CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Belajar Catur Dengan Komputer Yang Efektif Dan Efisien (9) - Berlatih Permainan Posisi Dan Evaluasi Dengan Bantuan Komputer

Teknik permainan posisi dan evaluasi adalah salah satu teknik tersulit untuk dikuasai selain kalkulasi. Saya sering melihat kekalahan para master catur dalam turnamen, dengan frekuensi yang cukup sering karena 'salah mengevaluasi posisi'. Menurut Dr. Max Euwe dalam bukunya 'Strategi Dan Taktik Dalam Permainan Catur' (diterjemahkan oleh alm. Bpk. Djamil Djamal), strategi adalah APA YANG HARUS DILAKUKAN? sedang taktik adalah BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA? Makna dari 'Apa yang harus dilakukan?' ternyata memang tidak semudah ucapannya.

Pertanyaan apa yang harus dilakukan? bisa dijawab setelah kita :

1)Mengevaluasi posisi di atas papan dengan akurat (Evaluasi)
2)Menginventaris ciri-ciri/ tema/ pola/ motif bangunan baik kemungkinan pukulan taktis maupun strategis (Inventarisasi)
3)Memilih yang paling urgent untuk ditangani lebih dulu. Ini langkah tersulit (Filterisasi)
4)Membuat perencanaan (planning) berdasarkan ciri/tema/pola yang telah dipilih untuk diprioritaskan. No.4 inilah yang merupakan rencana yang harus dilakukan.

Bagaimana cara melakukannya?

5)Menentukan langkah kandidat yang sesuai dengan rencana No.4 (Candidate Move)
6)Mengkalkulasi tiap-tiap langkah kandidat beserta semua kemungkinan pukulan taktisnya (Kalkulasi)
7)Memilih 1 langkah terbaik dari hasil kalkulasi no.6 (Make a move)

Contoh : Apa yang harus dilakukan? jawabanya mungkin bisa mengadu menteri dengan alasan jika menempuh ending akan menang atau bisa juga untuk meredam serangan lawan (pihak bertahan), bisa juga korban kualitas dengan alasan memiliki sepasang gajah yang sangat aktif dan peluang menyerang yang kuat, dan lain-lain.

Bagaimana cara melakukannya?
Strategi di atas kemudian diterjemahkan menjadi rencana-rencana langkah konkrit. Langkah-langkah yang dihasilkan dari perenungan strategi/evaluasi posisi inilah yang disebut dengan taktik. Jadi taktik di sini tidak harus berarti langkah-langkah indah dan kombinasi yang penuh kejutan, tapi juga langkah-langkah tenang (di sini termasuk langkah perkembangan, langkah pencegahan, langkah persiapan, dll.).

Kemampuan bermain strategi dan evaluasi posisi yang akurat merupakan kemampuan yang membedakan para grandmaster dengan master-master biasa. Evaluasi posisi, menurut instruktur catur terkenal saat ini Dan Heisman adalah mengetahui :

1.Siapa yang unggul?
-Jawabannya bisa unggul putih, unggul hitam, seimbang dan tidak jelas/komplikasi

2.Mengapa unggul?
-Misalnya : unggul putih karena menang materi 1 bidak tanpa kompensasi, atau unggul posisi karena menang ruang gerak, dan lain-lain

3.Seberapa banyak keunggulannya?
-Jawabannya bisa unggul tipis, menang mutlak, samar/tidak jelas/komplikasi

Tingkat kesulitan Strategi/ Evaluasi/ Perencanaan tergantung dari jumlah ciri-ciri bangunan di atas papan. Semakin sedikit ciri yang ada, tentu semakin mudah mengevaluasinya. Sebaliknya semakin banyak/kompleks ciri-ciri bangunan tentu semakin sulit mengevaluasi/ menganalisanya apalagi kalo bercampur dengan banyaknya kemungkinan-kemungkinan pukulan taktis. Posisi-posisi rumit semacam inilah yang kritis dan rawan blunder bagi pecatur bahkan oleh seorang Grandmaster sekalipun.

Menurut pelatih catur paling masyhur saat ini MI Mark Dvoretsky (Rusia) untuk menghadapi situasi sulit semacam ini kiatnya adalah taktik kombinasi sebaiknya dikalkulasi lebih dahulu daripada langkah taktik posisi. Langkah-langkah paksaan diperhitungkan lebih dulu, sebelum menghitung kemungkinan-kemungkinan lain.

