CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Tip & Trick, Menginstall Engine Catur Berbasis UCI Ke Dalam Program Catur, Misalnya Fritz Buatan Chessbase

Banyak yang bertanya, bagaimana memasukkan, mengaktifkan, menginstall engine catur ke dalam program catur. Hari ini, saya akan postingkan menginstall engine catur UCI (sebagai contoh dipakai engine catur Rybka) ke dalam program Fritz buatan Chessbase. Dengan beberapa engine alternatif yang terinstall di komputer, kita bisa memilih engine catur YANG COCOK DENGAN POSISI TERTENTU. Secara umum, engine-engine yang terkenal, bagus untuk menganalisa. Tapi ada juga beberapa engine yang memiliki kecenderungan ke arah style tertentu misalnya gaya menyerang, gaya posisinil, dan lain-lain. Selain itu kita bisa bermain/sparring dengan banyak alternatif engine dengan memilih engine yang telah terinstall.

Sebelum menginstall, asumsinya dalam komputer kita telah terinstall program Fritz (misal Fritz 11), dan engine catur telah selesai kita download dan mekarkan. Kali ini kita mencoba engine Rybka. Pastikan semuanya telah tersedia dan berjalan baik. Untuk engine-engine yang hanya berbasis Winboard sementara kita pending dulu untuk posting mendatang.

OK, mari kita mulai menginstall engine jenis CUI ini ke dalam Fritz.

1.Jalankan program Fritz , sampai masuk ke menu utama.

2.Jalankan menu Engine - Create UCI Engine.



3.Akan muncul layar dialog untuk memasukkan/memilih engine UCI yang akan diinstall. Klik Browse dan arahkan ke folder dimana file engine (Rybka) berada. Klik filenya. Klik Open. Tunggu sebentar sampai proses selesai.



4.Masuk ke layar dialog lagi. Klik OK. Sampai di sini engine catur telah sukses diinstall. Tapi sabar dulu, karena belum selesai.

5.Untuk mengaktifkan engine catur yang baru terpasang, Jalankan menu Engine - Change Main Engine kemudian pilih engine yang barusan diinstall (misalnya Rybka). Klik OK.



6.Selesai, engine Rybka telah diaktifkan. Mulailah permainan baru dengan menjalankan menu New - Game (Tombol Ctrl+N). Status engine Rybka akan muncul di status engine (biasanya di sebelah kanan, agak bawah).

7.Selamat. Anda siap bermain dengan Rybka sekarang.

Jika ingin memasukkan/menginstall engine yang lain, tinggal ulangi langkah-langkah di atas. Mudah bukan?

Selamat mencoba dan selamat ber-engine catur ria. Bagi yang masih kesulitan bisa email ke saya.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.