CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Siapakah Nenek Moyang Komputer Catur?

Bagi pengguna program Fritz (mulai versi 9 ke atas) buatan Chessbase pasti ingat dengan Turk. Turk ini adalah salah satu fasiiltas tampilan 3D yang disediakan oleh Fritz dari beberapa pilihan yang ada. Tampilan Turk ini akan muncul sebagai seseorang dengan pakaian Timur Tengah (bersorban) dengan baju merah sedang menghadapi papan catur (3 Dimensi).

Fragmen Turk ini diambil dari cerita tentang catur jaman dulu di abad 18 : Sebuah mesin otomatis yang bisa bermain catur lawan manusia. Mesin ini berbentuk meja dimana di bawah meja ada master catur (manusia) yang mengendalikan langkah-langkah mesin ini (jadi sebenarnya yang main manusia juga). Mesin ini dikonstruksi oleh pecatur berkebangsaan Austria-Hungaria, Wolfgang Von Kempelen. Diceritakan juga bahwa beberapa tokoh catur di abad-abad lampau bertarung melawan mesin Turk ini.




Sejatinya komputer catur yang pertama kali adalah proyek percobaan yang dibuat oleh Alan Turing (seorang ilmuwan kelahiran kota London-Inggris). Di tahun 1950, dia membuat program cerdas yang bisa berpikir (Kecerdasan Buatan) yang berusaha agar bisa main catur. Alan Turing sebenarnya seorang pecatur lemah. Program buatan Turing inilah sebenarnya yang menjadi nenek moyang program catur yang ada saat ini.

Lebih jauh tentang Mesin Turk bisa dibaca di :
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Turk

Tentang Alan Turing bisa dibaca di :
http://en.wikipedia.org/wiki/Alan_turing

Tentang sejarah komputer catur silakan akses ke :
http://www.geocities.com/SiliconValley/Lab/7378/comphis.htm

Wah kalo yang di bawah meja mesin Turk, Kasparov atau Anand tentu sulit mengalahkannya ya!

GENS UNA SUMUS

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.