CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Hiarcs, Engine Catur Bergaya Posisional Yang Akhir-Akhir Ini Berjaya

Engine Hiarcs sudah sejak lama pernah dipakai sebagai salah satu engine utama oleh produk-produk Chessbase (Hiarcs 10) selain Fritz, Shredder, Junior dan Zappa. Versi terbaru dari engine catur buatan programmer Mark Uniacke ini adalah Hiarcs 11 (UCI). Engine yang terkenal memiliki kecenderungan bergaya posisional ini akhir-akhir ini menggebrak dunia komputer catur dengan berhasil menjuarai turnamen antar engine catur di Paderborn (IPCC 2007) akhir tahun 2007 lalu. Hiarcs bahkan mampu mengungguli Rybka (peringkat kedua) dalam perolehan nilai Bucholf (nilai 5.5/7 sama dengan Rybka).

Hiarcs pertama kali dibuat pada tahun 1980. Para pembuat engine ini berupaya membuat engine yang sedapat mungkin bermain 'manusiawi'. Kebanyakan engine saat itu lebih banyak yang bergaya taktis dengan kemampuan meng-kalkulasi langkah-langgkah rumit. Memang kalkulasi adalah salah satu kelebihan komputer dibanding manusia. Hiarcs merupakan kependekan dari Higher Intelligence Auto Response Chess System.

Setelah bekerja keras akhirnya muncullah engine Hiarc yang memiliki kecenderungan bermain tenang, memainkan posisi dengan sangat solid. Bolehlah diumpamakan pecatur, Hiarc ini gayanya seperti mantan juara dunia dari Rusia Anatoly Karpov.

Meskipun popularitasnya masih kalah dibanding engine catur chessbase lainnya (Fritz, Shredder), tapi harus kita akui bahwa Hiarc merupakan salah satu engine catur yang sangat kuat dan sangatt sulit dikalahkan oleh pecatur manusia. Bahkan akhir-akhir ini namanya mulai banyak dipuji-puji setelah menjuarai turnamen engine catur IPCC 2007.

Engine Hiarcs dibuat dalam berbagai macam platform, termasuk PC Desktop, Apple, PDA Palm, PDA PocketPC. Versi Palmnya merupakan engine terkuat di dunia untuk platform ini.

Situs resmi engine catur Hiarcs :
http://www.hiarcs.com

Informasi lainnya tentang engine Hiarcs :
http://en.wikipedia.org/wiki/HIARCS

Berita terbaru turnamen catur antar engine catur 17th International Paderborn Computer Chess Championship (IPPC 2007) bisa diakses di alamat :
http://wwwcs.upb.de/~IPCCC/

Download partai dalam turnamen tersebut langsung saja Klik Di Sini.
http://wwwcs.upb.de/~IPCCC/IPCCC2007/games.pgn

Lain waktu akan saya postingkan duel antara engine Rybka 2.3.2a vs Hiarcs 11. Siapa ya yang benar-benar unggul?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.