CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

RAHASIA JUS JERUK MAGNUS CARLSEN TERUNGKAP

TERUNGKAP SUDAH - RAHASIA mengapa CARLSEN selalu MINUM JUS JERUK setiap kali BERTANDING di Turnamen Catur!! - Itu JELAS ADA HUBUNGANNYA dengan STAMINA dan BISA PENGARUHI KINERJA OTAK!! - Ujung-ujungnya KONSENTRASI selalu bagus yang dibutuhkan AGAR SELALU BISA MELANGKAH AKURAT saat bertanding catur!! - Kata Kuncinya adalah ZAT ASAM FOLAT dlm Jus Jeruk!! Asam folat, yang juga terkandung dalam jus jeruk, dapat membantu perkembangan otak. Jus jeruk yang kaya akan kalium membantu memelihara peredaran darah tetap sehat. Sedangkan thiamin akan membantu mengubah makanan menjadi tenaga.

Jadi gak heran sekarang, Carlsen menenteng minuman JERUK kemana-mana saat bertanding catur, Kalo kita telusuri, sejak kecil sekali Carlsen memang sudah minum jeruk ini. Vitamin B6 yang banyak terdapat dalam jus buah segar ini dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang akan membawa darah ke seluruh tubuh, serta meningkatkan pengolahan protein dan karbohidrat dalam makanan. Selain itu, kadar kolesterol dalam tubuh juga dapat dikurangi karena kandungan serat di dalam jus jeruk. Manfaat lain dari jus jeruk adalah mampu mengontrol gula darah yang meningkat setelah Anda makan karena mengandung fruktosa dan gula alami.

Varian Minuman Jeruk

Ada beberapa jenis jeruk yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman jeruk. Jeruk-jeruk ini lebih sering digunakan baik sebagai jus, saripati maupun perasan air jeruk. Berikut beberapa jenis jeruk yang seringkali digunakan untuk membuat minuman jeruk.

Jeruk Manis (Citrus Aurantium)

Jenis manis mengandung betakaroten dan bioflavanoid yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Pektinnya juga banyak terapat dalam buah dan kulit jeruk, manfaatnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mingkatkan kolesterol baik (HDL). Jeruk juga berlimpah kandungan flavanoidnya, seperti flavanpis yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal menangkap radikal bebas penyebab kanker.
Flavanoid juga menghalangi reaksi oksidasi LDL yang menyebabkan darah mengental dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah. Jeruk juga kaya akan kandungan gula buah yang dapat memulihkan energi secara cepat. Jeruk juga kaya akan serat yang dapat mengikat zat karsinogen di dalam saluran pencernaan. Manfaatnya sembelit, wasir dan kanker kolon bisa dihindari.

Jeruk Lemon (Citrus Medica Linn)

Di samping kandungan vitamin C yang melimpah, jeruk lemon juga kaya dengan vitamin B, E, natrium, dan beberapa mineral mikro yang dibutuhkan tubuh untuk sisitem imunitas (kekebalan) serta mencegah virus penyebab influenza. Lemon juga sarat dengan kandungan bioflavanoid yang berperan sebagai antioksidan pencegah kanker.
Flavanoid jeruk lemon berfungsi menghalangi oksidasi LDL sehingga aterosklerosis penyebab jantung dan stroke bisa dihindari. Jeruk lemon juga berlimpah kandungan serat berupa pektin yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Jeruk Nipis (Citrus Auranfolia)


Banyak unsur senyawa kimia yang bemanfaat dalam jeruk nipis, seperti linalina setat, limonen, geranil asetat, sitral dan fellandren. Di dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung vitamin C 27 mg, kalsium 40 mg, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12,4 gr, vitamin B 1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 gr, kalori 37 kkal, protein 0,8 gr dan air 86 gr. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat.

Dengan kandungan yang melimpah itu, tak heran jika jeruk nipis ampuh menghadang amandel, malaria, ambien, sesak nafas, influenza, batuk; sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid; disentri, perut mulas, lelah, bau badan, keriput wajah. Tak kalah pentingnya, jeruk nipis mampu menghambat pembentukan kristal oksalat yang merupakan penyebab penyakit batu ginjal.

Contoh Resep Minuman Jeruk

Es Buah segar di tambah jeruk nipis bisa menjadi pilihan minuman disiang hari yang terik atau di saat berbuka puasa. Minuman yang terdiri dari berbagai macam buah ini bisa menjadi pilihan yang cocok buat hidangan keluarga Anda.

Bahan Membuat Es Buah Jeruk Nipis:

  • Melon dipotong bulat 200 gram
  • Semangka dipotong bulat 200 gram
  • Nanas dipotong kotak 200 gram
  • Selasih direndam 2 sdt
  • Nata de coco 300 gram
  • Gula Pasir 350 gram
  • Kayumanis 5 cm
  • Cengkeh 4 butir
  • Jahe dimemarkan 3 cm
  • Air 1500 ml
  • Air jeruk nipis 100 ml
  • Susu Kental Manis 10 sdm
  • Es serut 750 gram

Cara Membuat Es Buah Jeruk Nipis:

  • Cuci bersih semua buah yang telah di potong.
  • Siapkan panci, rebus air lalu tambahkan gula pasir, kayumanis, cengkeh dan jahe.
  • Rebus dengan api kecil hingga harum.
  • Masukkan buah-buahan, selasih dan nata de coco ke dalam air gula.
  • Dinginkan. Setelah dingin tambahkan air jeruk nipis lalu aduk rata.
  • Untuk penyajian, tambahkan es serut dan susu, hidangkan selagi es belum mencair.
Nutrisi Jus Jeruk USDA database
GiziJumlah% Nilai Harian
Serving Size8 ons (1 gelas)
Kalori110 kcal
Jumlah Karbohidrat25 g8%
Jumlah Gula21 g
Jumlah Serat0.5 g2%
Protein2 g
Jumlah Lemak0.32 g0%
Kolesterol0 mg0%
Vitamin
Vitamin C82 mg137%
Thiamin0.28 mg18%
Folat45 mcg DFE11%
Vitamin B60.13 mg7%
Vitamin A194 IU4%
Niacin0.70 mg3%
Mineral
Kalium473 mg14%
Magnesium27 mg7%
Kalsium*25/350-500 mg3%/35%-50%
Zat Besi0.42 mg2%
Sodium2 mg0%
Referensi:
http://www.tempo.co/read/news/2015/01/24/095637253/Mana-Lebih-Baik-Jus-Jeruk-atau-Jeruk-Segar
http://blogindahnyasehat.blogspot.com/2013/11/10-manfaat-jus-jeruk-untuk-kesehatan.html
http://www.anneahira.com/minuman-jeruk.htm

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.