CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Program Catur Apakah Yang Cocok Untuk Komputer Saya?

Pertanyaan di atas sering ditanyakan teman-teman catur kepada saya. Prinsip semakin cepat/canggih hardware tentu semakin baik untuk program catur yang diinstall di komputer tersebut. Tapi memang Kalo software yang versi sangat lama (misalnya Fritz 2.0 yang versi DOS), mubadzir jika diinstall di komputer terbaru saat ini seperti komputer dengan prosesor Intel Core 2 Duo. Untuk Fritz 2 mungkin dengan Pentium II, sudah bisa berfungsi dengan baik. Lain halnya dengan Fritz 10, tentu tidak akan jalan (kalo jalan, tentu sangat lambat dan kemampuannya rendah) kalo diinstall di komputer Pentium II. Fritz 10 yang terbaik tentu diinstall di komputer Pentium 4 terbaru dengan memori besar.

Pertimbangan lain adalah ada program catur yang didesain untuk komputer yang 32 bit dan ada yang 64 bit serta multi prosessor. Software catur yang diawali namanya dengan kata prefix Deep (misal Deep Fritz, Deep Shredder, Deep Junior, dll.) diperuntukkan untuk komputer dengan prosesor banyak (lebih dari satu), seperti misalnya Intel Core 2 Duo. Untuk yang single prosesor, cukup diinstall yang tanpa awalan Deep (Fritz, Shredder, Junior, dll). Rybka versi 64 bit tidak akan jalan untuk komputer prosesor 32 bit (bisa jalan yang Rybka versi 32 bit).

Perlu diketahui, komputer yang beredar saat ini umumnya adalah komputer dengan single prosesor dan 32 bit. Selain kemampuan prosesor, jumlah memori RAM juga turut menentukan kekuatan engine catur.

Selain kemampuan engine, versi terbaru dari program catur juga menyertakan fitur-fitur yang tidak ada di versi lama. Jadi pakai versi yang lebih baru tentu lebih menguntungkan.

Wah enaknya beli aja yang terbaru dan tercanggih ya.
Tapi uangnya untuk beli gimana?...


GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.