CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

MI Ivan Situru Juara Di Turnamen Catur Kategori Di Lombok NTB Open PBB Cup 2008

Turnamen catur di provinsi sebelah timur Indonesia seringkali miskin akan pemberitaan. Seperti contohnya turnamen catur di provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat) ini, tepatnya di kota Lombok beberapa waktu lalu. Turnamen catur berkategori Percasi (tigkat nasional) yang bertajuk PBB Open Lombok Cup 2008 ini digelar di daerah tersebut mulai tanggal 30 Oktober - 3 Nopember 2008. Turnamen ini rupanya menyambung yang di Bali yaitu Marantha Cup 2008 beberapa hari sebelumnya. Karena miskin akan pemberitaan dan hanya dari mulut ke mulut tidak heran kalo pesertanya terbilang sangat sedikit. Menurut berita yang saya terima dari teman master yang ikut di turnamen berlevel nasional ini, pesertanya cuma 75 orang. Untungnya turnamen catur di Lombok ini bergandengan dengan yang di Denpasar, kalo tidak tentu peserta akan lebih sedikit lagi. Saya yakin jika turnamen catur ini dipulikasikan lebih luas lagi di media masa atau yang lebih gampang via Internet, pesertanya pasti akan lebih banyak. Salah satu pecatur top Indonesia MI Ivan (Jonathan) Situru (master ini setahu saya juga merupakan instruktur utama di SEKOLAH CATUR SCUAR di Jatim) berhasil menjuarai turnamen ini dengan raihan 8 match poin.

Turnamennya sendiri menurut berita diselenggarakan di Gedung SMTI - Lombok. Turnamen catur yang berhadiah total Rp. 13 juta tersebut dimainkan dalam 9 babak Sistem Swiss berkategori 1 Percasi. Pecatur pentolan yang ikut antara lain GM Herman Suradiradja, MI Ivan Situru, dan banyak master-master (MN/MP) dari beberapa provinsi di sekitar Nusa Tenggara (termasuk Bali, Jatim, dll.). Umumnya mereka yang ikut di Lombok ini adalah juga peserta yang ikut pada Maranatha Cup 2008 di Denpasar-Bali beberapa waktu sebelumnya.

Berikut adalah hasil 10 besar turnamen OPEN PBB CUP Lombok-NTB 2008 yang saya dapatkan dari teman master yang ikut yaitu MN Sugianto Tjin (Jatim) atau lebih terkenal dengan nama panggilan Cinho/Tjin Hau via SMS/Call. Perlu diketahui Saudara master Cinho ini pernah menjuarai turnamen catur klasik di Malaysia beberapa tahun yang lalu yaitu di Selangor Open, dimana saat itu dia mengganyang banyak pecatur top Malaysia (ada beberapa yang bergelar MF) yang saat itu mengeroyoknya.

Rank Title Nama MP
1. MI Ivan Situru 8
2. Taufik Werang 7.5
3. MF Nurdin Askali 7
4. MN Sugianto Tjin 7
5. MF Awam Wahono 6.5
6. MN Eddy Tanjung 6.5
7. Moh. Nuh 6.5
8. GM Herman Suradiradja 6
9. Aris Rahmadi 6
10. MP Edison 6

Tolong kalo informasi di atas kurang akurat dan juga penyebutannya kurang gelarnya misalnya, silakan beri komentar di bawah posting ini atau juga bisa kirim ke email saya.

Kalo ingat NTB, saya selalu ingat dengan teman catur saya, yaitu MN SOFRAN dan MN Antok Iskandar yang asal kota Mataram (tapi sekarang tinggal di kota gudeg Yogyakarta). Pecatur yang saya sebut terkahir yang juga seniman ini pernah bertemu saya di Bali bertahun yang lampau. Kayaknya pengen juga ya lain waktu ikut turnamen catur di Nusa Tenggara ini...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.