CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Analisa Partai Berbahasa Indonesia #5 : GM Vasilos Kotronias vs GM Alexei Shirov Pada Kejuaraan Dunia Catur Yang Memakai Opening Ruy Lopez Chigorin!

Untuk melengkapi teori opening catur yang pernah saya posting sebelumnya tentang Pembukaan Ruy Lopez (Spanyol) varian Chigorin C97-C99, dalam posting kali ini saya akan menampilkan partai yang menggunakan jurus ini antara pecatur top Yunani GM Vasilos Kotronias (Putih) bermusuhan dengan pecatur No.1 Spanyol GM Alexei Shirov pada kejuaraan dunia FIDE tahun 2005 di Rusia yang menggunakan sistem gugur. Kotronias di sesi pertama dari 2 babak mengalami kekalahan dari Shirov dan berusaha menebus kekalahan di sesi kedua. Tapi sayang Shirov dengan permainan posisinya yang jitu dapat memupus harapan putih. Dalam partai ini kita akan melihat bagaimana Shirov sebagai Hitam pandai menerapkan strategi sehingga mendapatkan kemenangan. Partai berlangsung relatif tenang (seperti sifat daripada pembukaan spanyol dengan formasi tertutup seperti variasi Chigorin ini).

Partai mulai menarik ketika Shirov memainkan langkah novelty (penemuan baru) 17. ... Ka5 (sebelumnya langkah 17. ... h6) yang ternyata berhasil menggoyang posisi putih. langkah ini bertujuan menukar gajah putih yang duduk manis di petak b3. Dan posisi Kotronias mulai memburuk ketika pada langkah ke 19 lebih memilih menumpuk bidaknya daripada meninggalkan kuda dari posnya di pusat papan dengan langkah 19.axb3?!

Langkah blunder dilakukan oleh putih lagi pada langkah 26.b4?! yang salah mengantisipasi (baca salah tafsir) membaca langkah-langkah hitam. Memang di sinilah seni dari BERMAIN POSISI INI. Langkah-langkah lebih sulit diprediksi atau dikalkulasi karena tidak ada konfrontasi buah secara langsung. Siapa yang dapat memahami posisi dengan lebih jitu dialah pihak yang akan mengambil keuntungan.

Meskipun pada babak tengah hitam tidak secara langsung mampu menyerang raja putih, tetapi kuncian-kuncian yang dilakukan oleh hitam sangat merepotkan putih dan membuatnya tidak berdaya. Puncaknya pada langkah 45 hitam memainkan Mf1 yang mengancam melakukan seri pada Menteri dan bentengnya dengan langkah 20.Bc1 atau 20.Be1 yang akan segera menentukan jalannya permainan.

Di babak tengah juga timbul tema-tema taktik seperti TEMA PAKUAN (PINNING) yang meskipun hitam tidak mendapatkan kemenangan materi secara langsung tapi ternyata secara strategis dapat mengunci buah lawan. Sehingga perwira-perwira putih tidak dapat berbuat banyak untuk melakukan ekspansi ke kubu raja hitam.

Yang pengen segera meilhat analisa partainya segera saja sedot dengan KLIK DI SINI (analisa sudah saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia).

Bagi pecatur yang suka bermain tenang dengan tipe permainan yang full strategi, rasanya sayang kalo melewatkan partai tenang ini.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.