya dengan perolehan angka 6.5 di peringkat keempat. Hanya mungkin Pak Utut ELO ratingnya bakal berkurang sedikit dari turnamen ini.

Ingin lebih lengkap tentang turnamen catur 1st Korea Open 2008? Akses saja di situs :
http://chess-results.com/tnr17669.aspx?art=4&lan=1&turdet=YES&m=-1

Download partai 1st Korea Open 2008 bisa diakses pada link di bawah ini:
[ link download belum ditemukan! ]

Di Korea barusan selesai, di Malaysia sudah, di Singapura sudah, Di Philliphine sering, Di Vietnam juga pernah, di Thailand juga ada Bangkok Open, bahkan di Brunei pun juga pernah diadakan turnamen tingkat internasional. Kapan ya Indonesia Open (rutin tahunan) diadakan??? Jadi para pecatur kita yang ingin meningkatkan gelarnya (gelar internasional) tidak perlu susah-susah pergi ke luar negeri. Tul nggak temen-temen?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.