CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Buku-Buku Paket Seri Pelajaran Catur Dari Kurikulum Di Sekolah Catur Rusia

Meskipun teknologi komputer telah begitu maju dan sangat membantu dalam bidang catur, tapi peranan buku-buku cetakan ternyata masih belum bisa kita tinggalkan. Dari sekian buku catur yang banyak telah terbit, banyak juga yang mengambil materi dari KURIKULUM CATUR RUSIA. Kita semua tahu belaka bahwa saat ini RUSIA adalah negara catur terkuat di dunia. Banyak juara-juara dunia dan Grandmaster top dunia berasal dari negara beruang merah ini dan negara pecahan-pecahannya di Eropa Timur seperti Ukraina, Latvia, dan lain-lainya. Yang terkenal tentu GM Garry Kasparov dan GM Vladimir Kramnik untuk era modern dan di masa lalu ada GM Michael Botwinnik, GM Tigran Petrosian, dll. Dari review buku-buku ini di internet saya melihat bahwa yang sangat baik untuk dipelajari adalah Seri Buku Belajar Catur karangan GM Lev Alburt dan kawan-kawan. GM Lev Alburt dkenal oleh insan catur pernah Juara Amerika 3 (tiga) kali dan juga dikenal sebagai instruktur catur kelas dunia yang sukses. Seri buku-buku catur ini menurut GM Garry Kasparov dalam testimonialnya di sampul bukunya mengatakan bahwa buku-buku catur ini telah mengadopsi kurikulum Rusia (metode belajar catur ala Rusia). Buku-bukunya ini juga banyak menerima penghargaan dari berbagai kalangan.

Menurut pengamatan saya selama ini, teman-teman master dan para instruktur catur ada yang mengalami kesulitan untuk menerapkan KURIKULUM PELAJARAN CATUR. Ada yang comot sana-sini, ada yang menyusun kurikulum sendiri, ada yang mengambil dari buku-buku catur, dan lain sebagainya. Saya pikir layak kalo kita mengadopsi KURIKULUM CATUR RUSIA untuk kita BELAJAR & MENGAJAR CATUR mengingat gudangnya ilmu catur memang berada di negara komunis itu.

Memang lumayan banyak buku-buku yang berisi materi kurikulum catur Rusia, tapi menurut beberapa Grandmaster seri buku-buku di bawah ini adalah yang pertama dan PALING LENGKAP. Acuan lainnya yang bisa dibaca antara lain buku-buku seri dari MI Mark Dvoretksy, GM Bruce Pandolfini, MI Jeremy Silman, dan lain-lain. Hanya posting kita hari ini membahas buku-buku GM Lev Alburt.



Di bawah ini kutipan asli testimonal GM Garry Kasparov diambil dari sampul depan buku Comprehensive Chess Course Volume I, Learn Chess in 12 Lessons :

"GM Lev Alburt, A Highly Successful Chess Coach, here offers for the first time the once-secret Russian method of chess training". - GM Garry Kasparov, World Champion.

Adapun seri buku-buku karangan GM Lev Alburt dkk yang dimaksud adalah :

Jilid 1 :
Comprehensive Chess Course Volume I : Learn Chess in 12 Lessons

Jilid 2 :
Comprehensive Chess Course Volume II: From Beginner to Tournament Player in 12 Lessons (Comprehensive Chess Course)

Jilid 3 :
Chess Tactics for the Tournament Player (Comprehensive Chess Course, Third Level)

Jilid 4 :
Chess Strategy for the Tournament Player, Revised and Expanded Edition (Comprehensive Chess Course)
Jilid 5 :
The King in Jeopardy: The Best Techniques for Attack and Defense

Jilid 6 :
Winning Chess Endgames: Just the Facts!, Second Edition

Jilid 7 :
Chess Training Pocket Book: 300 Most Important Positions and Ideas, Second Edition

Jilid 8 :
Chess Rules of Thumb (Chess Guidelines And Principles)
Jilid 9 :
Chess Openings for White, Explained

Jilid 10 :
Chess Openings for Black, Explained

Jilid 11 :
Secrets of the Russian Chess Masters: Fundamentals of the Game, Volume 1

Jilid 12 :
Secrets of the Russian Chess Masters: Beyond the Basics, Volume 2
Jilid 13 :
Building Up Your Chess: The Art of Accurate Evaluation and Other Winning Techniques

Wah kayaknya buku-buku GM Lev Alburt dkk ini sangat lengkap dan menjanjikan ya.

Siapa teman-teman yang sudah punya buku-buku KURIKULUM RUSIA seperti di atas?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.