CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Download Partai Ending Pertarungan 4 Perdana Menteri Yang Mendebarkan Jantung

Partai-partai dengan ending seperti berikut ini termasuk jarang dimainkan oleh para master. Bahkan saya sendiri pun belum pernah bermain dengan ending 4 menteri seperti ini. Ending 4 Menteri selalu seru untuk ditonton dan selalu mendebarkan jantung baik bagi pemain maupun yang menonton. Buah menteri (yang melambangkan seorang panglima/perdana menteri yang memiliki kekuasaan besar) merupakan buah catur yang paling banyak peluang pergerakan petaknya dibandingkan dengan buah-buah lainnya.

Dalam posting ENDING kali ini, saya postingkan ending dengan 4 menteri yang so pasti menarik sekali untuk dinikmati keindahannya. Setelah saya search dalam database koleksi pribadi saya, akhirnya ditemukan 354 partai ending dengan 4 menteri mulai yang paling kuno sampai yang terbaru (dari tahun 1911 s/d Corus Wijk Aan Zee 2008). Semua ini saya persembahkan untuk para pengunjung. Semoga dapat menjadi hiburan sekaligus pelajaran bagaimana kita bermain/menangani ending dengan 4 menteri.

Pada umumnya setelah kedua pihak mempromosikan bidaknya menjadi menteri, pertarungan tidak akan berlangsung lama. Dengan adanya 2 menteri pada masing-masing pihak, daya jelajahnya menjadi meningkat hebat, sehingga SIAPA YANG MENANG TEMPO lebih dulu akan mendapatkan keuntungan besar dan seringkali memenangkan pertempuran.

Dari 354 partai yang ada, yang paling kuno adalah partai antara Burn,A-Chajes,O yang terjadi tahun 1911 dan pertarungan mencapai 115 langkah dengan kemenangan putih (1-0), saat itu mereka bermain Sisilia. Dan yang terbaru adalah partai antara L'Ami,E-Koneru,H pada Corus Wijk Aan Zee 2008 di Belanda dimana saat itu pecatur wanita cantik asal India GM Koneru Humpy menelan kekalahan pahit dalam ending 4 menteri.

Partai terkuat dengan ending 4 menteri dilakukan oleh pecatur top dunia GM Garry Kasparov memegang buah hitam saat meladeni pecatur Hungaria GM Peter Leko pada kejuaraan terkuat di dunia saat itu Linares 2003. Kedua pecatur ini menempuh Pembelaan Sisilia Najdorf B80 dimana partainya berkesudahan remis dalam 87 langkah. Partai GM lainnya adalah antara GM Michael Adams (Putih) ketika menghadapi Nisipeanue dalam pembelaan Ruy-Lopez dengan kesudahan remis 64 langkah pada Kejuaraan Catur Grandprix tahun 2006.

Yang tidak sabar mau download partai dengan ending 4 menteri langsung saja KLIK DI SINI.

Wah kayaknya lumayan sulit ya... menangani ending dengan 4 menteri ini.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.