CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





ICOFY Base 1.0.8, Database Catur Terbesar Berisi 4,812,452 Partai Gratis Yang Siap Didownload

Database catur bagi kita para pecatur tentu merupakan kebutuhan primer yang harus dimiliki, utamanya bagi insan catur yang serius/profesional (atlit, instruktur, dan lain-lain). Dengan database catur yang lengkap dan selalu up-to-date, tentu akan sangat membantu para insan catur ini mengikuti perkembangan teori terbaru yang ditemukan dan diperagakan oleh para ahli/grandmaster catur dunia. Manfaat yang lebih detil tentang kegunaan database catur untuk belajar catur dengan komputer, bisa dibaca pada posting-posting saya yang terdahulu klik di sini. Saat ini database catur yang paling banyak dipakai oleh para insan catur adalah Mega Database (saat posting ini dibuat yang terbaru adalah Mega Database 2008) produksi dari Chessbase (Jerman). Masih ada beberapa lagi produk-produk database catur yang ada di pasaran saat ini (baik yang komersial maupun yang gratis), misalnya produk dari Convekta (pembuat software Chess Assistant, Chess Tactis-Art, Rybka Aquarium, dll.). Sebenarnya ada lagi produk database catur yang menurut saya sangat baik dipakai karena GRATIS dan isi database caturnya sangat besar (lebih besar daripada Mega Database). Produk ini mungkin terlewat oleh kita, sehingga saya posting di blog ini. Produk Database catur ini adalah ICOFY BASE. Icofy Base saat ini telah berisi sekitar 4.8 Juta Partai (bandingkan dengan Mega Database yang berisi kurang dari 4 juta partai saja).

Memang sih, Database catur korespondensi (Mega Correspondence Database 2008 buatan Chessbase belum dimasukkan). Kalo dimasukkan pun tetaplah ICOFY Base masih lebih banyak isi databasenya dibandingkan dengan Mega Database. SEMAKIN LENGKAP ISI DATABASEnya tentu AKAN LEBIH MENGUNTUNGKAN BAGI PECATUR bukan?.

Partai terlama tahun 1560 dan yang terbaru tentu mengikuti perkembangan turnamen yang ada, dan Icofy Base ini selalu diupdate secara teratur oleh pembuatnya. Untuk Icofy Base 1.0.8 berisi 4,812,452 partai dengan jumlah pemain sebanyak 376,707. File yang tersedia yang siap didownload gratis ada 2 format yaitu format ChessDB dan format PGN. File-file ini dikompresi dengan format kompresi tinggi yang format TAR dan BZ2 yang bisa dimekarkan dengan program Winrar atau Winzip (versi terbaru).

Situs resmi ICOFY Base adalah :
http://v3.icofy.net

Bagi yang tidak sabar ingin mendownload Database Catur hebat ini silakan saja langsung saja tancap gas menuju ke sasaran (tapi koneksi internetnya harus cepat ya), karena ukuran filenya sangat besar (total sekitar 500 MB untuk yang berformat PGN). Di sini alamatnya :
http://v3.icofy.net/downloads

Gimana teman-teman... siap download Icofy Base? Kalo kewalahan mendownloadnya (karena kendala koneksinya, atau tidak punya waktu), silakan titip saja ke warnet-warnet yang siap menyediakan jasa download.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.