CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Apa Ponsel Saya Bisa Untuk Main Catur?

Sering teman-teman catur bertanya seperti ini kepada saya. Jawabannya: Tentu bisa! Banyak software catur untuk ponsel/handpone yang saat ini beredar di pasaran. Rasanya memang enak ya, dimana saja bisa main catur (di kantor, di warung, di jalanan, di tempat tidur, di dalam kendaraan, bahkan maaf.... di toilet). Hal ini bisa dilakukan dengan ponsel atau PDA yang dipasangi program catur.

Di posting saya akan sharingkan pengetahuan saya tentang bermain catur di ponsel. Program catur di ponsel antara lain (yang kebanyakan ada di counter-counter handphone) :


1.Chess Genius For Symbian


2.ChessBuddy

3.Chessmaster


4.Kasparov 3D Chess

5.Chess Puzzle (problem catur)

dan lain-lain masih banyak lagi, hanya yang beredar di counter-counter HP di Indonesia memang tidak banyak.

Lebih lengkap silakan akses ke :
http://www.grailmaster.com/misc/chess/comp/Chessphones.htm

Menurut pengalaman teman-teman saya yang menggunakan program catur di ponsel, yang cukup baik adalah Chess Genius dan Chessmaster (ponselnya bisa Nokia, Sony Ericson, utamanya yang sistem operasinya Symbian dan ponselnya tentu yang colour). Untuk ponsel-ponsel lama hanya bisa memakai program catur yang berbasis Java MIDP.

Yang perlu diketahui, program catur di ponsel tidak sekuat di PDA dan di komputer desktop. Mungkin teman-teman lebih sering menang kalo main di ponsel. Hal ini mungkin disebabkan karena keterbatasan dari prosesor dan memori ponsel.

Oke, segera berangkat ke counter HP, dan minta diinstallkan program catur. Selamat main catur di ponsel ya....

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.