CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Pocket Fritz : Catur Sambil Jalan-Jalan Bagi Orang Sibuk

Kebanyakan para pecatur yang 'tidak murni' pecatur yang pernah saya temui (juga termasuk saya sendiri) merasa kekurangan waktu untuk berlatih dan belajar catur. Waktu mereka pada umumnya telah habis untuk bekerja dan juga buat keluarga.

'Saya nggak ada waktu buat latihan', begitu mereka berkata. Kalo kuantitas belajar/berlatih tidak bisa dipenuhi tentu sulit bagi kita untuk maju dan naik level kita. Inginnya maju dan punya skill catur yang terus meningkat, tapi apa daya waktu membelenggu.

Hal semacam ini tentu tak dialami bagi para pecatur yang memang murni hidupnya untuk catur. Dalam arti catur sebagai profesi. Pecatur Profesional. Waktu tidak jadi kendala buat mereka.

Akhirnya beberapa tahun silam, saya merasa bahwa untuk menyiasati minimnya waktu untuk belajar catur, saya membeli pda (pocket pc) untuk latihan catur. PDA ini ibarat komputer kecil (komputer saku). Saya memilih pda yang punya fasilitas ponsel dengan sistem operasi Windows (ada yang Linux, Symbian, dll.). Yang saya pakai adalah jaringan CDMA, dengan pertimbangan kecepatan internet lebih tinggi (153 Kbps dibanding GSM yang cuma 64 Kbps) dan tarifnya lebih murah (CDMA Rp.5/KB sedang GSM Rp.25/KB), Sehingga pda phone ini bisa juga untuk komunikasi (telpon dan sms).

Lebih senangnya lagi, alat ini bisa juga buat internet (browsing, email, chatting, download, dll.), sehingga saya tidak ketinggalan informasi catur terbaru dan bisa download partai-partai catur terbaru di mana saja, kapan saja. Mesin ini dilengkapi dengan MMC/SDCard sebagai media simpan tambahan, punya saya besarnya 1 GB. Dan karena sistem operasinya Windows, maka ibarat komputer laptop di PDA ini juga bisa untuk mengetik (Word, Excel), main game, nyimpan data (e-book) novel macam Harry Potter, AL-Qur'an (yg Islam), Bible (yg Kristiani), buat kamus, buat nyimpen foto, nyetel video dan lain-lain masih banyak lagi. Asyik dah pokoknya... Posting di blog ini sebagian besar saya ketik dulu di PDA saya saat saya senggang (kadang sambil tiduran).

Software catur yang saya pakai :

1.Pocket Fritz 2 (buatan Chessbase). Biasa saya pakai training taktik, ending, strategi dan membuka/simpan database catur (PGN format). Untuk sparring juga bisa kok. Asyik.
2.Chess Genius 1.9 for PocketPC. Biasa saya pakai buat sparring. Levelnya bisa diatur. Level standarnya kuat sekali. Lumayan buat sparring.Yang instan mode, mikirnya cepet sekali dan masih kuat.
3.Saya juga simpan di MMC database-database catur favorit saya seperti informator (terakhir no.99), ending database, taktik database, opening database, partai-partai pecatur Indonesia, partai-partai sendiri, dll. Datanya saya olah dengan laptop/PC Desktop kemudian saya transfer ke PDA saya. ASYIK deh...

PDA/Pocket PC semacam ini ponselnya ada yang pake GSM atau CDMA. Kelengkapannya juga bervariasi. Tentu tergantung harganya lah. Ada yang tanpa telpon juga (lebih murah). Ada yang berkamera (sampe 4 Mega Piksel), Bluetooth, Wifi, 3G, HSDPA. Bahkan ada yang ada radio dan TV tuner segala.

Baru harganya berkisar Rp. 3-10 juta. Second Rp.500rb-6 juta. Anda tinggal pilih mau beli yang mana, sesuaikan dengan kantong dan kebutuhan. Contohnya : O2 XDA Atom, IPAQ 6965, Audiovox 6600 (CDMA), DOPOD 838, Gigabyte GSMART 120 (ada radio+TV), Qool QDA (kamera 4 Mega Pixel), dan lain-lain. Daripada beli Nokia N95 atau Communicator E90 atau Nokia E61 atau SE P990i, saya sangat lebih menyarankan beli PDA+Phone seperti yang telah saya uraikan di atas.

Dengan adanya pocketpc ini, waktu sudah bukan menjadi kendala lagi bagi orang-orang sibuk yang ingin belajar/berlatih catur dan ingin naik levelnya. Karena dimana pun, kapan pun, kondisi apa pun tetap bisa latihan catur. Sedang kerja, saat break atau waktu tunggu bisa untuk main catur. Di atas kendaraan saat ada kemacetan bisa main catur, sambil tiduran juga bisa, dan bahkan maaf... di toilet pun masih bisa main catur. Dan dengan software catur online, kita bisa bermain catur online dengan pecatur di manapun saja berada via internet (GPRS/CDMA) kapan pun. Nikmat....

Jadi bagi teman-teman catur yang sibuk dan kekurangan waktu untuk latihan catur tapi masih 'bernafsu' ingin caturnya maju, tunggu apa lagi silakan beli PDA dan diinstall software catur. Dan selamat menikmati bermain catur di sela-sela kesibukan anda. Saat ada kemacetan di jalan saya suka lihat partai-partai terbaru (misal World Cup 2007 saat Susanto berjuang ngadepin Georgiev. Ohya Georgiev sudah tersingkir oleh GM Gata Kamsky/USA di babak ketiga), kadang lihat informator 99 (versi digital). Asyiiik...

Sedikit catatan bahwa Kemampuan catur di PDA di atas software catur di HP/ponsel tapi masih di bawah komputer laptop/desktop.

teman-teman, sapa yang sudah punya PDA? Selamat ya memasuki era baru dunia catur mobile.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.