CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

PELATIH CATUR YANG BAIK DAN HEBAT ITU YANG BAGAIMANA YA?

Tanya: Pelatih Catur yang baik dan hebat itu seperti apa? - Apa yang gelarnya tinggi dan berderet-deret panjang kayak sepur? Apa yang sering Juara di turnamen? Apa yang sertifikatnya Sak-Gebog? Apa yang disukai murid? Apa yang orangnya jujur dan alim? Apa yang tidak dibayar alias gratis? Atau APA? - Selain kemampuan dan sumber daya atlit catur, Pelatih Catur adalah salah insan catur yang sangat penting atas kesuksesan karir catur seseorang. Tentu saja, ada pihak-pihak lain yang juga membantu suksesnya atlit, seperti tentu saja ORANG TUA ATLIT, PENGURUS, teman-teman dan klub catur, teman catur, dll...

Banyak salah kaprah dalam masyarakat catur yang tidak tahu, bahwa misalnya seorang yang juara catur itu pasti pandai melatih catur pula. Pelatihnya Juara Catur, tentu muridnya demikian pula. SUDAH PASTI TIDAK TENTU seperti itu. Malahan kebanyakan atlit catur Juara jarang yang sukses sebagai pelatih. Ada pula yang berpendapat bahwa Pelatih catur yang sudah bersertifikat dan gelarnya banyak, macam-macam maka murid catur akan sukses. Fakta di lapangan tidaklah seperti itu. Lalu pelatih catur yang baik dan hebat itu seperti apa? PELATIH catur YANG BAIK adalah pelatih yang memberikan banyak keuntungan bagi muridnya. Sedangkan PELATIH CATUR YANG HEBAT dan TOP adalah PELATIH YANG MEMBUAT ANAK DIDIKNYA JUARA CATUR dan BERPRESTASI. 

Saya ulangi: Pelatih yg hebat adalah pelatih yang mampu melatih muridnya sehingga bisa jadi JUARA CATUR. SEMAKIN TINGGI event caturnya, semakin hebatlah pelatih catur tersebut. Juga SEMAKIN BANYAK muridnya yang juara tentu semakin hebat pula dia sebagai pelatih. Gak berduli dia punya sertifikat sak gebog atau tidak, gelarnya banyak atau tidak, atau sering juara atau tidak di turnamen. Gak berduli GRATIS atau DIBAYAR! - Menjadikan murid JUARA adalah indikator pertama TERPENTING (baru melihat faktor lainnya). Meski sertifikatnya sak gebog, gelarnya panjang berderet atau sering juara catur, JIKA MURIDNYA (murid yang ASLI lho - bukan yang diajar SUDAH PINTER atau muridnya yang pernah diajar sebelumnya gak juara lalu diajar pelatih lain Juara, apalagi murid yang diaku-aku) - GA ADA YANG JUARA CATUR, semestinya dia tidak masuk hitungan dan jangan dipercaya sebagai pelatih yg dpt diandalkan. 

Selain anak didiknya JUARA, yang perlu dilihat pelatih catur bagus apa tidak tentunya adalah METODE PELATIHAN CATURNYA BAGAIMANA? - Apa sudah mengajarkan SELURUH ILMU CATUR SECARA LENGKAP YG DIBUTUHKAN ATLIT CATUR? - Bagaimana TEKNIK TRANSFER ILMUnya EFEKTIF dan EFISIEN apa TIDAK? - Jika ilmu catur yg ditransfer sedikit saja dan atau Jika tdk punya metode berlatih yg efektif & efisien sadah tentu bukan pelatih yg baik dia. 

Des kesimpulannya adalah: Indikator pelatih catur yang baik selain mampu (1) MENJADIKAN MURIDNYA JUARA, (2) MEMILIKI METODE PELATIHAN Catur yg EFEKTIF dan EFISIEN, juga mampu (3) membimbing, MEMBENTUK muridnya mempunyai KARAKTER/pribadi pecatur yang KUAT, terpuji (Sportfif, Ksatria, Bertanggung-Jawab, Motivasi Tinggi, Mencintai Catur, dll-nya).

BUKANKAH DEMIKIAN, temans semua dan kawans sekalian?

2 komentar:

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.