Terus... apa bisa kita memanfaatkan komputer untuk belajar strategi?

Bisa saja teman-teman. Caranya dengan pendekatan database strategi / permainan posisi. Database Strategi ini berisi kuis-kuis yang harus dipecahkan oleh pecatur. Kayaknya peran engine catur untuk belajar strategi memang tidak banyak. Selain itu bisa juga memakai software yang khusus untuk kuis seperti:

Personal Chess Trainer atau
Chess Mentor Deluxe
(Pilih bagian/unit Strategy)

Targetnya kita memiliki database strategi yang berisi tema-tema permainan posisi yang sebanyak dan selengkap mungkin. Tujuan kita tentu tidak lain dan tidak bukan adalah memperbanyak HAPALAN Pola-pola/Tema-tema strategi/permainan posisi. Misal bagaimana bermain-main dengan bidak lemah, petak lemah. Bagaimana mengkonversi keunggulan sepasang gajah kita menjadi kemenangan (menang materi atau serangan mat). Dengan banyaknya jumlah HAPALAN tema/pola strategi ini diharapkan kita bisa mengevaluasi posisi lebih akurat dengan waktu yang lebih cepat.

Tentu kita belajar memecahkan masalah strategi dari yang sederhana dulu (1 pola/tema/motif). Kemudian ditingkatkan ke yang lebih sulit (2, 3, 4 atau lebih pola/tema/motif). Yang tersulit adalah memecahkan masalah strategi dengan banyak motif/ciri dan bercampur dengan banyaknya keberadaan kemungkinan-kemungkinan pukulan taktis.

Pada tingkat tersulit ini kita belajar memilih mana yang lebih penting/urgent dipertimbangkan, pukulan taktis dulu atau pertimbangan strategis. Semuanya terlihat kabur dan kurang jelas, sehingga benar-benar dibutuhkan pemikiran yang sangat cermat dengan konsentrasi tingkat tinggi. Dalam posisi semacam ini seorang grandmaster bisa menghabiskan waktu yang sangat banyak (misal 30 menit) hanya untuk 1 langkah pada posisi sulit dan kritis.

Untuk membantu kita bermain posisi/strategi/evaluasi dengan pertolongan PEDOMAN CATUR (Chess Wisdom/Guides) yang berisi pedoman/petunjuk baik secara umum maupun khusus untuk posisi tertentu. Misal : jika unggul materi, tukarlah perwira dan sebaliknya kalo kalah materi tukarlah bidak (middle), cegah lawan melakukan rokade (opening), letakkan benteng di belakang bidak bebas (ending). Pedoman catur juga selalu saya pasang di sidebar sebelah kanan dari blog ini dengan judul 'Pedoman Catur Hari Ini'.

Untuk pecatur pemula/yunior, mungkin dipelajari yang lebih sederhana dulu dengan sedikit motif/tema/pola tanpa pukulan-pukulan taktis. Terapkan Pedoman-pedoman catur sedikit demi sedikit beserta contoh-contohnya yang sederhana dan mudah dimengerti sesuai dengan levelnya. Juga manfaatkan software kuis semacam Personal Chess Trainer atau Chess Mentor Deluxe.

Contoh database strategi :
http://www.uni-klu.ac.at/~gossimit/c/posplay.zip
http://www.uni-klu.ac.at/~gossimit/c/euwe_t.zip
http://www.uni-klu.ac.at/~gossimit/c/pach_mcs.zip

Contoh Pedoman Catur yang baik :
http://mywebpages.comcast.net/danheisman/Articles/Dan_sayings.html
http://chess.eusa.ed.ac.uk/Chess/Rules/guidelines.html
http://chess.about.com/library/weekly/aa05d16.htm

Buku tentang Pedoman Catur yang baik dan lengkap :
http://www.amazon.com/Encyclopedia-Chess-Wisdom-Eric-Schiller/dp/1580420885
http://www.chesscity.com/PDF/Encyclopedia%20of%20Chess%20Wisdom%20Excerpt.pdf (contoh halamannya)

Teman-teman apakah sudah siap menaikkan banyak rating dengan mendalami/menguasai strategi dan permainan posisi dalam catur?

Jika ada sharing dari saya kali ini yang kurang tepat mohon dapatnya para master catur untuk mengoreksinya. Terima kasih.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.