CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Rybka 2.3.2a, Engine Catur Terkuat Di Dunia

Sejak kemunculannya pertama kali, 2 Desember 2005 lalu Rybka langsung menggebrak dengan menjuarai berbagai turnamen komputer catur. Saat itu di Kejuaraan Dunia Komputer Catur di kota Paderborn-Jerman, 27-30 Desember 2005, Rybka 1.0 (saat itu ratingnya 2809) menjuarai dengan 5.5 poin dari 7 babak di atas engine-engine terkenal seperti Zappa, Spike, Shredder (buatan Chessbase) dan Fruit.

Seterusnya, Rybka seringkali mendominasi kejuaraan komputer catur di dunia. Vasik Rajlik, programmer blesteran Chezch-Amerika pencipta Rybka terus mengembangkan engine ini sampai rilis terakhir Rybka 2.3.2a (rilis 2 Juni 2007) dengan rating 3118. Dengan kode-kode program yang efisien, Rybka bisa bermain dengan sangat baik. Di sini Rajlik lebih mengutamakan menginjeksi Rybka dengan kode-kode yang mampu mengevaluasi posisi dengan sempurna daripada menggunakan metode pemrograman Brute-Force (seperti kebanyakan engine). Engine konvensional lebih mengutamakan banyaknya langkah/node yang bisa dihitung per detik.

Rybka kecepatan menghitung langkahnya jauh di bawah engine-engine seperti Fritz, Shredder, Hiarc, dll. Tapi dalam kenyataannya Rybka-lah yang unggul. Di masa mendatang (tahun 2008) Vasik Rajlik akan merilis Rybka 3.0 dengan banyak fitur tambahan yang akan membuat engine ini semakin sempurna. Fitur seperti memiliki GUI sendiri (selama ini Rybka GUInya masih memakai GUI pihak lain seperti Fritz, Arena dll.), dukungan untuk Linux, kemampuan bermain catur Random (Chess960), dan dukungan untuk PocketPC (PDA).

Versi gratis Rybka (1.0) bisa didownload di alamat :
http://www.superchessengine.com/rybka.htm
Situs resmi Rybka :
http://www.rybkachess.com

Tentang Programmer pembuat Rybka :
http://en.wikipedia.org/wiki/Vasik_Rajlich

Partai-Partai Rybka bisa didownload di :
http://www.chessgames.com/perl/chessplayer?pid=100439

Ayo siapa Grandmaster dunia (manusia) yang sanggup mengalahkan Rybka?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.