CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

ICCF ORGANISASI CATUR KORESPONDENSI INTERNASIONAL COCOK UNTUK ORANG SIBUK

Banyak juga yang mereka hobinya catur jadi jarang main catur akibat kesibukan kerja atau kesibukan penting lainnya. Memang ada catur online lewat HP, tapi ini juga memakan pikiran dalam jangka tertentu. Bagi mereka yang sibuk, bisa mencoba CATUR jenis KORESPONDENSI. Di situs-situs catur memang ada fitur main catur jenis ini di layanan catur online, tapi tidak resmi. Misalnya di CHESS.com ada fitur ONLINE CHESS. Ciri dari catur korespondensi adalah permainan catur dimainkan dalam waktu yang sangat lama, tidak hanya jam tapi bisa harian bahkan mingguan bulanan untuk 1 game saja. Lalu apa yang resmi? Jika ingin ikut catur korespondensi yang resmi, silakan ikut ICCF. ICCF singkatan dari International Correspondence Chess Federation. Dahulu namanya International Correspondence Chess Association (ICCA). 

ICCF didirikan tahun 1953 dan presiden ICCF saat ini adalah Eric Ruch. Meski secara organisasi terpisah dengan induk CATUR normal yaitu FIDE, ICCF menjalin hubungan baik dengan FIDE. Lalu apa untungnya ikut ICCF? Karena resmi, maka kita bisa ikut Kejuaraan Catur Resmi Korespondensi yang diakui dunia, mendapatkan GELAR Catur resmi, Melakukan pertandingan persahabatan antar negara, dan lain-lainnya. Karena sifat dari catur korespondensi yang waktunya lama per langkahnya, maka kita bisa saja bertanding catur sebanyak 100 papan catur sekaligus dalam satu saat. Sebelum adanya KOMPUTER dan INTERNET, Catur korespondensi dilakukan lewat SURAT. Sekarang pun juga masih bisa pake cara tradisional ini. Namun kebanyakan sudah beralih ke yang berbasis WEB atau via email.

Negara Indonesia belum menjadi anggota resmi ICCF. Tapi komunitas catur di nusantara sudah mencoba merintis dan mengajukan ke ICCF agar Indonesia diakui sebagai member. Tokohnya yang aktif diantaranya Bapak Yoshua Sitorus. Komunitas ICCF Indonesia berkumpul di group Facebook https://www.facebook.com/groups/percaki/ Silakan yang mau bergabung.

Info lain tentang ICCF

Situs Resmi ICCF

0 komentar:

Poskan Komentar

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.